TANYA JAWAB TENTANG DOULA



Saat ini pertanyaan tentang #kapanAdikuntukArsyad mulai sering datang mampir ke telinga saya. Dalam hati saya mengamini karena jujur saya sendiri tidak KB karena saya takut. *cemeeen banget emang anaknya. Yaudalah yaa sudah sama-sama paham mari atur jarak #adikuntukArsyad sesuai dengan kuasa Allah. *pembelaan

Tenang kali ini saya gak mau curhat masalah itu sih soalnya curhatannya bisa panjaaaaang banget. Sudah hampir tiga tahun saya berteman dengan sesorang yang berprofesi sebagai DOULA, beliau guru saya sewaktu saya mengikuti kelas prenatal yoga di BKT Duren Sawit saat hamil Arsyad, beliau juga salah satu bagian dari pengurus GBUS  (Gentle Birth Untuk Semua). Namanya Diana, Ibu dari satu orang anak, yang saat ini mendedikasikan hidupnya untuk mendampingi proses persalinan para ibu, sebagai doula.

Sebenarnya kalau di luar negri doula ini profesi yang sudah diakui, bahkan jika kita melakukan pendampingan persalinan dengan doula sudah tercover oleh asuransi.  Sayangnya di negara kita belum seperti itu L. Kalau dari kalian ada yang sedang hamil dan ingin menggunakan jasa doula untuk pendampingan persalinan, ini dia tanya-jawab saya dengan mba Diana tentang apa sih Doula itu?

APA SIH DOULA ITU MBA?

Kata “ doula “ berasal dari bahasa yunani yang artinya women caregiver  atau hamba perempuan dalam bahasa indonesia diterjemahkan “wanita yang menjaga”.
Sekarang kata doula digunakan untuk mendeskripsikan sebagai seseorang yang terlatih dan berpengalaman menemani persalinan, yang menyediakan calon ibu dan suaminya dukungan emotional, kenyamanan fisik dan mendampingi mereka untuk mendapatkan informasi sebelum (antenatal)/selama kehamilan, selama (inpartu) dan setelah melahirkan (postnatal).

SEJAK KAPAN MBA DI MENGGELUTI PROFESI INI?

Secara profesional menggeluti setelah mengikuti workshop Eat Pray Doula di Bali 2015. Namun pendampingan persalinan secara langsung maupun tidak langsung (online) saya lakukan tahun 2012 tepatnya setelah menggeluti hypnobirthing.

UNTUK MENJADI DOULA HARUS ADA SERTIFIKASINYA YA MBA?

Bagi yang ingin bekerja secara profesional dan mempelajari secara resmi mengenai seluk beluk doula dan apa saja pengetahuan serta tehnik yang dibutuhkan doula dalam mendampingi klien diwajibkan untuk mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasinya.

TUGAS SEORANG DOULA APA SAJA MBA?

Menyediakan dukungan moril dan emosional dan kenyamanan fisik (relaksasi, gerakan, pijatan dll), serta memberikan pandangan yang objektive dan mendampingi para kliennya untuk mengetahui informasi yang dibutuhkannya untuk membuat keputusan yang terbaik. Lalu Mengenal dan memahami fisiologi kehamilan dan kelahiran dan kebutuhan emotional selama persalinan, memfasiltasi dan menjembatani komunikasi antara klien, pasangannya dengan provider kesehatannya (bidan, dokter dan RS/klinik tempat bersalin), dan menjaga dan membantu para klien mendapatkan memory yang baik tentang persalinan.


APA SAJA SIH MANFAAT MELAHIRKAN DENGAN PENDAMPINGAN DOULA?

Penelitian yang dilakukan oleh Hodnet and colleagues tahun 2011 terhadap 15.000 wanita yang terlibat dalam 21 percobaan menyebutkan bahwa perbandingan antara para wanita yang mendapatkan pendampingan dan dukungan secara memiliki kemungkinan lebih besar untuk kelahiran spontan pervaginal, lebih sedikit kecenderungan menggunakan obat mengurang nyeri dan epidural, proses persalinan berlangsung lebih cepat, memiliki pengalaman persalinan yang lebih positif, bayi yang baru lahir memiliki skor apgar yang bagus dan meminimalkan persalinan dengan intervensi seperti vakum atau forcep dibandingan dengan wanita yang tidak mendapatkan pendampingan yang terus menerus selama persalinan.

SUKA DUKA SELAMA MENJADI DOULA APA SAJA MBA?

Menjadi seorang doula menurut saya harus memiliki passion yang besar dan mencintai bidang ini. Sehingga semua yang kita lakukan atas dasar cinta maka akan kita jalani dengan senang hati.

Suka nya alhamdulillah lebih banyak ya, banyak klien yang melewati persalinannya dengan bahagia dan mendapatkan pengalaman positif dan persalinan yang minim trauma. Terkadang tiba tiba ada yang mengirimkan atau memberikan bingkisan diam diam.

Dukanya terkadang kita harus menemani klien di malam hari, sehingga mau tidak mau kita harus stand by dan kurang tidur terlebih keesokan harinya masih ada hal yang harus dilakukan hehehee sepertinya yang ini hampir dialami semua doula yang kliennya melewati proses persalinan di malam hari. Tapi pengalaman seperti itu adalah pengalaman yang membahagiakan buat para doula.


BIASANYA MENANGANI BERAPA KLIEN DALA SATU BULAN?

Pendampingan yang saya lakukan tidak terbatas pada pendampingan secara langsung di hari H namun juga pendampingan tidak langsung (online). Untuk pendampingan online hampir setiap minggu ada bisa sampai 3 atau 4 orang. Untuk mendampingan langsung masih terbatas saya lakukan biasanya sebulan ada 1 orang.

BAGAIMANA KERJASAMA YANG DILAKUKAN DENGAN TENAGA MEDIS LAINNYA SEPERTI DOKTER DAN BIDAN?

Kerjasama dengan tenaga medis seperti bidan atau dokter mutlak harus dilakukan ya. Pertama mengenal mereka dengan baik memperkenalkan diri dan menjelaskan batasan dan koridor  sebagai doula jika mereka mebutuhkannya informasi tentang tugas doula. Hubungan mutualisme yang terjalin baik akan memberikan manfaat yang positif juga bagi para klien.

NAH KALAU MENGENAI RANGE BIAYA BAGAIMANA MBA?

Range biaya doula saat ini masih relatif disesuaikan dengan kebutuhan klien dan kondisi doula yang saat itu mendampingi. Misal ada pendampingan secara penuh selama proses melahirkan dari awal sampai selesai atau ketika di saat yang sama si doula ini hanya bisa menemani dari pertengahan proses sampai bayi lahirnya misal karena terhambat dalam perjalanan karena macet atau ada urusan sebelumnya. Jadi profesional fee juga disesuaikan dengan kondisi real timenya.

APA PENDAPAT MBA DIANA TENTANG SEBUAH PROSES KELAHIRAN?

Proses kelahiran sejatinya adalah proses yang sangat alamiah dari sejak manusia pertama diciptakan yaitu adam dan hawa. Proses kelahiran ini juga sebuah proses yang sangat  transformational bagi seorang wanita, menjadi seorang yang baru lagi, tidak hanya sebuah proses kelahiran bayi saja, tapi juga sebuah proses kelahiran ibu baru dan ayah baru.

Proses kelahiran adalah sebuah momentum yang terekam dalam memory seseorang yang akan diingatnya seumur hidupnya, sehingga bagi saya sebuah proses kelahiran harus dilakukan secara sadar dan semua kebutuhan fisik, psikis dan emosional ibu harus dipenuhi. Ketika semua kebutuhan ibu melahirkan dipenuhi maka secara langsung ataupun tidak langsung akan memberikan pengalaman positif dan minim trauma bagi ibunya apapun metode persalinannya, baik itu pervaginal, dengan intervensi ataupun secara SC.

Semua wanita berhak mendapatkan pengalaman yang positif selama proses melahirkan dan yang diharapkan ketika seseorang ditanya apa pandangan tentang proses melahirkan satu kata yang terngiang adalah kata kata yang indah dan penuh cinta.

Nah kalau ada yang ingin konsultasi atau menggunakan jasa mba Diana bisa langsung follow akun instagramnya di @douladiana atau kalau ada bumil yang tinggal domisili di bekasi, mba Diana dan tim GBUS (gentle birth untuk semua) setiap hari minggu mengadakan prenatal yoga di Kemang Pratama depan Sportclub. Jadi bisa langsung datang ketemu dan tanya-tanya lebih detail lagi.

Jadi siapa yang sudah pernah melakukan persalinan dengan pendampingan doula? Yuk share pengalamannya di kolom komen!


 terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature