PENTINGNYA STIMULASI DENGAN PIJAT BAYI DI MASA EMAS PERTUMBUHAN


Ketika Arsakha lahir, meskipun ini proses kelahiran anak kedua tetap saja banyak hal lagi yang harus saya pelajari untuk menjadi ibu. Ya ibu dengan satu orang toddler yang sedang aktif-aktifnya dan satu bayi yang baru lahir. Rasanya nano-nano. Lelah, senang, bahagia semua campur aduk jadi satu. Hal yang paling saya ingat adalah bagaimana saya harus kembali menstimulasi Arsakha agar tumbuh kembangnya sesuai dengan “jalurnya” seperti kakaknya Arsyad. Salah satunya melalui pijat bayi.

Siapa sih yang tak suka dipijat? Saya hobinya pijat, setiap bulan pasti pijat agar capeknya hilang dan memberi efek relaksasi ditubuh. Seperti merecharge semangat lagi. Dulu waktu belum punya anak sih tak pernah terpikir oleh saya bahwa saya akan mencari ilmu tentang pijat bayi untuk stimulasi tumbuh kembang buah hati saya. Yang ada dipikiran saya dulu, pijat itu ya buat orang dewasa atau kalau lagi terkilir saja. Padahal ternyata setelah saya belajar  ternyata bayi juga peru dipijat untuk proses stimulasi.

Satu tahun pertama kehidupan merupakan masa yang paling penting dan paling berpengaruh untuk anak kita. Oleh sebab itu, kita tidak boleh menyepelekan pertumbuhan serta perkembangan anak di tahun pertamanya.


Dan tanggal 26 Juni 2019 kemarin, lagi-lagi saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri event Manfaat Pijat Bayi yang diselenggarakan oleh Johnsons Baby bersama teman-teman dari The Urban Mama (TUM). Selain pelatihan pijat bayi bersama Emillya Eventha (Certified Infant Massage Instructor) dan  Dokter Spesialis Anak & Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial, dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH. 

Senang rasanya karena ini event pertama saya bisa membawa Arsakha, jadi punya quality time berdua sama Arsakha, sedangkan Arsyad berdua seharian sama ayahnya. Yang paling utama sih saya jadi nambah ilmu lagi.


Tau gak sih karena ternyata dua puluh hari pertama kehidupan bayi merupakan periode sensitive reseptor panca indranya. Pijat bayi salah satu bentuk stimulasi yang lengkap untuk mengoptimalkan perkembangan pancaindranya karena melibatkan berbagai rangsangan, seperti kontak mata, sentuhan, dan bonding dengan anak.

Tak hanya nutrisi yang cukup, penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan Ibu dengan ritual pijat bayi. Maka dari itu selama periode emas pertumbuhan di 1000 hari pertama kehidupan harus kita perhatikan baik-baik karena pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan diperiode berikutnya, sampai bayi beranjak dewasa.

Berbagai manfaat pijat bayi dijelaskan oleh dr.Bernie diantaranya manfaat fisik dan manfaat emosional.

Manfaat Fisik
  • Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan
  • Membantu melancarkan sistem peredaran darah
  • Membantu melancarkan sistem sirkulasi pernafasan
  • Membantu meningkatkan berat badan
  • Membantu meningkatkan sistem imunitas
  • Meningkatkan kualitas dan waktu tidur yang mendukung perkembangan memori
 Manfaat Emosional
  • Memperkuat ikatan/bonding antara anak dan orangtua
  • Meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak
  • Membantu meredakan ketidaknyamanan saat anak sakit
  • Menurunkan produksi hormon stresor, sehingga mengurangi rewel, dan membuat bayi merasa rileks.

Agar membuat bayi sehat, nyaman , dan happy sebagai orangtua kita juga harus memperhatikan nutrisinya terpenuhi sehingga terhindar dari paparan penyakit, memperhatikan kebersihan sekitar, memenuhi kebutuhan kasih saying sehingga bayi merasa aman dan nyaman.
Bayi yang tidak nyaman akan rewel, hal tersebut mengganggu penyerapan stimulasi sehingga tumbuh kembangnya tidak optimal.



Bagaimana urutan pijat bayi yang benar? Kita bisa mulai dari wajah, dada, perut, tangan, kaki. Nah kalau mau step=step lengkapnya bisa baca Langkah-LangkahPijat Bayi

Untuk anak yang akan tumbuh gigi mba Emillya menjelaskan  bisa dengan pijat wajah SMILE dan CUTE. Seperti gambar dibawah ini.



Sentuhan Cinta Johnson’s



Sejalan dengan target program pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia. Tahun 2019 ini Johnson’s kembali menggaungkan program “SENTUHAN CINTA”. Kampanye ini sudah berjalan cukup lama loh. Tahun 2018 saya turut serta mendukung program sentuhan cinta Johnson’s. (Bisa baca disini)

Program ini mendorong para ibu untuk terus memberikan dukungan pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas. Dalam menjalankan kampanye ini Johnson’s bekerja  sama dengan Habitat for Humanity, Alfamart, dan Shopee.

Tahun 2019 ini melalui program kampanye Sentuhan Cinta, Johnson’s telah membangunpusat kesehatan anak (POSYANDU) di Desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Ya seperti kita ketahui di daerah pelosok pelayanan kesehatan memang masih sangat kurang.

Selain POSYANDU, Johnson’s juga mengadakan roadshow 15 kota dengan 22 orang tim edukasi professional dari Johnson’s untuk memberikan edukasi pelatihan pijat bayi.


Semoga melalui program ini semakin banyak mengajak para ibu untuk memberikan stimulasi yang optimal melalui pijat bayi. Yuk dukung program SENTUHAN CINTA demi kesehatan calon generasi penerus bangsa!

informasi lebih lanjut tentang Johnsons Baby
Instagram : @johnsonsbaby_id
Twitter @johnsonsbaby_id
Facebook https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia







terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature