AGAR ANAK TUMBUH BAHAGIA



Orangtua mana sih yang tak ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Mulai dari mencukupi kebutuhan pangan, sandang, kesehatan, asupan gizinya pasti diupayakan yang terbaik. Dalam segala hal orangtua akan selalu memastikan anaknya mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Namun sejatinya kebahagiaan anak gak hanya terletak pada apa saja yang menjadi permintaan anak. Yang harus diingat sebagai orangtua bahwa bukan berarti memanjakan anak dengan selalu memberikan berbagai mainan dan terue menerus menuruti keinginan anak hal tersebut bukanlah langkah yang tepat untuk mendidiknya.

Sebenarnya kebahagiaan anak itu sederhana kok yaitu kehadiran orangtua sepenuh hati dan sepenuh tubuh. Banyak dari kita menemani anak bermain, tapi tidak ikut terlibat misalnya anak bermain, kita menemaninya sambil bermain gadget. Seharusnya kita sebagai orangtua ikut terlibat bermain. Banyak aktivitas permainan yang bisa kita ciptakan bersama agar bonding semakin kuat. Rasanya tak sulit sekarang mencari referensi permainan di dunia maya. MIsalnya permainan yang sering saya lakukan bersama Arsyad, bermain peran sambil menyusun lego, menempel stiker dibuku, bermain flash card, atau main air sambil membantu saya menyiram tanaman.

Lalu bagaimana agar anak tumbuh bahagia?

Berdasarkan pengalaman yang telah saya lewati, anak yang bahagia berasal dari orangtua yang bahagia. Sebagai ibu penuh waktu, saya selalu berusaha memenuhi apa yang menjadi kebutuhan diri saya terlebih dahulu agar ketika menghadapi polah tingkah Arsyad yang berusia 4 tahun dan sedang dalam fase aktif-aktifnya, saya bisa lebih mengontrol emosi saya. Apalagi ketika ia tantrum.

Berbicara masalah kebahagiaan itu sendiri, bahagianya saya apalagi kalau bukan melihat Arsyad dan Arsakha tumbuh kembang sehat sempurna. Makannya habis, badannya sehat,m dan kelak mereka tumbuh bahagia dengan passion yang mereka miliki.

Tapi ternyata itu saja tidak cukup. Asupan nutrisi untuk tubuh juga penting agar anak tumbuh bahagia. Memang apa hubungannya ya anak bahagia dengan nutrisi?

Pencernaan yang sehat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak agar tumbuh bahagia dan pintar. Bayangkan saja kalau system pencernaannya terganggu anak akan kolik, rewel dan menghambat tumbuh kembangnya.

Blogger Gathering Lactogrow “Grow Happy Parenting Ramadhan: Happy from the Inside Out”

Tanggal 21 Mei 2019 kemarin, saya bersama teman-teman dari Indonesian Hijab Blogger menghadiri blogger gathering yang diadakan oleh Lactogrow. Temanya sejalan dengan apa yang saya sampaikan diatas. Agar anak tumbuh bahagia. Saya jadi dapat banyak contekan ilmu pengetahuan lebih dari event kemarin.


Pembicaranya ada Dr. dr.Ray Wagiu Basrowi, MKK dan Psikolog, Ibu Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi.

Dr.dr.Ray menjelaskan bahwa kebahagiaan anak akan tumbuh sejak dari 1000 hari pertama kehidupannya. Dimulai sejak dalam kandungan. Makanya waktu hamil sering kan kita dengar “jangan stress nanti baby yang di perut ikutan stress loh” dan ternyata memang ada keterkaitannya. Setelah anak lahir pencernaan ususnya belum sempurna. Makanya bayi terkadang terkena colic, gampang sembelit, diare.

Disitu pernanan penting mengkonsumsi makanan bernutrisi lengkap dan mengandung probiotik sebagai bakteri baik yang berfungsi memperlancar pencernaan anak, meningkatkan imunitas tubuh, menyerap nutrisi lebih baik sehingga pencernaannya lebih sehat dan suasana hati lebih terjaga.
Salah satu probiotik yang banyak diteliti memiliki manfaat adalah Lactobacillus reuteri. Mengapa?

-          Lactobacillus reuteri teruji klinis aman dan bermanfaat untuk tubuh
-          Membantu menyerap nutrisi
-          Mengatur suasana hati menjadi lebih baik
-          Membantu tumbuh kembang anak lebih bahagia dan optimal.
Selain factor pencernaan yang sehat, stimulasi yang tepat juga wajib diberikan oleh orangtua agar anak tumbuh bahagia. Menurut Ibu Vera Itabiliana, kebahagiaan di masa anak-anak berpengaruh terhadap beberapa aspek, diantaranya :

      -          Tumbuh kembang kognitif (proses belajar)
-          Nilai diri (self-esteem)
-          Social skill
-          Karakter saat dewasa

Nantinya hal tersebut akan membangun sifat penting untuk keberhasilan anak di masa depan. Anak akan memiliki kesadaran dan manajemen diri, kesadaran dan ketrampilan social, serta pengambil keputusan yang lebih baik.



Ibu Vera juga membagikan tips agar anak tumbuh bahagia

      -          Memberikan makanan bergizi seimbang
-          Mendampingi anak saat bermain dan bereksplorasi
-          Mengekspresikan emosi positif
-          Memastikan waktu tidur anak yang cukup
-          Memberikan cinta tanpa syarat pada anak
-          Menjadi pendengar yang baik dan antusias bagi anak

Pernah tidak disituasi anak berontak dan mengatakan “Aku gak mau makan sayur! Gak enak’ biasanya apa respon orangtua? Yang paling dominan adalah orangtua menunjukkan emosinya. Padahal yang seharusnya dilakukan adalah menurut ibu Vera menggunakan cara active listening.




Lalu bagaimana menerapkan active listening ini? yang pertama harus dilakukan adalah MENDENGARKAN, sambil mendengar kita cerna emosi anak, kita empati terhadap apa yang dia rasakan. Hal tersebut membantu anak untuk mengenali emosi apa yang sedang ia rasakan dan kedepannya orangtua akan menjadi teman curhat yang baik.


Dengan memberikan asupan nutrisi dan stimulasi yang tepat insya Allah anak akan tumbuh bahagia. Dengan memberikan Lactogrow yang mengandung Happynutri yang kaya dengan 12 vitamin, minyak ikan, tujuh mineral, Omega 3 dan 6, kalsium, probiotik, Lactobacillus reuteri bisa menjadi ikhtiar yang baik untuk tumbuh kembang buah hati kita, seperti yang sudah saya lakukan kepada Arsyad sejak ia berumur 2 tahun dengan mengkonsumsi susu pertumbuhan Lactogrow.


Jadi ingat ya moms, Anak yang tumbuh bahagia akan menjadi anak yang sukses dan membawa pengaruh untuk orang banyak. Yuk jangan pernah lelah untuk terus berupaya memberikan nutrisi yang terbaik!


 terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
8 comments on "AGAR ANAK TUMBUH BAHAGIA"
  1. AKu lagi nyobain Mika untuk minum Lactogrow juga, biar persiapan lepas ASI. Kandungannya bernutrisi bgt, jadi gak terlalu khawatir kalo Mika makan ngemil doang 😚. Maksih sharingnya mba

    ReplyDelete
  2. bener banget yaa kalau pencernaan ada hubungannya dengan tumbuh kembang anak... happy tummy, grow happy

    ReplyDelete
  3. Wah, ternyata penting banget yah, menjaga kesehatan saluran cerna si kecil!

    ReplyDelete
  4. Sebaiknya memang anak-anak itu selalu bahagia, bukan selalu diberi mainan tapi diajak mengeksplor lebih banyak dan tanpa paksaan, pastinya didukung nutrisi yg tepat, biar sehat luar dalam

    ReplyDelete
  5. Alhamdulilah anakku cocok minum lactogrow mba hehhee

    ReplyDelete
  6. Gemas banget sama senyumnya si Abang! :)

    ReplyDelete
  7. wah acaarnay seru dan dapat wawasan baru ya

    ReplyDelete
  8. asupan nutrisi dan stimulasi yang tepat emang penting banget ya..

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature