MILNA NATURE DELIGHT, SOLUSI SI KECIL YANG SUSAH MAKAN BUAH


Sebagai seorang ibu pasti menginginkan anaknya tumbuh kembang dengan sehat sempurna. Memastikan asupan makanan dan minuman yang bergizi untuk keluarga. Senang sekali jika rasanya si kecil lahap memakan sayur dan buah, tapi apakah perjalanannya selalu mulus? Saat Arsyad berusia 1,5 tahun ia mengalami gerakan tutup mulut dengan sayur dan buah. Saya luar biasa pusing saat itu.

Menurut data riset kesehatan tahun 2013 menyebutkan bahwa 93,5% penduduk berusia di bawah 10 tahun, tidak mengonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran dan masyarakat Indonesia tergolong kurang makan sayur dan buah. Padahal, konsumsi sayur dan buah sangat penting untuk pemenuhan gizi seimbang si kecil. WHO secara umum menganjurkan anak balita dan anak usia sekolah untuk mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 300-400 gram per orang per hari dan remaja hingga dewasa sebanyaj 400-600 gram per orang per hari.

Pola makan anak sebenarnya tergantung dari kebiasaan orangtua. Jika sejak dalam kandungan Ibu rajin makan buah dan sayur, janin yang ada di dalam perut ibu juga akan menyukainya. Namun jika selama masa kehamilan si Ibu picky atau pilih-pilih makanan hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap pola makan si kecil. Yang paling penting adalah jika menginginkan anak untuk menyukai buah dan sayur orangtua harus mencontohkannya dengan makan buah dan sayur setiap hari.

Saat Arsyad mengalami gerakan tutup mulut (GTM) terhadap sayur dan buah, berbagai cara coba saya lakukan ada yang berhasil ada yang tidak. Seperti membuat popsicle, finger food, membeli peralatan makan baru yang lucu semua saya lakukan. Padahal ketika awal MPASI saya sudah mengenalkan dengan sayur dan buah.

MILNA NATURE DELIGHT “CARA MUDAH MAKAN BUAH UNTUK SI KECIL”

Momen makan pertama Arsyad, saat ia berusia 6 bulan selalu saya upayakan untuk menyajikan makanan yang kaya akan serat,protein hewani, perotein nabati, lemak, vitamin. Saat awal anak MPASI sebagai orangtua juga perlu memahami tekstur makanan dan jadwal pemberian MPASI.


Idealnya, pemberian MPASI diawali dengan makan yang boleh diikuti dengan pemberian snack 1-2 kali sehari. Jadwal pola makan anak usia 6-8 bukan terdiri dari 2 kali makan dan 2 kali snack dan seiring bertambahnya usia anak, frekuensi dan porsi pemberian makan dan snack juga akan bertambah sehingga untuk anak usia 10-12 bulan,, sudah boleh diberikan 3 kali makan daan 2 kali snack.

Tidak semua anak dengan mudah menghabiskan semangkuk puree buah yang telah ibu siapkan. Pasti akan melewati yang namanya fase gerakan tutup mulut, namun sebagai ibu harus pantang menyerah demi kebutuhan gizi anak. Saat blogger gathering MILNA NATURE DELIGHT, 5 Mei 2018 di Kaffeine Dr.dr. Conny Tanjung,Sp.A (K) menjelaskan bahwa

“Mengenalkan buah dan sayur untuk Si Kecil perlu dilakukan, karena keduanya mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai penelitian meta-analisis telah menunjukkan manfaat positif sayur dan buah untuk mencegah dan menurunkan insidens obesitas dan penyakit degeneratif kronis seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain.  Meskipun sayur dan buah memliki peran yang cukup penting, tetapi untuk anak, khususnya di saat mulainya pemberian MPASI, perlu diketahui beberapa batasan pemberian sayur dan buah, karena di saat ini dibutuhkan makanan padat energi untuk menunjang pertumbuhan yang pesat.  Belum ada acuan kecukupan serat pada bayi di bawah usia 1 tahun, namun berbagai penelitian membuktikan bahwa paparan terhadap sayur dan buah secara berulang membuat penerimaan terhadap sayur dan buah menjadi lebih mudah di masa selanjutnya,” 

Bertepatan dengan blogger gathering tersebut, MILNA Ahlinya Makanan Bayi sebagai salah satu brand unggulan Kalbe Nutrtionals meluncurkan MILNA NATURE DELIGHT.


Apa sih MILNA NATURE DELIGHT?

Fruit puree dalam kemasan pouch yang sangat ideal dalam memperkenalkan rasa buah dengan mudah kepada anak sejak dini. Terbuat dari 100% buah asli dengan 3 varian rasa yang akan digemari dengan ukuran dan kemasab yang nyaman untuk digenggam si kecil. Praktis untuk dibawa serta tidak mengandung pengawet atau gula tambahan. 3 varian rasa Milna Nature Delight antara lain carrot apple pumpkin, banana strawberry apple, dan apple peach. 




Milna Nature Delight ini bisa dikonsumsi dengan 3 cara yaitu :

  1. Dikonsumsi secara langsung
  2. Dikonsumsi menggunakan sendok
  3. Dituang kedalam mangkok

Dengan rasa buah asli, Milna Nature Delight bisa menjadi solusi mudah para ibu untuk memperkenalkan buah dan jika anak sedang GTM bisa menjadi solusi agar anak tak absen makan buah. Saya sendiri sudah mencobanya dan rasanya enak. Kalau kita mau memvariasikan dengan menu lain bisa loh seperti membuat puding dengan toping Milna Nature Delight.

Anak Indonesia susah makan sayur dan buah karena adanya pola pemberian makan yang keliru dari orang tuanya. contoh pola pemberian makan yang keliru pada anak-anak, yakni pola permisif atau tunduk pada kemauan anak, ‘galak’ , serta cuek (tidak ada interaksi saat makan)

Contohnya memaksa anak saat mereka menolak makan buah atau tradisi makan sambil bermain dan menonton televisi.


Salah satu cara yang paling ampuh yang sudah saya coba adalah mencontohkan Arsyad makan buah, membuat suasana makan yang menyenangkan, memberikan apresiasi saat ia menghabiskan buah serta sayur.

Dengan hadirnya Milna nature delight bisa menjadi "hadiah" tersendiri untuk ibu dan anak dalam menciptakan suasana makan buah yang menyenangkan.


Buat para ibu yang mau tahu lebih lanjut tentang produk-produk dari Milna, silahkan mengakses sosial media Milna atau mengunjungi websitenya di :

  • Website : www.bayimilna.com
  • Facebook : MilnaID
  • Twitter : @BundaMilna
  • Instagram : @milnaid


terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
1 comment on "MILNA NATURE DELIGHT, SOLUSI SI KECIL YANG SUSAH MAKAN BUAH"
  1. hai kak ayu, seruya acara milna kmrn.. anak-anak suka sama nature delight nya hehe

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature