ANAK KUAT DARI DALAM DENGAN NUTRISI ALAMI DAN PENCERNAAN YANG SEHAT


Sejak dinyatakan positif hamil, semua Ibu pasti mendambakan anaknya tumbuh kembang dengan sehat. Sejak dalam kandungan nutrisi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh pasti diperhatikan dengan baik. Apalagi ketika si kecil lahir, sebagai Ibu pastinya ingin memberikan yang terbaik. Masa-masa MPASI  menjadi masa yang penuh warna buat saya. Fase mendadak Arsyad mengalami GTM (Gerakan tutup mulut), bahkan pernah dalam satu minggu Arsyad menolak untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Ujung-ujungnya Arsyad mengalami konstipasi. Konstipasi atau sembelit pada anak merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan, banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut terjadi salah satunya kurangnya asupan nutrisi dari sayur dan buah sehingga sulit untuk buang air besar dan anak mengeluh rasa sakit pada daerah perut. Kalau sudah susah Buang air besar, saya tidak tega melihat raut wajahnya saat mengejan.

Panik? Sudah pasti dan berbagai cara saya lakukan agar ia bebas dari konstipasi. Sejak ia mengalami susah buang air besar, saya mencari cara bagaimana dia segera keluar dari fase GTM akan sayur dan buah. Saya coba membuatkan popsicle buah, membuat nugget ayam yang dicampur dengan wortel dan brokoli, jus buah dengan menggunakan sedotan yang menarik, dan cara lainnya agar asupan nutrisi yang baik terus masuk kedalam tubuhnya.

Ternyata saya tidak sendiri mengalami hal tersebut, banyak para Ibu yang mempunyai pengalaman yang sama seperti saya. Sabtu, 2 Desember 2017 di Restoran Kembang Kencur, Pejaten dalam acara Mums Blogger Gathering “Nutrisi dalam Keadaan Alami, Kuat dari Dalam” yang diadakan oleh Friso, banyak para Ibu yang berbagi pengalamannya seputar masalah asupan nutrisi dan pencernaan yang sehat.


Hadir 3 nara sumber dalam acara tersebut diantaranya dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK (Dokter spesialis gizi klinik), dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes (dokter spesialis anak), dan dr. Rulli P. A Situmorang (Medical Marketing Manager Friso).  Menurut ketiga pakar tersebut sebagai orangtua penting sekali untuk tahu dan memastikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh anak mempunyai kandungan gizi dalam keadaan alami karena berperan penting bagi tumbuh kembang anak sehingga dapat memberikan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat diserap baik oleh sistem pencernaan.

PENTINGNYA NUTRISI YANG TEPAT  & KESEHATAN PENCERNAAN DALAM MASA TUMBUH KEMBANG ANAK

dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK (Dokter spesialis gizi klinik)

dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK (Dokter spesialis gizi klinik) menyampaikan bahwa Status gizi anak dalam masa pertumbuhan berperan penting terhadap perkembangan fisik, sosial, dan juga mental maka di masa tumbuh kembang, anak-anak kita butuh beragam jenis nutrisi mulai dari makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien termasuk karbohidrat, protein, dan lemak sedangkan mikronutrien termasuk vitamin dan mineral dari bermacam-macam jenis pangan.

Jika asupan nutrisi baik terpenuhi maka anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik, selain itu emosinya juga cenderung stabil, dan daya konsentrasinya juga jauh lebih baik.

Lalu sebagai ibu bagaimana untuk mengetahui apa saja nutrisi yang baik itu? Kita harus memperhatikan pedoman umum gizi seimbang.

pedoman umum gizi seimbang

Selain itu perhatikan cara pengolahan makanan tersebut. Pengolahan makanan sangat berpengaruh terhadap kandungan nutrisi bahan makanan yang akan kita makan. Hayoo siapa yang suka menghangatkan sayur berkali-kali? Ternyata hal tersebut dapat mengurangi kandungan gizi makanan tersebut. Ada denutrisi protein ketika protein dipanaskan dalam suhu yang tinggi. Lain halnya dalam mengolah daging, memasak daging harus benar-benar matang karena kalau tidak maka bakteri yang ada didalamnya belum seluruhnya mati.

kandungan nilai gizi pada bahan makanan

Berikut tips Mengolah Makanan agar Kandungan Nutrisi Alami dalam Bahan Makanan Tetap Terjaga :
  • Protein : mengurangi digoreng deep fried, lebih baik kukus, rebus, tumis, pepes, panggang
  • Sayuran : rebus jangan terlalu lama (overcooked à vit berkurang), kukus, tumis sedikit minyak
  • Susu : pilih susu dengan protein dalam bentuk alami
Hal tersebut juga berlaku dalam pemilihan susu, dr. Diana menyarankan agar untuk memilih produk susu dengan kandungan proteinnya utuh dan tidak rusak.

Nutrisi dalam keadaan alami yang tetap terjaga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak karena nutrisi tersebut dapat terserap dengan sempurna. Nutrisi tersebut perlu dicerna dan diserap dengan sempurna oleh saluran pencernaan anak agar manfaatnya dapat dirasakan oleh organ tubuh yang membutuhkan.

dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes (dokter spesialis anak) menjelaskan bahwa jangan sepelekan kesehatan sistem pecernaan. Sistem pencernaan manusia itu adalah penghubung antara tubuh dengan dunia luar. Hal tersebut dikarenakan sistem pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakannya untuk memastikan tubuh bekerja. Bila kita mengasup makanan dan minuman dalam keadaan alami, sistem pencernaak kita menyerap lebih mudah, dan resiko terjadinya masalah pencernaan menjadi lebih kecil.

Jika pencernaan terganggu umumnya anak akan tidak nyaman dalam beraktvitas, nafsu makan menurun sehingga asupan nutrisinya kurang, tidak bergairah untuk bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitar. Agar pencernaan anak sehat apa yang harus kita lakukan? Perhatikan tiga hal di bawah ini :

  1. Berikan nutrisi sehat, lengkap, seimbang dan berkualitas bagi anak
  2. Terapkan gaya hidup bersih dan sehat dalam keseharian
  3. Cegah penyakit pencernaan dengan imunisasi
ANAK KUAT DARI DALAM BERSAMA FRISO

Seperti yang dikatakan dr.Diana dan dr. Aulia pemilihan susu yang tepat juga menjadi faktor penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Susu mempunyai manfaat sebagai pelengkap nutrisi harian, kandungan gizinya relatif lengkap (sumber protein, kalsium, dan lainnya), mudah dicerna, dan rasanya enak.


Untuk membantu anak-anak menjadi kuat dari dalam di masa tumbuh kembangnya, Friesland Campina, perusahaan penghasil susu terbesar di dunia menghadirkan produk susu premium Friso. Friso diolah dengan menerapkan konsep Nature science yang artinya seluruh proses produksi mulai dari pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga pemrosesan akhir produk dilakukan sendiri ol;eh FrieslandCampina.


Menurut dr. Rulli P. A Situmorang (Medical Marketing Manager Friso) “dalam konsep tersebut kami menerapkan metode single process yang mengolah dari bahan baku susu segar hingga menjadi produk Friso dengan satu kali pemanasan saja.” Beliau juga menyampaikan bahwa metode ini digunakan untuk memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alami yang terkandung dalam susu tetap terjaga.


Friso diproduksi dengan teknologi locknutri yang menjaga kualitas protein dalam susu agar mudah dicerna dan diserap oleh anak, karena protein adalah zat penting untuk mendukung proses tumbuh kembang anak.

“Dengan keistimewaan teknologi dan proses produksi kami ini, maka Friso dapat membantu anak-anak tumbuh kuat dari dalam, sehingga mereka dapat tumbuh kembang dengan optimal dan melakukan berbagai aktifitas seru yang menambah pengalaman mereka.” Jelas dr.Rulli.


Melalui blogger gathering ini semua ilmu tentang nutrisi alami, konstipasi, dan tumbuh kembang anak bisa saya dapatkan secara lengkap. Terima kasih Blogger Perempuan dan Friso.




Informasi lebih lanjut :
Website: www.friso.co.id
Facebook: Friso Indonesia
Instagram: @frisopopupplay
 terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
17 comments on "ANAK KUAT DARI DALAM DENGAN NUTRISI ALAMI DAN PENCERNAAN YANG SEHAT"
  1. Friso memang enak sih ya, bisa jadi karena one single process nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa manisnya pas kalau menurutku

      Delete
  2. Wah berguna banget infonya mba,, selama ini kalau untuk urusan makan, selagi anak masih mau "mangap" aku pasti kasih. Ternyata bener2 harus diperhatiin gizinya ya jangan malah nanti jadi sampah diperut anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba wen. Salah proses bahan makanan kayak terlalu lama ngerebus gitu ternyata bisa ngilangin nutrisi

      Delete
  3. Dulu sebutannya 4 sehat 5 sempurna, sekarang gizi seimbang :)
    suka sedih juga kalau lihat keponakan bermasalah sama pencernaan, sering bad mood :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dewasa aja kalau bermasalah sm pencernaan rasanya gak enak, gimana si kecil ya mba

      Delete
  4. Aku sebenernya penasaran, teknologi locknutri itu cara kerjanya gimana. Kmren mau tanya ke narsum tp gkndpt kesempatab bertanya euy. Syedih. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa sedih ga bisa ngelanjutin pertanyaanya, coba ke fanpage facebooknya aja mba atau di grup messengernya

      Delete
  5. Aku masih suka ngangetin sayur, padahal gak bagus ya, nutrisinya udah hilang, hiks. Nice share..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, aku juga sama msh suka ngangetin sayur. Dari acara ini jadi kalau masak sayur secukupnya aja untuk sekali makan sekeluarga

      Delete
  6. Pernah ngalamin anak kosntipasi sampai GTM. Panik iya, tapi lebih ke pemikiran, duh apa ya yang salah...

    ReplyDelete
  7. Friso lengkap banget ya... Jadi pengen stok buat rayyan nih

    ReplyDelete
  8. Masalah konstipasi sama diare, ini yang sering dialami sama anak2 ya Mba. Salah memilih dan mengelola makanan dan minuman bisa bahaya dan mengurangi kandungan nutris alaminya

    Bersyukur hadir di acara ini, jadi makin nambah dech ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba aku bersyukur banget bisa hadir di acara ini

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature