TAK PERLU REPOT MENDAFTAR BPJS KESEHATAN, CUKUP TEKAN 1500400!


Apa yang terlintas dalam pikiran kalian mendengar nama BPJS?
Ribet?
Antri?
Repot ngurusnya?

Saya sudah menjadi anggota BPJS sejak tiga tahun yang lalu, itu juga difasilitasi dari kantor suami dengan pemotongan gaji tiap bulannya untuk kami sekeluarga. Jujur selama tiga tahun ini saya belum pernah menggunakan layanan tersebut karena lagi-lagi yang ada dipikiran saya ribet dan malas antri. Jadi selama ini kalau berurusan dengan rumah sakit, saya selalu menggunakan fasilitas asuransi kantor suami yang lebih mudah digunakan. Tinggal datang ke rumah sakit, gesek kartu, selesai deh!

Tapi tiga bulan terakhir ini saya sedang mencari info mengenai melahirkan dengan menggunakan fasilitas BPJS dan kebetulan saya mulai menempati rumah baru di daerah Bekasi sedangkan KTP dan BPJS saya menggunakan faskes Jakarta.  Hal yang paling membuat saya malas ya apalagi kalau bukan harus mengurus perubahan data dan pindah faskes sesuai domisili. Sudah ngebayangin antrian yang panjang, proses yang ribet, dan lainnya di kantor pelayanan BPJS Kesehatan.

Beruntung banget tanggal 14 Februari 2018 di The Hook Jakarta saya diajak #NgopiBarengJKN. Pada kesempatan kali ini BPJS Kesehatan memperkenalkan layanan terbaru yaitu care center 1500400. Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat di era digital saat ini mendorong BPJS untuk terus mengembangkan kemudahan layanan bagi masyarakat dengan mengoptimalkan layanan BPJS kesehatan care center 1500400 sebagai pusat informasi dan pengaduan serta salah satu alternatif kanal pendaftaran peserta mandiri.


Apa saja yang bisa dilakukan dengan menghubungi care center BPJS Kesehatan 1500400?

Pendaftaran Peserta JKN-KIS

Menurut Asisten Deputi Bidang Pengendali Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan, Upik Handayani  “Banyak masyarakat yang jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan sekedar untuk mendaftar. Padahal bisa dilakukan cukup l    ewat telepon ke. Dengan layanan tersebut, daftar jadi peserta JKN_KIS pun jadi lebih praktis tanpa antri. Bahkan, jika sudahjadi kartunyapun nanti akan dikirimkan ke alamat rumah peserta.”


Wah, saya pun semakin semangat mendengar obrolan yang menarik ini. Jadi sekarang tak perlu repot jika ingin mendaftar menjadi peserta JKN-KIS. Beberapa hal yang yang harus dipersiapkan oleh calon peserta sebelum mendaftar lewat BPJS Kesehatan Care Center  antara lain :
  • Kartu Keluarga
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor rekening buku tabungan (BRI/BNI/Mandiri)
  • Nomor handphone
  • Alamat email
  • Alamat domisili/tempat tinggal (untuk pengiriman kartu)



Setelah persyaratan tersebut siap, calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 dan dilayani oleh agent care center. Nantinya rekaman pembicaraan calon peserta dan agent akan menjadi bukti pendaftaran. Jadi pastikan untuk tidak menutup pembicaraan sebelum ada konfirmasi dari agent care center  bahwa proses pendaftaran telah dilakukan.

Setelah itu nomor virtual account akan dikirimkan ke nomor handphone peserta atau email. Selanjutnya peserta wajib membayar iuran pertama ke bank paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari sejak nomor virtual account diterbitkan dan peserta dapat melakukan mekanisme autodebet untuk pembayaran selanjutnya dan kartu JKN-KIS pun siap dikirim ke alamat domisili peserta.

Perubahan Data

Peserta dapat melakukan perubahan atau pengkinian data seperti nama, alamat, tanggal lahir, faskes, no.HP, dan email. Kartu peserta yang telah diperbarui selanjutnya dikirim ke alamat domisili. Peserta juga dapat melakukan perubahan data via Mobile JKN pada smartphone lalu mengunduh kartu digital JKN-KIS.

Pengaduan

Pengaduan seputar pelayanan, fasilitas, keluhan semua bisa dilakukan di care center 1500400 yang terhubung ke seluruh akun media sosial.

Informasi

Informasi seputar BPJS Kesehatan bisa langsung diperoleh dengan menghubungi care center 1500400.

Tanya Dokter


Sebelum memutuskan untuk mendatangi faskes atau dokter, peserta bisa menghubungi care center 1500400 untuk melakukan tanya-jawab seputar kesehatan dengan dokter. Kalau sakitnya masih ringan terbantu sekali dengan adanya layanan ini yaa! Layanan ini dilakukan setiap senin-jumat pukul 07.00-20.00 yang dipandu oleh dokter umum. Apa saja yang bisa dikonsultasikan? Seputar kehamilan, penyakit dalam, kesehatan anak, gigi, THT.

Survey Kepuasan Pelanggan

Secara berkala BPJS Kesehatan melakukan survey kepuasan pelanggan melalui care center 1500400.

Media Sosial

BPJS Kesehatan Care center terhubung langsung dengan media sosial twitter @BPJSKesehatanRI dan Facebook BPJS Kesehatan.



#NgobrolBarengJKN ini juga menghadirkan Charles Bonar Sirait yang menceritakan pengalamannya mengunjungi care center BPJS yang berada di city walk. Charles menilai sumber daya manusia yang berada di care center rata-rata berusia muda, anti gaptek, dan responsif. Hampir tidak ada SDM yang menganggur, semua sibuk melayani telepon yang masuk. Tugas lain dari agent care center adalah menyadarkan masyarakat bahwa penting untuk memiliki asuransi kesehatan.

Dalam acara tersebut hadir juga Iwan setyawan, penulis novel best seller 9 summers 10 autumns. Menurut bang Iwan, sebagai seorang penulis harus terus menggali keunikan masing-masing agar tulisan yang dihadirkan punya “gaya” tersendiri. Lewat tulisan pembaca dapat mengetahui “ooh ini tulisan si ini nih”  tanpa melihat nama penulis tersebut.


Selain itu bang Iwan menyampaikan bahwa indikator kemajuan suatu bangsa adalah dari segi pendidikan dan kesehatan. Melalui #NgopiBarengJKN ini diharapkan para blogger dapat menyampaikan informasi seluas-luasnya mengenai kemudahan mengakses care center BPJS Kesehatan 1500400.

Sampai dengan 9 Februari 2018, jumlah peserta JKN-KIS sudah mencapai 192.492.151 jiwa atau lebih dari 74% total penduduk Indonesia. Dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan sudah bekerja sama dengan 21.797 fasilitas kesehatan tingkat pertama (Puskesmas, Dokter prakter perorangan, Klinik Pratama, RS kelas D, dan Dokter gigi), 2.321 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (rumah sakit dan klinik utama) serta 2.665 fasilitas kesehatan penunjang seperti apotek dan optik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jadi, kini tak perlu repot mendaftar BPJS Kesehatan, cukup tekan 1500400 kartu siap diantar ke rumah!

 terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
1 comment on "TAK PERLU REPOT MENDAFTAR BPJS KESEHATAN, CUKUP TEKAN 1500400!"
  1. Asik sekarang ga perlu antri lagi urus BPJS

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature