MEWUJUDKAN RESOLUSI BISNIS FROZEN FOOD BERSAMA RALALI.COM


Ketika memasuki tahun baru, tentunya kita semua mempunyai sederet resolusi baik itu untuk diri sendiri, keluarga, bisnis, atau passion.  Sejak 2 tahun berhenti bekerja sebagai karyawan karena perusahaan pailit, aktifitas sehari-hari saya kembali menekuni hobi saya yaitu ngeblog dan menjadi ibu rumah tangga. Kalau ngomongin masalah resolusi 2019 ini memulai bisnis rumahan adalah salah satu resolusi saya dan yang menjadi perhatian saya yaitu bisnis rumahan frozen food.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya mengapa ingin sekali memulai bisnis rumahan frozen food adalah karena modal awal yang tidak terlalu besar dan usaha frozen food ini mudah untuk di stok, tidak mudah basi. Meski tingkat persaingannya cukup tinggi saya terus berputar otak mencari perbedaan bisnis rumahan frozen food  yang beda dari biasanya yaitu frozen food yang sehat, karena saya melihat tren 2019 ini makanan sehat akan semakin dilirik karena masyarakat umumnya ingin memulai pola hidup sehat sebagai resolusi tahunannya. Karena modal yang cukup terbatas saya harus cermat memilih produk apa yang paling diminati oleh target pasar yang dituju. Jadi saya akan menjual beberapa item saja terlebih dahulu seperti siomay, dimsum, nugget, dan ebi furai semua dibuat tanpa bahan pengawet dan tanpa MSG.

Membangun usaha tentunya membutuhkan jerih payah yang lebih dan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Tidak hanya modal secara material saja yang dibutuhkan ketika memulai usaha, modal jiwa pengusaha yang tahan banting juga harus dimiliki. Disiplin, teliti, kreatif,berani mencoba, tidak takut gagal, realistis semua dibutuhkan juga sebagai modal awal.

MEWUJUDKAN RESLOLUSI BISNIS RUMAHAN FROZEN FOOD BERSAMA RALALI.COM

Dalam memulai makanan harus diperhitungkan secara cermat termasuk segala resikonya, maka sebagai langkah awal saya membuat kerangka bisnis atau semacam bussines plan agar lebih fokus menjalaninya. Pertama biar lebih semangat saya memikirkan nama took apa yang cocok dan gampang diingat oleh target market, maka tercetuslah ide “TOKO IBUN”, Ibun sendiri berarti Ibu atau bunda yang mana merupakan panggilan anak-anak kepada saya.  

Nah berikut skema bisnis frozen food ala saya, memang sih masih cukup sederhana tapi setidaknya membuat kerangka bisnis seperti ini membuat saya fokus dan terstruktur.


Menentukan varian produk & target pasar

Seperti yang sudah saya utarakan diatas, karena modal saya yang terbilang kecil saya memulai bisnis ini dengan hanya beberapa varian produk yaitu dimsum, siomay, ebi furai, dan nugget. Ketika sudah menentukan produk yang akan dijual tentunya akan mempermudah untuk membeli bahan baku atau mencari supplier.

Target pasar dari bisnis saya sendiri yaitu para mama-mama milenial yang ingin menyajikan panganan praktis namun sehat. Saya berpikir jika saya bias menawarkan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau pasti konsumen tidak akan segan-segan untuk kembali berlangganan kembali.

Menghitung modal awal

Bicara soal modal pasti kebanyakan dari kita takut memuli bisnis karena tidak mempunyai modal yang cukup. Padahal di era digital ini kita bisa saja menjalankan bisnis tanpa modal dengan menjadi dropshipper. Lain halnya dengan saya, saya berniat untuk menjadi reseller sekaligus memproduksi frozen food sendiri. Reseller disini saya akan mencari partner bisnis yang mempunyai visi misi yang sama yaitu frozen food yang sehat, tanpa bahan pengawet dan MSG karena saya mengukur kapabilitas saya bahwa saya belum cukup mempunyai SDM untuk melakukan halk itu semua dan beruntung saya bertemu teman saya yang memproduksi ebi furai dan nugget sehat. Jadi saya hanya memproduksi siomay dan dimsum saja sebagai langkah awal.

Untuk itu modal yang saya perlukan tentunya freezer, bahan baku,kemasan, biaya gas, biaya listrik, biaya promosi. Modal awal yang dibutuhkan setelah saya hitung kurang dari 5juta karena biaya terbesarnya ada di pembelian freezer karena saya berencana menjadi reseller yang menyediakan stok.

Key Activities

Kunci aktivitas bisnis disini adalah bagaimana pengembangan produksi, packaging, promosi, dan untuk jangka panjangnya menyasar pada lisnsi produk. Seperti yang telah kita ketahui masyarakat sekarang ini lebih teliti dan cerdas, untuk itu izin dnas kesehatan dan label halal sangat penting. Untuk promosi dan penjualan bias dilakukan saat car free day, diskon awal pembukaan, bahkanbebas ongkos kirim dengan minimum pembelanjaan tertentu untuk menggaet target market usaha rumahan saya.

Mengoptimalkan Sosial Media

Meski usaha rumahan tentunya ingin melebarkan sayap dan tak hanya laku disekitaran area rumah saja. Apalagi sekarang sudah ada penyedia jasa ojek online yang bisa mengantarkan pesanan dalam radius dua pulluh lima kilometer. Memasarkan serta memperkenalkan produk frozen food rumahan ala saya bisa saya lakukan melalui facebook, instagram, whatssapp. Selain itu jasa endorse yang ditawarkan beberapa influencer juga bisa saya gunakan untuk mengoptimalkan penjualan nantinya.

Alhamdulillah Toko Ibun mulai berjalan Januari 2019. Meski varian produknya masih siomay dan ebi furai karena saya masih terus mencari reseller dan pemasok bahan baku yang harga dan kualitasnya cocok di kantong dan bertemulah dengan Ralali.com.



APA ITU RALALI.COM?

Ralali.com adalah online B2B marketplace yang memberikan kemudahan proses transaksi jual-beli melalui teknologi dan fitur yang dapat membantu seller dan buyer melakukan proses bisnis lebih mudah, aman, transparan.

Ralali berasal dari ungkapam bahasa Jawa "Ora Lali" yang berarti "tidak lupa", "tidak terlupakan".

Sebagai B2B marketplace Ralali.com menawarkan harga grosir dan minimum pembelian. Hadirnya Ralali.com sangat cocok untuk sayayang baru memulai bisnis. Pas banget ketemu Ralali.com saya lagi mengincar satu freezer yang dibandrol dengan harga cukup murah untuk usaha frozen food rumahan saya. Di situs Ralali.com saya juga menemukan pemasok daging fillet ayam, udang vaname, ikan, tepung terigu. Wah saya gak perlu capek-capek ke pasar. Cukup klik-klik dari rumah lalutransfer maka bahan baku yang saya butuhkan sudah sampai ke tangan saya.

Freezer incaran saya, good deal banget di ralali.com 

Kenapa mewujudkan resolusi bisnis 2019 bersama Ralali.com?



Ralali.com yang sudah berdiri sejak 2014 memiliki 11.000 vendor terpercaya, 250.000 produk, dan 2 juta pengunjung dari seluruh Indonesia setiap bulannya.


Ralali.com situs yang tepat untuk berbelanja kebutuhan usaha, saya sangat senang menemukan marketplace yang khusus menyediakan barang dalam jumlah grosir. Selain saya bisa berbelanja kebutuhan usaha frozen food rumahan saya, saya juga bisa mendaftar menjadi seller di Ralali.com.

FITUR APALAGI YANG DITAWARKAN RALALI.COM?

Ralali quotation


Jika barang yang kita butuhkan tidak tersedia di Ralali.com, kalian jangan khawatir karena dengan fitur Request For Quotation (RFQ) kita bisa mengajukan permintaan ke Ralali.com untuk menyediakan barang yang diperluka. Cukup mengisi data detail produk yang dibutuhkan, jumlah, dan kapan produk akan dibutuhkan. Makin cinta gak sama Ralali.com?

Metode Pembayaran
Metode pembayaran yang ditawarkan Ralali.com juga cukup mudah. Ada pilihan bank transfer, virtual akun, kartu kredit, dan OVO.

Pendanaan Bisnis dengan Fitur Kredit Ralali Cicilan
Ralali.com memanjakan kita nih bagi pelaku bisnis yang masih minim modal. Ralali.com menawarkan fitur kredit dengan jangka cicilan 3,6, sampai 12 bulan.

Dompet Ralali
Melalui dompet Ralali kita bisa menyimpan saldo cashback dari transaksi yang kita lakukan dan saldonya dapat kita pergunakan kembali untuk berbelanja. Jika kita ingin melakukan proses refund, dana refund otomatis akan masuk kedalam dompet Ralali kita.

Jangan lupa untuk terus cek promo Ralali.com untuk mendapatkan harga terbaik. Promonya banyak banget. Saya sih udah ngincer salah satu freezer yang good deal banget.


Di era digital ini makin gampang banget memulai bisnis dan mengembangkannya. Pesan saya #inisaatnya wujudkan resolusi bisnis kamu bersama Ralali.com. Jika berniat memulai usaha, jangan lupa dukungan orang tersayang seperti suami dan orang tua akan menjadi penyemangat mengawali bisnis kamu.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog #ResolusiBisnis2019 #IniSaatnya tau Ralali.com bersama Blogger Perempuan Network

Twitter @ralalicom
Facebook Ralalicom

Instagram : Ralalicom

terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature