PENTINGNYA PERAWATAN KULIT DAN TUBUH UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI


Dulu sewaktu hamil Arsyad sampai melewati fase menyusui selama 1 tahun 8 bulan, saya tidak berani melakukan perawatan wajah apalagi perawatan ke klinik kecantikan.  Padahal sewaktu hamil Arsyad kulit saya kusam, kering, dan stretch mark yang bermunculan. Selepas melahirkan apalagi, saya benar-benar tidak percaya diri dengan kondisi tubuh saya karena stretch mark dan selulit yang terlihat jelas sekali di area perut dan lengan.

Makin kesini saya makin paham bahwa larangan bahwa ibu hamil tidak boleh melakukan perawatan adalah mitos. Perubahan kulit yang terjadi saat masa kehamilan bisa diatasi dengan baik apabila dikonsultasikan dan mendapatkan perawatan yang tepat, aman, dan optimal oleh dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK).

Permasalahan kulit yang saya alami saat kehamilan dan fase menyusui ternyata umum terjadi oleh semua wanita. Kehamilan membawa banyak perubahan pada ibu hamil seperti perubahan hormone, peregangan kulit karena berat badan naik, daya tahan tubuh menurun. Kalau tak diatasi dengan baik dan tepat efeknya akan berlanjut setelah melahirkan dan   ibu mulai menyusui.

 KLINIK SAKTI MEDIKA SOLUSI UNTUK PERAWATAN IBU HAMIL DAN MENYUSUI



Tanggal 19 Desember 2019 lalu, beruntung saya hadir di acara community gathering Klinik Sakti Medika dalam rangka hari jadinya yang ke-23. Dalam acara tersebut mengangkat tema dan mengupas tuntas “Berbagai Problem Ibu Hamil, Ibu Menyusui, dan Anak Serta Cara Penanganan Yang Tepat.” Narasumber yang hadir diantaranya dr. Tina Wardhani Sp.KK (K) FINSDV, FAADV (Dokter Spesialis Kulit & Kelamin Sakti Medika), Elva Megasari Saragih S. Kom MBA (Direktur Marketing Sakti Medika) dan dr. Hety, Sp. Aku (Dokter Spesialis Akupunktur Sakti Medika).

Umumnya kita sebagai ibu saat hamil dan menyusui fokus pada kesehatan anak, padahal sebenarnya di 1000 hari pertama kehidupan sangat penting untuk ibu hamil dan menyusui juga menjaga dan merawat kesehatan kulit.

Masalah kulit apa saja sih yang umumnya terjadi pada ibu hamil dan menyusui?

1.       Kulit berminyak dan berjerawat

Hal ini juga saya rasakan saat kehamilan Arsyad. Jerawat yang muncul malah ada di area punggung dan leher tengkuk belakang. Ternyata hal ini dapat terjadi karena pengaruh hormone androgen saat hamil yang menyebabkan kulit cenderung berminyak dan berjerawat.
2.       Melasma (topeng kehamilan)
Vlek-vlek hitam yang terjadi di pipi, dahi, dan akan berangsur menghilang setelah melahirkan.
3.       Hiperpegmentasi
Sewaktu hamil Arsyad, tengkuk leher saya hitam sekali, kulitnya juga kusam dan kering tapi setelah melahirkan posisi kulit kembali normal. Akibat pengaruh hormone sebagian kulit menjadi tampak gelap.
4.       Infeksi Jamur
Umunya terjadi pada area lipatan seperti lipatan bawah payudara, ketiak, sela-sela paha, menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman. Bahkan ada yang gatal di daerah kelamin sampai keputihan.
5.       Gatal pada kehamilan
Akibat kenaikan berat badan umumnya ada gesekan kulit. Gatal juga bisa timbul karena kulit yang kering. Semasa hamil diusahakan untuk tidak menggaruk area yang gatal karena bila tidak dirawat dengan baik area tersebut akan meninggalkan bekas yang mengganggu.
6.       Strech Mark
Wah saya mengalami sekali di area perut. Garis-garis guratan kebahagiaan ini sayangnya tidak bisa dihilangkan namun apabila melakukan perawatan yang tepatakan memudar sewarna dengan kulit namun teksturnya tetap cekung.
7.       Selulit
Tumpukan lemak di bawah kulit sehingga permukaan kulit tidak rata seperti kulit jeruk. Umumnya terjadi karena kenaikan berat badan saat hamil.
8.       Varises
Varises terjadi akibat pembuluh darah kaki yang melebar dan jika diraba terasa sedikit menonjol.

Klinik Sakti Medika yang sudah berdiri selama 23 tahun, berkomitmen untuk mengoptimalkan kesehatan dan kecantikan dari segala usia termasuk ibu hamil dan menyusui bahkan untuk bayi, anak-anak, serta pria. Yang special dari Klinik Sakti Medika ini adalah tersedianya perawatan kesehatan kulit untuk ibu hamil dan menyusui. Ada facial khusus untuk ibu hamil dan akupuntur.

facial di Klinik Sakti Medika. Pic Source : Klinik Sakti Medika

Akupuntur

Layanan akupuntur di Klinik Sakti Medika ditangani langsung oleh dokter spesialis akupuntur. Akupuntur ini sangat bermanfaat untuk mengatasi keluhan saat hamil dan pasca melahirkan seperti mual dan muntah, nyeri bawah punggung, kekurangan produksi ASI, dan rileksasi untuk mengatasi baby blues syndrome. Treatment yang diberikan tentunya sesuai dengan kondisi tubuh ibu hamil dan janin. Untuk pasangan yang sedang melakukan program hamil, akupuntur juga bermanfaat untuk meningkatkan kulitas sperma.

Selain perawatan dermatovenerology, akupuntur, facial, juga terdapat layanan dokter umum dan perawatan salon dan spa. Fasilitas penunjang yang berada di klinik juga sangat menarik ada kids corner, farmasi, mushola, dan cafĂ©. Benar-benar “One Stop Health & Beauty” Klinik Sakti Medika ini.

Merawat kulit semasa kehamilan dan menyusui sangat penting. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, minum air putih 2 liter per hari, minum vitamin, olahraga teratur. Apabila semasa kehamilan mengalami keluhan seputar permasalahan kulit segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Klinik Sakti Medika bisa menjadi solusi untuk permasalahan kulit tentunya dengan tenaga ahli dokter yang professional, tepat, dan aman.

Klinik Sakti Medika
Jl. Tebet Barat I no.5 Tebet, Jakarta Selatan // 021-8312547 // https://saktimedika.com/

terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature