INDAHNYA UMBUL PONGGOK KLATEN, KAMU WAJIB KESINI!



Libur lebaran kemarin selain mengunjungi kota kelahiran ayah Aik kami sekeluarga juga bersilaturahmi sekaligus berlibur di Klaten. Buat saya Klaten menjadi salah satu kota “pelarian” yang cukup menenangkan. Penduduknya yang ramah, harga jajanan yang super murah, alam yang indah, dan suasana yang menenangkan yang belum pernah saya temui di kota lain. Klaten menjadi tempat yang almarhum papa saya pilih untuk berpulang saat ramadhan tahun lalu. Itulah kenapa Klaten menjadi kota yang menenangkan untuk keluarga kami.

Jarak dari Semarang ke Klaten kami tempuh selama 4 jam. Hari pertama di Klaten kami memilih untuk beristirahat dan menghabiskan malam di Solo baru untuk menikmati sego liwet dan ceker kuah yang super enaaaaak. Hari kedua kami berkunjung ke Candi Prambanan dan Tebing Breksi ( Nanti saya post tersendiri ya ceritanya), hari ketiga kami mengunjungi Umbul Ponggok. Sebenarnya saya sudah lamaaa banget ingin tahu Umbul Ponggok seperti apa, jarak antara rumah kakak saya dengan Umbul Ponggok hanya 15 menit tapi kalau mau kesana ada aja halangannya.


Umbul Ponggok ini sebenarnya sudah ada dari zaman Belanda. Dulu kata kakak ipar saya kalau mau ke Umbul Ponggok tinggal mengayuh sepeda sampai di depan pintu gerbang ia tinggal loncat saja ke dalam air. Tempat ini digadang-gadang menjadi Bunakennya Klaten. Kolam renang alami ini rata-rata kedalaman 1,5m – 2,6m. Dasar dari Umbul Ponggok ini masih sangat alami, ada hamparan pasir, bebatuan, dan berbagai ikan warna-warni sehingga suasanya benar-benar seperti berada di bawah laut. Air di Umbul Ponggok ini gak amis loh, karena mata airnya mengalir terus menerus.

Umbul Ponggok beberapa tahun terakhir jadi wisata hits di Klaten, tempat ini dijadikan salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi ketika ke Klaten. Ada apa aja sih sebarnya di Umbul Ponggok? Umbul Ponggok kerap dijadikan lokasi latihan diving, prewedding, dan yang favorit adalah tempat berfoto di dalam air dengan berbagai properti. Untuk harga tiket masuk, cukup murah meriah hanya Rp 15.000,-. Kalau kita mau sewa pelampung Rp 7.000, kaca mata renang Rp 13.000, dan kaki katak Rp 7.000. Untuk yang membawa anak-anak gak perlu khawatir karena di area Umbul Ponggok tersedia juga kolam renang khusus anak-anak.


Selain melakukan sesi pemotretan didalam air, kita juga bisa melakukan under water walker dengan perlengkapan yang cukup professional. Fasilitas penyewaan action camera juga disediakan.  Karena saya gak bias berenang jadi saya memilih under water walker. Fasilitas yang didapat 1 pemandu penyelam dan fotografer, perlengkapan menyelam. Awalnya saya takut banget karena yaa saya gak bias berenang, tapi sebelum menyelam saya dapat instruksi yang cukup menenangkan hati. Gak usah khawatir dengan kondisi kita yang tidak bias berenang karena tubuh kita dipasang sabuk pemberat, selain itu helm oksigen yang dipasang mempermudah kita untuk bernafas seperti biasa di alam air. Petugas juga memberitahukan aba-aba yang akan digunakan di dalam air seperti jika mengacungkan jempol itu artinya semua keadaan baik-baik saja, jempol bergoyang keatas tanda kita menyudahi aktifitas menyelam (naik keatas), melambaikan tangan itu artinya sang fotografer sedang mengabadikan momen video kita di dalam air.



video

Biaya untuk under water walker Rp 150.000,- sudah dapat foto, video, perlengkapan menyelam. Lain halnya dengan ayah Aik dia memilih berfoto di dalam air dengan menggunakan property sepeda ontel, karena dia jago banget berenang jadi yaa gak perlu khawatir deh saat sesi foto di dalam air. Biaya untuk foto di dalam air sewa sepeda ontel Rp 30.000,-, sewa kamera Fujifilm xq2 plus fotografer Rp 60.000 untuk 30 menit. Ohya harga ini harga saat libur lebaran yaaa, kalau hari biasa kata kakak saya sih lebih murah sedikit.

Tips berkunjung ke Umbul Ponggok
  1. Datang di pagi hari. Umbul Ponggok ini buka mulai dari jam 6 pagi lho. Suasana pagi masih sepi dan airnya masih jernih, sinar mataharinya juga oke banget, dan bisa dapat spot foto yang bagus.
  2. Titipkan barang di loker yang sudah disediakan. Harga sewa loker mulai dari 3.000. Biar bisa mengeksplore Umbul Ponggok dengan hati yang tenang dan barang-barang bawaan kitapun aman.
  3. Pastikan memori handphone dalam keadaan tidak full, karena selesai sesi foto atau menyelam file fotonya langsung di transfer ke handphone kita.
  4. Jangan lupa sarapan dan pemanasan dulu sebelum menyelam yaa. Airnya dingin, takut nanti masuk angin *nasehat emak-emak :p
  5. Siapkan uang cash karena disini tidak ada system debit.

Saya ketagihan under water walker, kalau mudik ke Klaten pasti mau kesini lagi!
terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
2 comments on "INDAHNYA UMBUL PONGGOK KLATEN, KAMU WAJIB KESINI!"
  1. Sering liat ada yang posting ini. Nggak perlu ke underwater sea beneran kan? Hehehe.

    ReplyDelete
  2. Memnag lg hitz banget ya tempat ini. Konsepnya memang unik

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature