SABTU CERIA DI FUNTOPIA BALLOON PARK


Saat ini seringkali kita jumpai pemandangan anak-anak yang asyik bermain gadget dimanapun anak-anak berada, seperti saat menunggu makanan di restoran, kumpul keluarga mereka juga tetap asyik dengan gadgetnya, bermain di taman sambil membawa gadget. Hal ini menjadi pemandangan umum yang sering kita jumpai bukan? Sebetulnya tidak ada yang salah dengan kehadiran gadget, sayapun tidak melarang Arsyad 100% untuk stop bermain gadget karena kami punya kesepakatan bersama tentang hal ini. Tak bisa saya pungkiri juga Arsyad mengenal eskavator, bahasa Inggris dari tontonan Youtube di gadget. Bahayanya adalah ketika bermain gadget tak diimbangi aktifitas fisik dan tak mengenal waktu. Kondisi otak dan mata jadi terganggu serta keseringan duduk akan menimbun lemak yang berdampak pada kurang lancarnya aliran darah dari dalam tubuh.

Hal serupa juga dijelaskan dalam jurnal Global Pediatric Health yang menunjukkan bahwa penggunaan perangkat teknologi selama berjam-jam berpotensi mengganggu kualitas tidur dan nutrisi anak. Tingginya interaksi dengan layar pada siang hari, tidak memungkinkan mereka cukup bergerak aktifsecara fisik. Pada akhirnya, hal ini bisa mengganggu kemampuan anak untuk mengatasi masalah, bergerak, berpikir, dan berkegiatan.

FUNTOPIA BALLON PARK, KEGIATAN ALTERNATIF ALIHKAN ANAK DARI GADGET

Aktifitas fisik untuk anak seusia Arsyad (Balita) yang lagi aktif-aktifnya sangat penting. Aktifitas fisik dapat mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya. Tugas saya sebagai orangtua saat ini adalah memotivasi Arsyad agar mau bermain di luar dan beraktifitas secara fisik. Saya dan suami punya beberapa program keluarga saat akhir pekan seperti weekend tanpa ke mall dengan mengunjungi taman-taman di Jakarta, bermain di RPTRA, bermain di playground outdoor, bermain pasir di pantai, pergi ke museum, dan tempat wisata lainnya.

Sabtu, 18 Agustus 2018 kemarin kami sekeluarga memutuskan untuk berkunjung ke Bintaro Xchange Mall karena dari info akun instagram Beyond Screen Production yang saya ikuti, mulai tanggal 17 Agustus 2018 sampai 30 Agustus 2018 ada sebuah arena bermain balon terbesar di Indonesia yaitu FUNTOPIA. Begitu sampai disana kami amaze sekali dengan balon raksasa yang ada. Ada yang berbentuk rumah jamur, Perosotan balon, rumah kastil, kelinci, labirin balon raksasa, dan lainnya. Tak sabar kamipun memasuki area FUNTOPIA sesudah menukarkan tiket. Saat masuk kami dipasangkan gelang, gelang tersaebut penanda sebagai tiket.  Tak sabar Arsyadpun langsung menarik saya ke perosotan balon yang letaknya dekat pintu masuk nama wahana tersebut Traveloka track. Ternyata wahana balon tersebut mempunyai nama-nama yang lucu ya. Wahana Aktivitas yangdapat dilakukan di Traveloka track ini adalah melompat, memanjat, meluncur di perosotan, bermnain di kolam kubus.


Sebelum bermain kami diarahkan FUN BUDDY yaitu petugas di area bermain untuk menitipkan sepatu dan menukarkannya dengan sendal yang telah disediakan, sendalnya seperti sendal hotel. Jadi saat bermain di area balon tetap terjaga kebersihannya.

Setelah menjajal wahana Traveloka Track, Arsyad langsung mengajak saya dan ayahnya mengunjungi wahana balon raksasa berbentuk jamur, ternyata nama wahana permainan ini adalah Mighty Mushroom. DI wahana ini anak-anak juga bisa melompat, memanjat, bermain di kolam kubus. Lihat deh di foto ini Arsyad berani sekali memanjat Mighty Mushroom.



Setelah asyik bermain di Mighty Mushroom, Arsyad langsung menarik ayahnya “yah, ada octopus! Ayio kita kesana.” Nama permainan balon yang berbentuk gurita tersebut adalah Old Octopus. Disana Arsyad asyik melompat, melewati lorong tentakel, serta meluncur dari ketinggian.



Setelah puas bermain di Old Octopus, Arsyad mengajak kami mengunjungi kastil. “bun, lihat balonnya kayak istana!” seru Arsyad sambil loncat kegirangan. Crown Castle balon berbentuk istana seperti dalam kerajaan dongeng. Di dalamnya anak-anak bisa puas untuk melompat, memanjat, dan berfoto.




“Lihat bun, ada ulat besar!” ia berlari menuju Carterpillar Cave, sebuah wahana balon raksasa berbentuk larva. Di dalamnya ada lorong terowongan yang bisa disusuri oleh anak-anak. Arsyad sibuk mencari dimanakah mulut larva, ia pun merangkak, berjalan, berlari, dan keluar-masuk mulut larva.

Setelah menyicipi 5 wahana balon raksasa ia-pun nampak kelelahan. “Aku lapar bun!” yaa saya dan ayahnya juga lapar dan haus setelah menemani ia bermain meski ada 3 wahana lagi yang belum kami coba. Akhirnya kami memutuskan untuk beristirahat sejenak dan mengisi perut dan melepaskan rasa haus kami. Di Funtopia, kita tak perlu bingung karena telah tersedia arena kuliner yang bisa kita nikmati. Ada Holdak, Gokana Tepan, Breadlife, Sagaleh, Whatsup Cafe, dan kuliner lainnya.


Setelah istirahat, kami bermain di arena Candy cane yaitu balon raksasa berbentuk lolipop. Arsyad asyik sekali berlari melewati rintangan, sesekali ia terjatuh sambil tertawa, melompat, dan tak lupa ia minta difoto.

“Bun, rabbitnya besar sekali kepalanya” Yup ini dia yang mencuri perhatian bunda dari awal memasuki arena FUNTOPIA, Bunny boo ini lucu sekali. Arsyad asyik memegangi kepala bunny boo, kalau bunda sih ya apalagi kalau bukan asyik foto-foto.


Setelah Bunny Boo, Ayahnya mengajak untuk melihat wahana balon raksasa yang di dalamnya terdapat labirin. “Seru nih syad, ayo kita cari jalkan keluarnya!” kata ayah. Mystery Maze balon dengan tantangan labirin yang dapat melatih kekompakan orangtua dan anak untuk melatih otak kita seperti merekam arah, berpikir untuk mencari jalan keluar. Ayah dan Arsyad asyik sekali bermain mystery maze ini.





Senang sekali rasanya sabtu kemarin kami sekeluarga menghabiskan waktu di FUNTOPIA. Kegiatan fisik yang bisa dilakukan disana banyak sekali bisa melatih sensorik dan motoriknya Arsyad. Tak hanya itu saja yang saya rasakan secara nyata Arsyad lebih percaya diri, mampu berbaur dengan anak-anak  yang ada di wahana tersebut, melatih konsentrasinya ketika memanjat, dan ketika malam hari ia tidur lebih nyenyak dari biasanya karena energi aktifnya tersalurkan di Funtopia Ballon Park ini.

Christian Suwarna, Senior Vice President Business Development Traveloka, menjelaskan “Arena permainan outdoor dengan ragam hiburan yang bisa dinikmati seluruh keluarga sepanjang hari merupakan sebuah konsep yang langka untuk kehidupan perkotaan saat ini, dan Funtopia berusaha menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan yang ideal untuk segala usia."
Funtopia ini benar-benar sarana hiburan yang ideal untuk aktifitas fisik anak, melatih motorik kasar, dan keseimbangan tubuh.

Mia Lukmanto CEO dan Founder Beyond Screen Production melanjutkan, ”Sebagai pengelola event organizer Beyond Screen Production sekaligus sebagai seorang ibu, saya menyadari bahwa interaksi langsung dengan dunia sekitar seperti keluarga ataupun alam, pasti lebih efektif dalam mengembangkan kreativitas dan mendidik si kecil untuk bersosialisasi."

Untuk kalian yang bingung ingin menghabiskan waktu bersama keluarga kemana, Funtopia ballon park ini cocok sekali untuk quality time bersama keluarga sekaligus mengalihkan kegiatan anak dari gadget. Kunjungin website TRAVELOKA di www.traveloka.com pilih menu Traveloka aktivitas & rekreasi untuk pemesanan tiket.

Ini tips dari saya kalau kalian mau ke FUNTOPIA





Waktu operasional:
Senin – Jumat pukul 15.00 – 22.00 WIB
Sabtu – Minggu pukul 07.00 – 22.00 WIB
Hari libur nasional pukul 10.00 – 22.00 WIB
 Tiket normal Senin – Jumat Rp85.000,00/orang . Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional Rp100.000,00/orang (untuk usia 2 tahun ke atas)


Selamat menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta di Funtopia!

terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
1 comment on "SABTU CERIA DI FUNTOPIA BALLOON PARK"
  1. Sama mba. Anakku juga gadgetan tapi ttp kudu seimbang mainan di outdoor juga

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature