DUKUNG ANAK BEREKSPLORASI DENGAN MENGATAKAN IYA BOLEH


Masa emas pertumbuhan anak adalah masa terpenting dalam hidupnya yang akan memengaruhi masa depan mereka. Usia emas anak terjadi mulai dari 0-6 tahun, di usia tersebut anak akan terus menyerap informasi dengan berbagai kemampuannya. Kita sebagai orang tua memiliki peran besar dalam mendidik dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh buah hati kita. Untuk mengoptimalkan perkembangan tumbuh kembangnya, anak membutuhkan nutrisi terbaik selain itu stimulasi dari lingkungan sekitar juga tak kalah penting.

Saat Arsyad memasuki usia 4 tahun, rasa ingin tahunya semakin besar dan ia terus aktif bereksplorasi. Ia ingin sekali bermain hujan, bermain kotor-kotoraan, ikut mencuci mobil bersama ayahnya. Terkadang saya punya rasa ketakutan sendiri, biasanya sih takut kalau Arsyad jadi gampang sakit akhirnya jadi seperti membatasi dia bereksplorasi.  Seperti contohnya ketika saya sedang asyik dengan tanaman saya,

“bun..aku mau main tanah yaa..”

Respon saya biasanya sontak bilang “No..banyak kuman!” padahal dari dia membantu saya menanam banyak pelajaran yang bisa ia petik untuk tumbuh kembangnya.

Kemarin saat hadir di acara DANCOW Advanced Excelnutri+ meluncurkan gerakan 1 juta “iya boleh” bagi orangtua Indonesia, saya baru tersadarkan ternyata ketika saya melarang Arsyad untuk berekplorasi lebih saya akan menghambat tumbuh kembangnya.

Dalam acara tersebut hadir Ussy sulistiawati sebagai brand ambassador Dancow, mba Ratih Ibrahim selaku psikolog klinis, dr.Ray Baswori, dan Alvin Wiradarma selaku Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri +.


Modal untuk tumbuh kembang si kecil ada 3 yaitu Nutrisi yang baik, Stimulasi, dan cinta orang tua. Berbicara mengenai nutrisi, tau gak sih bu kalau balita di Indonesia masih belum terlepas dari masalah gizi yang kurang. Berat badan kurang, anemia defisiensi zat besi, stunting, ISPA, diare. Ketika masalah tersebut hadir di tubuh anak kita lalu apa yang terjadi? Infeksi yang berulang akan menghambat tumbuh kembang anak. Maka tugas utama orang tua selain mendukung eksplorasi si kecil terlebih dahulu adalah memberikan nutrisi terbaik untuk tubuhnya, karena eksplorasi anak harus disertai dengan perlindungan nutrisi yang tepat.

Gizi perlindungan untuk mengeksplorasi anak bisa diperoleh dari bakteri baik seperti lactobacillus rhamnosus yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pencernaan, infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Mba Ratih Ibrahim menjelaskan bahwa cara terbaik yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah ikut terlibat dalam proses eksplorasi dengan lebih banyak mengatakan “iya boleh” kepada si kecil. Jika orang tua mendorong si kecil untuk bereksplorasi secara tepat sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya, tentu akan membantu anak untuk mengembangkan lima potensi karakter penting yaitu berani, cerdas, kreatif, peduli, dan pemimpin.

Ketika anak bereksplorasi akan memberikan stimulasi bermain yang akan merangsang kemampuan pendengaran, penglihatan, memori, kognitif, bicara, emosi, motorik halus dan motorik kasar. Tentunya stimulasi tersebut mendukung tumbuh kembang anak. Anak jadi belajar lebih banyak, skill motoriknya meningkat, dan tumbuh rasa percaya diri. Bagaimana dengan keterlibatan orang tua? Ya dengan mengatakan “iya boleh” ketika anak ingin bereksplorasi.


Untuk menjadi anak unggul Indonesia yang sehat,cerdas, dan berkarakter, DANCOW Advanced Excelnutri+ percaya ada lima karakter penting yang perlu dikembangkan oleh orang tua kepada si kecil sejak usia dini, yaitu :
1.       BERANI
Eksplorasi merupakan salah satu cara untuk anak berinteraksi dengan lingkungan, sehingga keberanian dan rasa percaya dirinya dapat berkembang dengan baik. Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai poteni lainnya seperti problem solving, membuat keputusan, dan ketrampilan social.
2.       CERDAS
Melalui eksplorasi yang tepat sesuai dengan tahap perkembangannya, aspek kognitif anak dapat terstimulasi melalui berbagai kegiatan dalam proses eksplorasinya.
3.       KREATIF
Ketika terpapar pada berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajinasi dan kreativitas si kecil dapat berkembang dengan baik.
4.       PEDULI
Melalui aktivitas bermain bersama teman, anak akan belajar berinteraksi, berbagi, dan mengenal serta memahami perasaan orang lain, menunggu giliran, dan meningkatkan toleransi.
5.       PEMIMPIN
Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk si kecil memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik. Eksplorasi mengasah kemampuan si kecil untuk mengambil control akan berbagai hal sekitarnya.

Melalui gerakan 1 juta “iya boleh” DANCOW Advanced Excelnutri+ ingin mengajak banyak orang tua di seluruh Indonesia untuk percaya diri berkata “iya boleh” demi mendukung tumbuh kembang optimal anak dan menjadikan mereka anak unggul Indonesia.


Saya jadi lega rasanya ketika mendengarkan pemaparan dari para ahli bahwa jangan sampai jadi takut anak gampang sakit ketika ia aktif bereksplorasi. Kalau nutrisi yang orang tua berikan tepat tentunya anak akan membangun daya tahan tubuhnya sendiri dan ia akan terus aktif bereksplorasi sehingga anak jadi tumbuh berani, cerdas, kreatif, peduli, dan punya rasa kepemimpinan.


Intinya adalah ketika orang tua siap berkata “iya boleh” pastikan terlebih dahulu anak siap akan aktivitas tersebut, pastikan aktivitas tersebut aman,orang tua terlibat, dan “iya boleh” untuk mendukung aktivitas tersebut.

Jadi tunggu apalagi bunda yuk bilang “iya boleh” saat anak ingin bereksplorasi

 terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
3 comments on "DUKUNG ANAK BEREKSPLORASI DENGAN MENGATAKAN IYA BOLEH"
  1. Betul banget nih, anak sedari dini harus ditumbuhkan kejiwaannya, sifatnya harus dibimbing, supaya cerdas lahir batin

    ReplyDelete
  2. Ah, terima kasih remindernya. Daripada kebanyakan melarang anak, lebih baik fokus ke pemberian gizi dan stimulasi yg tepat.
    Sehat-sehat yaa Arsyad.

    ReplyDelete
  3. 5 karakter ini bagus untuk ditanamkan sejak dini ya Mba, supaya anak2 kelak bisa menjadi anak unggul Indonesia yaa!!

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature