CARA MEMBUAT VIDEO BLOG UNTUK PEMULA ALA BELLA PANGGABEAN


Apa resolusi di 2018 untuk konten blog kalian? Kalau saya sih pengen bcanget belajar membuat video blog atau yang sekarang lebih dikenal dengan vlogging. Sekarang banyak blogger yang bertransformasi mengembangkan kontennya dalam dunia vlogging dan memeriahkan kancah dunia youtube. Kalau ditanya siapa youtuber favorit saya ada lima. Yang pertama Arief Muhammad, Chandra Liow, Agung Hapsah, Jenifer Bachdim, Almeida Kezia. Konten yang mereka sajikan gak main-main. Tapi satu hal yang membuat saya betah nonton vlognya Almeida Kezia, alur ceritanya enak padahal vlognya hanya berisi kegiatan sehari-hari yang ia jalani bersama anak dan suaminya. Berbeda dengan konten yang disajikan Arief Muhammad, Agung Hapsah, dan Chandra Liow mulai dari teknis sinematografinya, peralatan yang mereka gunakan juga gak main-main, gak heran subscriber dan vlognya sering jadi trending di youtube.

Beruntung banget nih Kumpulan Emak Blogger bersama Bhinnekacom dengan program Bhinneka Community Zonenya mengadakan sebuah acara Talkshow “Cara Buat Video Blogmu Jadi Kekinian” oleh Director of Photography, Bella Panggabean. Bertempat di Bhineka Head Office, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Sabtu, 12 Desember 2017. Selain Bella Panggabean hadir juga teman-teman dari team Microsoft Indonesia.


Selain berprofesi sebagai director of photography (DOP), Bella juga aktif mengajar di Universitas Indonesia, Binus International, dan Multi Media Nusantara. Bekerja sesuai dengan passion memang sangat double menyenangkan, papar Bella. Apa sih sebenarnya tugas DOP itu? DOP erat sekali dengan mengurusi hal-hal yang berbau sinematografi, bertanggung jawabdalam urusan visual suatu film, mengubah naskah menjadi visual. Ini salah satu karya Bella Panggabean yang kemarin ia tunjukkan kepada kami saat acara berlangsung.



Ketika melihat hasil videonya saya berdecak kagum dan berpikir kok bisa pas ya mulai dari editing video, soundnya, pengambilan gambarnya, tak ada celah sedikitpun. Termasuk salah satu video yang Bella buat saat sedang melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api, komposisinya pas banget! Padahal ia mengambil gambar tersebut hanya dari tempat duduknya saja, dan ia mengambil beberapa angle, dipadukan dengan sound yang pas, video ini bercerita tanpa kata-kata.


Lalu Bagaimana sih teknis untuk membuat suatu video Blog bagi pemula?

Sama halnya dengan blog, untuk memulai suatu vlog kita juga harus konsisten dengan konten yang akan kita ciptakan. Misalnya, saya dari awal sudah membawa blog ini kedalam niche parenting/family blog maka video blog yang saya buat gak jauh-jauh seputar parenting atau family seperti review tempat wisata yang kids friendly, cooking time, moms talk seputar motherhood. Buat script dahulu alur cerita seperti apa yang akan kita sampaikan. Setiap cerita yang kita buat harus punya awalan, pertengahan, dan akhir.

Perhatikan target audiens kita siapa, hal ini berpengaruh terhadap bahasa apa yang akan kita gunakan saat mebawakan vlog tersebut. Seperti apa yang Almeida lakukan, meski ia tinggal di luar negri, ia tetap menggunakan baha Indonesia karena audiensnya rata-rata orang Indonesia.

Bangun interaksi dengan penonton. Suka lihat kan youtuber di akhir videonya ngomong “jangan lupa yaa like, subscribe, dan komen video ini..” hal tersebut adalah salah satu bagian untuk membangun interaksi dengan audiens kita.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat video?

1. Sarana untuk membuat video


Dulu ketika saya melirik youtuber kece sekelas Arief Muhammad, Agung Hapsah saya mundur teratur ketika mengetahui “peralatan perang” mereka. Semuanya diluar budget saya. Tetapi untuk membuat suatu video blog kita bisa kok memanfaatkan “peralatan perang” yang ada, dengan menggunakan kamera handphone, action cam, DSLR, Mirorless. Belajar saja dulu dengan peralatan yang ada sembari jalan memperbaiki dan mengimprove kualitas video blog kita.

2. Rule of Thirds

Seperti mengambil foto, dalam merekam sebuah video baiknya memperhatikan rule of thirds atau komposisi objek yang akan kita ambil. Tidak melulu harus selalu ditengah agar balance dan gak monoton. Perhatikan juga pencahayaan, jangan sampai membelakangi cahaya, yang ada video yang dihasilkan menjadi gelap.

3. Watch headspace
Perhatikan celah diatas kepala, sebaiknya sisakan ruang di atas kepala namun jangan terlalu renggang dan juga terlalu sempit.

4. Background
Perhatikan jarak saat pengambilan gambar dengan background. Hindari meletakkan objek terlalu dekat dengan background, beri jarak setidaknya satu meter agar telihat background menjadi bokeh dan gambar memiliki kedalaman.

5. Lighting
Pencahayaan yang baik ada pada natural light yang terletak pada golden hours yaitu saat matahari lagi cantik-cantiknya di jam 7 – 9 pagi dan 3 – 5 sore. Jika sulit mendapatkan pencahayaan dari matahari langsung, mau tak mau kita perlu lighting kits seperti ring light yang banyak digunakan oleh beauty vlogger.

6. Sound
Agar hasil suara terdengar jelas dari video tersebut biasanya kita memerlukan mic tambahan atau wireless microphone.

7.  Musik
Untuk membangun kenyamanan audience saat menonton video kita, musik pendukung menjadi penting. Sesuaikan musik dengan konten video yang kita buat, kalau videonya liburan bersama keluarga tentu kita mencari musik yang fun dan happy.

Mengenal Lebih Dekat WINDOWS 10


Setelah pemaparan dari Bella Panggabean tentang bagaimana membuat video blog menjadi kekinian, kali ini team dari tim Microsoft yang memperkenalkan produk terbarunya yaitu Windows 10 creator update. Di windows 10 securitynya lebih baik karena adanya windows defender, selain tiu terdapat windows 10 fall creator dengan paint 3D, dan photo slideshow. Dalam hal editing video juga lebih mudah sama seperti halnya pengoperasian windows movie maker namun di windows 10 ini lebih mudah dan fitur yang disajikan juga semakin canggih.


Range harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal di angka 1,7jutaan untuk memiliki windows 10 secara ASLI. Jika kalian telah menggunakan windows asli seri sebelumnya, kalian tinggal melakukan proses upgrade yang sifatnya gratis. Windows 10 ini merupakan sebuah inovasi baru dari Microsoft dengan meluncurkan windows as a service, jadi tidak lagi hanya berupa sistem operasi saja. Microsoft berkomitmen untuk terus melakukan upgrade kepada semua perangkat, selama perangkat tersebut memiliki kebutuhan yang mendukung versi terbaru dari sistem operasi, maka kalian akan selalu mendapatkan versi terbaru dari sistem operasi ini.

Sebelum kamu ingin upgrade ke Windows 10. Kamu harus memastikan bahwa hardware yang kamu miliki memenuhi standard requirement Windows 10 agar bisa lancar menjalankan Windows 10. Berikut ini adalah system requirement dari Windows 10.
·         Processor : 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
·         RAM : 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
·         Hard disk space : 16 GB for 32-bit OS 20 GB for 64-bit OS
·         Graphics card : DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
·         Display : 1024×600

Dengan diduukung sistem operasi windows 10 tersebut, edit video blog menjadi lebih mudah. Seperti yang Bella katakan Just Shoot it!


Tetang Bhinnekacom, Indonesia’s No.1 Online Store



Bhinnekacom sebagai E-commerce pertama di Indonesia bukan hanya menawarkan melainkan juga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi customer dalam berbelanja. Menyediakan berbagai produk yang menunjang aktivitas dan bisnis. Harga yang ditawarkan-pun terjangkau. Ditambah lagi customer bisa menikmati layanan transaksi di tempat (COD), fasilitas cicilan 0% juga bisa kita dapatkan disana. Website www.bhinneka.com tak hanya menawarkan berbagai peralatan gadget, elektronik saja namun juqga bisa kita temukan kebutuhan rumah tangga, home appliances, produk kecantikan dan kesehatan, hingga perlengkapan bayi.

Terima kasih Bhinneka community zone dan Kumpulan Emak Blogger atas undangannya!

Informasi lebih lanjut tentang Bhinnekacom
Website : www.bhinneka.com
Youtube : Bhinnekacom
Facebook : Bhinnekacom
Twitter : Bhinnekacom
Instagram : bhinnekacom


terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
2 comments on "CARA MEMBUAT VIDEO BLOG UNTUK PEMULA ALA BELLA PANGGABEAN"
  1. Sharing nya keren mba ...Berguna banget bagi kita yang masih belum PeDe bikin Vlog :)

    ReplyDelete
  2. salam kenal mba ayu... belanja-belanja kita di Bhinneka ya...abis belanja kita bikin vlog nya, nerapin ilmunya langsung

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature