Liburan ke Keraton Surakarta Hadiningrat, Seru!

Sumber foto 

Bulan Desember sudah di depan mata, sudah ada rencana menghabiskan liburan akhir tahun dimana? Saya sih berencana untuk menghabiskan akhir tahun di tanah Jawa Tengah saja. Entah kenapa saya seperti memiliki keterikatan batin dengan wilayah Solo, Klaten, Jogja. Mengeksplor daerah tersebut tak pernah ada habisnya dan banyak tempat wisata keluarga yang murah meriah.

Mulai dari tempat wisata yang memacu adrenalin sampai wisata budaya daerah yang bisa kita perkenalkan pada anak-anak kita semua ada. Komplit! Solo salah satu destinasi favorit saya. Mulai dari keramahan penduduknya, wisata kulinernya, pengrajin batiknya, sampai kunjungan ke Keraton.

Tidaklah lengkap rasanya jika liburan ke Solo kalau nggak mampir ke Keraton Surakarta Hadiningkrat. Selain menjadi tempat wisata di Solo, ada banyak hal yang bisa kita pelajari di kompleks keraton yang masih terjaga keindahannya hingga sekarang.

Mudah Dijangkau

Lokasi Keraton Surakarta Hadiningrat bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi dengan mudah. Namun biasanya pengunjung memilih untuk naik delman untuk masuk ke dalam kompleks keraton, karena sensasinya berbeda dan lebih menyenangkan.

Jam Operasional

Sumber foto ichcap.org

Setiap hari, Keraton Surakarta Hadiningrat dibuka untuk umum pada pukul 09.00 – 14.00. Namun pada hari Sabtu dan Minggu, jam buka diperpanjang sampai pukul 15.00 WIB, dan tutup pada hari Jumat.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke dalam kompleks, masing-masing pengunjung dikenakan tiket yang dibedakan antara rentang usia dan status kewarganegaraan. Untuk pengunjung lokal di atas tiga tahun, tiket masuk perorangan dipatok dengan harga Rp 10.000 per orang. Namun jika masuk berombongan dan jumlahnya lebih dari 40 orang, tiketnya jadi Rp 8.000 saja per orang.

Sementara untuk turis asing, hanya berlaku hanya perorangan saja, dengan tiket Rp 15.000 untuk satu orang. Dan untuk balita di bawah tiga tahun, bisa masuk tanpa tiket alias gratis.
Tiket ini masih belum termasuk izin mengambil gambar, yang ditarik tiket Rp 500 per orang.

Tata Tertib Pengunjung

tembi.net

Meski semua orang diperbolehkan masuk ke dalam kompleks keraton, namun semua wisatawan harus menaati peraturan yang ada di sana. Seperti tidak diperbolehkan memakai topi, kacamata hitam, celana pendek, rok pendek, sandal dan jaket.

Jadi, pastikan kamu memakai baju yang sopan pada saat jalan-jalan kesini agar diperbolehkan masuk ke dalam kompleks. Dan khusus untuk perempuan, sebaiknya tidak memakai atasan berupa tank top atau baju lengan pendek. 

Selain itu, pengunjung juga dilarang membawa makanan dan minuman dari luar kompleks keraton. Dan juga dilarang untuk merokok di dalam kompleks Keraton Surakarta Hadiningrat.

Masih Ditinggali Keluarga Raja

Hingga saat ini, Keraton Surakarta Hadiningrat masih ditinggali oleh Raja dan keluarganya. Di momen tertentu, kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan yang ikut merayakan berbagai upacara adat Jawa yang masih dipegang oleh masyarakat Solo.
Upacara sekaten, grebekg syawal, grebeg besar, tari bedoyo ketawang, adang daun tal menjadi salah satu upacara adat yang setiap tahun selalu dipadati oleh pengunjung. Semua orang boleh ikut merayakannya, termasuk wisatawan asing sekalipun.

Bangunan Terbaik

Sumber foto flickr
Di antara semua kerajaan yang ada di Jawa, Keraton Surakarta Hadiningrat disebut sebagai istana yang bentuk bangunannya paling indah. Yang paling ikonik dan megah di antara semua bangunan yang ada di Keraton Solo adalah Panggung Songgobuwono, yang merupakan menara di selatan pelataran Keraton Surakarta.

Di dalam keraton ini juga terdapat tempat penyimpanan koleksi benda sejarah yang amat berharga. Mulai dari gamelan, pusaka dan replikanya dan berbagai hadiah dari raja Eropa di masa lampau.

Dengan semua hal menarik yang ada di dalam Keraton Surakarta Hadiningrat, tak heran kalau istana ini menjadi tempat wisata di Solo yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Kamu juga tertarik untuk liburan ke sana?

terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature