SENTUHAN CINTA IBU MELALUI PIJAT BAYI BERSAMA JOHNSON’S


Ketika menjadi ibu baru saat Arsyad lahir dulu hal yang saya khawatirkan adalah bagaimana menstimulasi perkembangan tumbuh kembangnya agar sesuai dengan tahapan seharusnya. Berbagai cara dilakukan, salah satunya saya mengikuti kelas pijat bayi yang difasilitasi oleh rumah sakit tempat Arsyad dilahirkan. Awalnya saya takut, takut salah urat. Namun melalui arahan petugas medis yang mengajarkan teknik pemijatan bayi, saya diyakinkan bahwa lebih baik melakukan pemijatan sendiri ketimbang membawa anak ke baby spa.

Anak pertama kali belajar melakukan komunikasi melalui sentuhan orangtuanya, pijat bayi merupakan salah satu kontak fisik yang dapat membantu merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang bermanfaat bagi kesehatan perkembangannya.Dari sejak bayi dilahirkan, bayi akan menggunakan inderanya untuk melanjutkan bonding yang dimulai sejak dalam kandungan.


Pijat bayi merupakan salah satu kontak fisik yang dapat membantu merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang bermanfaat bagi kesehatan perkembangannya. Mengingat berdasarkan data Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012, ternyata terdapat 70.000 bayi kurang beruntung dan kehilangan nyawa sebelum 28 hari pertamanya. Tujuan pemijatan bayi adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan memberikan stimulasi raba dan dilakukan dengan menyenangkan dan nyaman. Sebaiknya orangtua melakukan ritual pijat ini secara rutin.

Manfaat pijat bayi
  • Kualitas tidur lebih baik

Pijat bayi meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh si kecil. Tingginya kadar serotonin tersebut memberikan perasaan nyaman pada bayi sehingga kualitas tidurnya menjadi lebih baik.
  • Meningkatkan berat badan bayi

Pijat bayi yang dilakukan secara teratur dapat memperbaiki sistem pencernaan, sehingga berat badan bayi dapat meningkat secara signifikan.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Pijat bayi secara teratur dapat memperkuat sistem imun si kecil dan membuatnya lebih tahan terhadap infeksi serta berbagai masalah kesehatan lain.
  • Membantu bayi untuk berlatih relaksasi

Bayi seringkali mengalami rewel. Alasan umumnya bisa karena ia merasakan sakit di kaki atau perut, kelelahan, posisi tidur kurang nyaman. Pijat secara teratur dapat mengurangi rasa rewel dan membantu bayi berlatih rileksasi.
  • Meningkatkan saraf motorik bayi

Pemijatan dapat mengoptimalkan tumbuh kembang bayi, khususnya saraf motorik dan sensoriknya.
  • Memperkuat bonding anatara anak dan orangtua

Ketika kita melakukan pemijatan, biasanya bayi kita ajak ngobrol. Meski responnya belum sempurna namun hal tersebut dapat melatih ikatan orangtua dan anak melalui komunikasi tersbeut


Hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan pemijatan pada bayi:
  1. Selalu perhatikan respon bayi
  2. Bila bayi menangis hentikan pemijataN
  3. Gunakan lotion aatau baby oil untuk media antara kulit pemijat dan bayi


SENTUHAN CINTA DARI JOHNSON’S



Usia 28 hari pertama merupakan masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi karena masih mengalami perkembangan sistem dengan perubahan yang signifikan. Sayangnya, masih banyak bayi di Indonesia yang perkembangannya terhenti jauh sebelum memasuki 28 hari pertama. Hal ini menyebabkan angka kematian neonatal masih tinggi yang juga menjadi salah satu isu kesehatan di Indonesia.
5 Juni 2018 bersama teman-teman dari The Urban Mama saya menghadiri peluncuran kampanye SENTUHAN CINTA di gudang-gudang studio, Kemang. Dalam acara tersebut hadir dr. Matahari Arumdini, Sp.A yang menjelaskan tentang stimulasi bayi. Sejak dari 1000 hari pertama kehidupannya, anak membutuhkan asupan nutrisi dan stimulasi untuk tumbuh kembangnya. Dalam hal ini pijat bayi sangat baik untuk stimulasi perkembangan anak. Selain itu hadir mba Wine selaku brand manager Johnsons Baby yang menjelaskan tentang program Sentuhan Cinta.



Berdasarkan latar belakang tersebut Johnson’s membuat suatu program yang membawa dampak positif yaitu SENTUHAN CINTA. Program ini mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Sentuhan Cinta bertujuan untuk memberikan bayi di seluruh Indonesia kesempatan yang sama untuk hidup agar mereka dapat tumbuh, berkembang, dan menggapai impian mereka. Dalam program ini, JOHNSON’S® bekerja sama dengan Save the Children di Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik untuk membantu edukasi ritual pijat bayi dan mandi bayi kepada para ibu di Indonesia melalui program “Kesehatan Ibu dan Anak”.


Melalui program Sentuhan Cinta, JOHNSON’S akan memulai perjalanan dan mengadvokasi para ibu di wilayah Indonesia dengan angka kematian bayi relatif tinggi seperti Maluku, Sumba, dan Sumatera Utara.
Program Sentuhan Cinta juga kini dapat menjangkau para ibu di seluruh Indonesia dengan kerjasama yang terjalin bersama Alfamart dan Tokopedia. Setiap transaksi pembelian semua jenis produk JOHNSON’S ® Baby minimum Rp 25.000,- di Alfamart atau di JOHNSON’S® Baby Care Collection di Tokopedia. Setiap transaksi ini, para ibu secara otomatis akan menyumbangkan Rp 500,- untuk Save the Children dan membantu mereka mendidik ibu lainnya di seluruh Indonesia agar bayi mereka dapat tumbuh kuat dan sehat. 


informasi lebih lanjut tentang Johnsons Baby
Instagram : @johnsonsbaby_id
Twitter @johnsonsbaby_id
Facebook https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature