KENALI MITOS DAN FAKTA MENYUSUI AGAR SUKSES MENGASIHI


Hal yang masih menjadi kekhawatiran saat menjalani kehamilan kedua ini yaitu “Drama ASI”. Seperti yang saya pernah ceritakan di blog ini tentang pengalaman saya yang baby blues, mastitis, sampai Arsyad harus diinsisi karena tongue tie. Semua pengalam tersebut menjadi pembelajaran berharga buat saya. Tapi gak memungkiri juga ada rasa kekhawatiran dalam hati kecil saya “duh..nanti gw mastitis lagi gak ya? Ketemu drama menyusui lagi gak ya?”

Alhamdulillah meskipun melewati drama menyusui yang cukup bikin up and down, Arsyad mendapatkan ASI eksklusif sampai ia berumur 1 tahun 10 bulan. Memang tidak sampai usia dia 2 tahun karena saya harus dirawat selama satu minggu akibat abses tenggorokan, tifus, dan demam berdarah. Komplit yaa!

Di kehamilan kedua ini, saya juga ingin memberikan yang terbaik untuk adiknya Arsyad. Dari masa kehamilan ini saya mencoba melawan “ketakutan drama ASI” yang kerap kali mengusik hati saya. Berusaha memberikan afirmasi positif pada hati dan tubuh saya, mulai kembali membaca buku, artikel seputar ASI, dan mulai merapihkan kembali botol ASIP, pompa, dan peralatan lainnya.

Tanggal 28 Maret 2018 lalu, saya berkesempatan untuk hadir bersama mama-mama dari The Urban Mama dalam talkshow “Let’s talk about breastfeeding” di Philips consumer experience center. Dalam talkshow #TUMBreastfeedingmama kali ini membahas seputar fakta dan mitos seputar menyusui. Hadir dalam acara seperti ini juga jadi ikhtiar membekali diri loh mam!





Dalam acara tersebut  hadir dr.Sarah Audia Hasna selaku konselor laktasi yang mengupas tuntas mitos ASI dan menyusui. Dr. Sarah menyampaikan kiat sukses diawal agar dapat  menyusui  dengan baik :
  1.  IMD (inisiasi menyusui dini)
  2. Rawat gabung
  3. Dapatkan perlekatan yang baik
  4. Selalu percaya diri dengan berafirmasi positif kalau kita bisa menyusui hingga dua tahun
Tak hanya itu saja, menurut saya membangun support system yang mendukung proses menmyusui juga sangat penting. Saya ingat mengajak mama saya untuk ikut konsul ke dokter laktasi saat saya terkena mastitis. Disitu dokter menjelaskan dan meyakinkan meski payudara saya luka saya tetap bisa menyusui dan ASI saya cukup. Dengan begitu mama jadi menyemangati saya juga.

Di trimester ketiga kehamilan Arsyad saya pernah mengalami “bocor kolostrum” dan hal ini yang bikin saya percaya diri saat melahirkan Arsyad. Tapi ternyata bocor kolostrum itu mitos loh. Tetap hal yang utama kelancaran ASI di 3 hari pertama itu pada rawat gabung, IMD, bayi menyusui dengan perlekatan yang baik.

Lalu apa saja sih mitos dan fakta lainnya?


Setelah kita tau apa saja yang menjadi mitos dalam perjalanan menyusui, ternyata banyak juga manfaatnya. Kalau yang saya rasakan sih ketika menyusui Arsyad berat badan saya turun dengan cepat walaupun saya makan terus dan ternyata menyusui bisa menghilangkan 350-500 kalori (pengaruh hormonal menyusui).


Keberhasilan menyusui ibu tidak hanya bergantung pada perjuangan ibu tapi juga dukungan besar dan kuat dari ayah, keluarga, teman, tempat kerja dapat meningkatkan keberhasilan menyusui. Fina Yudharisman juga berbagi pengalaman menyusuinya selain support system yang mendukung perlengkapan yang digunakan untuk perjalanan menyusui juga membantu kelancaran mengASIhi.

Pemilihan yang tepat pada breastpump atau pompa ASII, steril peralatan ASI, sampai perlengkapan ASI juga penting. Philips Avent bisa jadi salah satu produk andalan, kebetulan ketika menyusui Arsyad saya menggunakan produk breastpump, botol, dan penghangat botol. Yang saya rasakan yaa saya cocok dengan produk Philips Avent. Botolnya tidak membuat anak bingung puting karena wide neck menyerupai bentuk payudara.


Ibu Santi Panjaitan selaku Marketing Manager Philips Avent Indonesia mengatakan bahwa Philips Avent menghadirkan produk-produk yang mendukung Ibu untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati, mulai dari menyusui sampai pemberian MPASI dan peralatannya.


Ada satu sih produk Philips Avent yang jadi inceran saya yaitu Philips Avent 2in1 steamer dan blender. Buat MPASI jadi mudah banget pakai ini dan gak perlu repot.

Setelah mengikuti talkshow ini saya jadi dapat ilmu baru nih. Selalu berpikiran positif dan “menyusuilah dengan keras kepala” insya Allah perjalanan menyusui akan terasa lebih menyenangkan. Happy breastfeeding mama!


terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
2 comments on "KENALI MITOS DAN FAKTA MENYUSUI AGAR SUKSES MENGASIHI"
  1. Kayaknya, blendernya bagus, deh. Philips gitu. Bentuknya juga imut.

    ReplyDelete
  2. aku setuju mbak, keberhasilan ibu dalam menyusui atau menyapih tergantung dari semangat ibu dan juga paling penting adalah dukungan keluarga.

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature