PENGALAMAN MENGHADAPI DEMAM BERDARAH DAN CARA MEMBASMI NYAMUK BANDEL


Masih teringat dalam ingatan saya, pengalaman yang begitu menegangkan selepas Solat Iedul Adha tahun lalu. Arsyad yang semula aktif dan ceria, tiba-tiba pada malam harinya mengalami demam tinggi sampai menginjak angka 40 derajat celsius. Paginya tanpa berpikir panjang, saya bawa Arsyad ke rumah sakit, namun dokter belum menyarankan untuk tes darah karena demam baru satu hari. Singkat cerita, demam naik turun tersebut berangsur pulih di hari kelima. Karena dirasa kondisi Arsyad sudah kembali fit, saya memutusskan untuk membawa dia ke Klaten dalam rangka acara 100 hari mendiang papa saya. Di perjalanan Arsyad senang sekali, tak tampak diraut wajahnya kalau ia habis sakit. Bolak-balik saya cek suhu tubuhnya juga sudah kembali normal.

Tapi hari kedua saya berada di Klaten, kondisi Arsyad ada yang aneh. Ia mulai sariawan, telapak kakinya memerah seperti anak yang terserang HFMD atau flu Singapur. Hati saya tidak tenang sekali, akhirnya saya memutuskan untuk membawa Arsyad ke rumah sakit. Arsyad dilarikan ke UGD Rumah Sakit Muhammadiyah Delanggu. Sampai di UGD saya menceritakan kronologis kondisi Arsyad, lalu dokter langsung mengarahkan untuk cek laboratorium. Saat hasilnya keluar, ternyata trombosit Arsyad di angka 78.000 (lebih rendah dari normalnya 150.000-450.000) dan harus segera mendapatkan penanganan. Saya langsung lemes saat itu, pikiran saya kasihan sekali dia harus diinfus dan diambil darah setiap pagi.


Arsyad dirawat selama 5 hari, masuk rumah sakit dalam kondisi trombosit 78.000. Hari ketiga trombositnya makin drop di 48.000. Rasanya tuh kalau bisa tukar tempat, biarlah bundanya yang terbaring lemah jangan dia :((.Segala cara saya coba termasuk memberinya booster trombosit dengan mengkonsumsi sariu kurma angkak. Setelah kejadian Arsyad dirawat di rumah sakit karena demam berdarah, pengurus RT dan RW tempat saya tinggal melakukan fogging. Namun tampaknya sekarang ini jadi kurang efektif karena nyamuk makin kebal dan bandel. Dari pengalaman tersebut saat memasuki musim penghujan saya jadi ekstra hati-hati dan berharap kejadian demam berdarah yang menimpa Arsyad tidak akan terulang lagi. Nyamuk binatang kecil yang ternyata paling mematikan.

Data dari World Organization (WHO) tahun 2016 menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan di dunia. Sekitar 725.000 orang meninggal setiap tahunnya. Data dari kementrian Kesehatan Indonesia, Incidence Rate (IR), penyakit demam berdarah dengue (DBD) berkontribusi besar dalam meningkatkan jumlah kasus kematian di Indonesia. Pada tahun 2016, sebanyak 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1.585. orang meninggal akibat penyakit tersebut.

Senang sekali kamis, 7 Desember 2017 di Ev Hive D’Lab, Menteng, Jakarta Pusat saya bisa hadir dalam acara blogger gathering bersama Ibu Inspirasi HIT dan Kumpulan Emak Blogger. Hadir sebagai pembicara dr.Lula Kamal yang memaparkan fakta dan mitos seputar nyamuk.

Fakta Seputar Nyamuk

Iklim tropis Indonesia merupakan iklim hangat dan lembab yang paling digemari oleh nyamuk. Perubahan pada iklim yang menjadi semakin panas atau pemanasan global ternyata tidak hanya berdampak pada bumi tapi juga berdampak pada siklus kehidupan nyamuk dan juga wabah yang ditemukan. Perubahan iklim tersebut, memacu nyamuk secara cerdas berevolusi. Nyamuk menjadi sering kawin dan ukurannya menjadi semakin kecil yang akhirnya mengakibatkan nyamuk harus menyedot lebih banyak darah untuk mengejar ke ukuran yang sesungguhnya agar memenuhi syarat untuk berkembang biak. Hal ini menyebabkan nyamuk jamman sekarang makin bandel dan agresif untuk mengigit manusia.


Untuk nyamuk demam berdarah (Aedes aegypti) mulai beredar dari jam 6 pagi sampai sore bak orang kantoran. Dr.Lula kamal juga menegaskan bahwa sebetulnya yang harus diwaspadai bukan saat musim hujan tapi setelah musim hujan tersebut, pasti banyak meninggalkan genangan air. 1 cc air yang tergenang bisa menjadi rumah nyamuk untuk bertelur.

Awas,Nyamuk Ada Dimana-mana!

Seperti fakta yang telah dipaparkan di atas, nyamuk itu suka sekali dengan bau tubuh manusia. Maka hati-hati dengan tumpukkan baju yang bergelantungan di belakang pintu kamar karena menjadi sarang nyamuk. Sebaiknya jika sudah dipakai langsung dicuci saja, meminimalisir tumpukan baju atau hindari menggantung baju di belakang pintu kamar. Lihat gambar di bawah ini ya, gambaran bahwa nyamuk ada disekeliling kita, baik di dalam rumah maupun di luar rumah.



Nyamuk Bandel Pakai Yang Expert

Sejak kejadian Arsyad terkena demam berdarah saya lebih ekstra hati-hati dan sering melakukan kegiatan semprot-menyemprot obat nyamuk. Kebetulan saya sudah lama menggunakan HIT baik berupa HIT semprot ataupun HIT elektrik.  Sebagai merek pembasmi nyamuk bandel yang sudah berpengalaman lebih dari 18 tahun, saya memang tak ragu menggunakan produk ini. Tapi saya baru tau nih, bahwa sekarang hadir HIT Expert yang formulanya cocok banget untuk basmi nyamuk bandel jaman now.


Dengan adanya nyamuk yang semakin bandel dan agresif menggigit manusia, HIT mengeluarkan HIT Expert sebagai revolusi terbaru dengan 4 kelebihan dalam satu produk
  • Teknologi double noozle, yang menghasilkan semprotan menjadi lebih jauh, merata ke seluruh ruangan sehingga cukup menyemprot secukupnya dan tidak boros.
  • Micro Particle, formula baru dengan partikel yang lebih kecil sehingga dapat bertahan lebih lama di udara dan dapat membasmi nyamuk bandel dengan lebih baik
  • Desain Ergonomis, Kemasan baru premium ini didesain dengan ergonomis sehingga lebih nyaman ketika digenggam. Semprotan yang dihasilkan pun lebih halus.
  • Dua wangi baru, ada pilihan 2 wangi baru yang premium yaitu sweet flower dan fresh citrus. Kalau saya lebih suka yang sweet flower J.

Selain menggunakan HIT Expert kita juga perlu memperhatikan 3M yaitu Menguras bak mandi, vas bunga, dan tempat penampungan air. Menutup tempat penampungan air, dan Menubur barang bekas atau tempat yang dapat menampung air.

tips membasmi nyamuk, diantaranya
  • Semprot ruangan pada pagi dan sore hari. Saat jam 7 pagi sampai jam 12 siang dan jam 3 sore sampai jam 6 sore.
  • Semprotkan obat nyamuk ke udara. Ohya dulu ada anggapan bahwa zat aktif dari obat nyamuk masih tersisa dan menempel di bantal, padahal cara semprot yang benar adalah di udara tidak di bagian benda tertentu seperti bantal. Wangi yang masih tersisa di dalam ruangan ketika habis disemprot ternyata masih amandan wangi yang tersisa adalah wangi parfumnya bukan zat aktif.
  • Semprot dalam keadaan ruangan kosong, tidak ada orang di dalamnya.
  • Menutup ruangan setelah menyemprotkan HIT Expert selama 15 menit
  • Tidak perlu khawatir karena HIT Expert aman untuk manusia karena sudah masuk kedalam kelas yang paling aman yaitu kelas U (Unlikely to present acute hazard) sesuai standar WHO.
  • Jangan lupa bawa obat nyamuk saat berpergian. Nyamuk ini ternyata juga bisa ikut kita traveling loh!
Sudah seminggu saya menggunakan HIT Expert ini, saya sangat senang dengan varian wangi sweet flower. Wangi bunganya bikin fresh dan gak bikin saya pusing.  Dengan 3 kali semprot HIT Expert di kamar saya jadi terhindar dari gigitan nyamuk bandel. Saya sudah buktikan sendiri HIT Expert mampu mengusir nyamuk yang bandel, kalau kamu?



Facebook: Hit Terinspirasi Ibu
Twitter: @IbuinspirasiHiT
Youtube: Ibu Inspirasi HIT
Instagram: @ibuinspirasihit

terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
48 comments on "PENGALAMAN MENGHADAPI DEMAM BERDARAH DAN CARA MEMBASMI NYAMUK BANDEL"
  1. Malam ini mulai ada nyamuk, besok mau aku semprot pakai HIT ekpert saat rumah kosong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss semprot mba, biar nyamuknya hilaang. Aku paling sebel kalau banyak nyamuk

      Delete
  2. Aku suka yang sweety flower wanginya enak Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss! aku juga lebih suka yang sweet flower

      Delete
  3. wah, pengalaman anak kena DBD pastinya bikin sedih banget yah, semoga nggak terjadi lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. Semoga gak pernah kena DBD lagi

      Delete
  4. nyamuk zaman sekarang makin bandel yah mesti selalu waspada

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa makin bandel banget mba, gak kenal waktu lagi munculnya

      Delete
  5. Arsyad sehat2 yaaa... sedih klo anak2 sakit maaak.
    wangi citrus favoritkuuuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, makasih tante uci. Kalau bundanya Arsyad lebih suka yang sweet flower

      Delete
  6. Aku juga suka sama aroma sweet flower, nda bikin pusing soale hehe. Malah bnyak yang nyangka pengharum ruangan haha.

    Aaah HIT Expert emang solusi buat nyamuk bandel!

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss ah! aku juga suka yang sweet flower

      Delete
  7. Sekarang dirumah aku pakai HIT Ekspert lho dan ampuh usir nyamuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah sudah coba yaa, semoga si nyamuk gak mampir kerumah karena tau tuan rumahnya pakai HIT Expert

      Delete
  8. Pake HiT expert memudahkan kita bngt, hanya beberapa kali semprot serasa seluruh ruangan bersih dari nyamuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, aku berasanya lebih hemat deh yaa

      Delete
  9. Saya juga pernah gunakan HIT elektrik, tapi lebih cocok HIT Expert mba, soalnya nyamuk dirumah saya super bandel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai HIT expert sama yang elektrik mba. Abis semprot trus langsung pasang yang elektrik juga

      Delete
  10. Ahh Arsyad kasian banget masih kecil pula kena DBD ya, hiks moga ga terulang lagi dan semoga kita dijauhkan dari penyakit karena nyamuk buandel ya.
    Untungnya sekarang ada HIT Expert ya Mak, buat mengatasi nyamuk yg buandel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. Semoga gak pernah kena DBD lagi. Cukup satu kali aja deh seumur hidup

      Delete
  11. Kasian banget kalo anak kena demam berdarah ya, karena pas trombosit lagi rendah itu rasanya gak enak banget. Untung sekarang ada HIT Expert. Jauh-jauh deh nyamuk bandel

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa super bikin lemes mba. Biasanya dia lari2an kesana-kemari trus ngeliat dia lemes,murung huaaa aku sediih

      Delete
  12. Fogging aja belum cukup ya. Harus dicegah dari masing-masing rumahnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ternyata fogging juga tidak efektif

      Delete
  13. kuselalu suka GIF yang dibuat mak Ayu, lucuuu.. hihihihiii. Alhamdulillah sekarang udah ada HIT Expert ya maaak, akupun pake HIT Expert loh dirumaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah mama Una samaan pakai HIT

      Delete
  14. Ohh dirimu orang Klaten to mbak xixi, pantesan kalem dan anggun wkwk. Duhh kasihan Arsyadnya sampai 40 derajat panasnya. Kalau anak panas itu emang kita kudhu waspada ya. Btw untung nyamuk bandel sekarang yang doyan kawin sudah ada lawannya. Tinggal semprot tewas di tempat langsung deh, akupun juga pakai mbak aroma citrusnya boleh juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba kalau anak demam tinggi gitu haduuuh aku takut banget deh

      Delete
  15. Ya Allah Arsyad pernah kena DBD ya, paling sedih kalau anak sakit ya. Nyamuk sekarang emang ganas-ganas dan mematikan!

    Bersyukur ya udah ada HIT Expert, dengan teknologinya yang super kece dan aroma wanginya yang nda bikin pusing jadi terselesaikan masalah nyamuk bandel ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya si nyamuk kecil-kecil nyebelin banget

      Delete
  16. Replies
    1. iya mbaaa, toss dulu aaah

      Delete
  17. Aku juga sedia HIT dirumah. Takut banget si nyamuk sampai gigit bayiku. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuul mba, apalagi punya bayi harus double waspada sama si nyamuk

      Delete
  18. anak pertama ku kena DBD sampe dua kali umur 1 sama 5 tahun.. makanya paling dendam bangeet sama nyamuk.. aku juga pake HIT dirumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaa sampe 2x ya mbaa, semoga ga keulang lagi yaaa

      Delete
  19. Untung diingetin nih, blm semprot-semprot pakai HIT, sdh banyak nyamuk di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss semprot-semprot mbaaa

      Delete
  20. Duuhhh itu nyamuk kenapa bikin kesel semua orang ya... Bentuknya mah mungil tapi dampak yang dihasilkan besaaarr banget yak... Pokoknya kudu dibasmi ampe ke telor telor nya...

    ReplyDelete
  21. Duuhhh itu nyamuk kenapa bikin kesel semua orang ya... Bentuknya mah mungil tapi dampak yang dihasilkan besaaarr banget yak... Pokoknya kudu dibasmi ampe ke telor telor nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuuul kudu dibasmi bangeeet, kecil-kecil nyebelin

      Delete
  22. Ya Allah, nggak tega banget liat anak dirawat di RS, apalagi kenanya DBD. Jahat banget nyamuk itu ya :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa, ga tega harus diinfus dan diambil darah tiap hari

      Delete
  23. Sudah lama pake HIT, enang ampuh dan wanginya itu lho nggak bikin enek. Tapi yang kemasan baru ini aku belum coba siy, nantilah cuss beli yg kemasan baru.

    Sehat2 terus buat Ade Arsyad ya Mbaa. 😊

    ReplyDelete
  24. Aku pakai yg sweet floral.. enak pakai sedikit udah lewat nyamuk2 nakal :D

    ReplyDelete
  25. Ini tulisan yg juara ya. Congrats mbaa..

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature