#ARSYADBIRTHDAYTRIP TAMAN SAFARI INDONESIA



Tanggal 2 mei kemarin Arsyad genap menginjak usia 2 tahun. Rasanya nano-nano buat saya sebagai ibu, yang terbayang oleh saya adalah tantangannya akan semakin besar, dan pekerjaan rumah saya sebagai orangtua akan semakin banyak. Dari mulai menyapih, toilet training, dan drama toddler lainnya. Tapi itulah tugas orangtua, proses belajarnya sepanjang hayat. 

Kemarin kami memutuskan untuk membuat perayaan ulang tahun dengan jalan-jalan. Ya sepertinya ini akan jadi ritual keluarga kecil kami. Dari birthday trip kemarin terasa sekali bonding dari kami bertiga semakin kompak dan jadi momen yang tak terlupakan. Tujuan destinasi kami kemarin memang gak jauh-jauh dari Jakarta, cukup ke puncak aja. Tujuan utamanya adalah ke Taman Safari, sebenarnya saya pengen sekalian nginep di Royal Safari Garden, tapi kondisi hotelnya lagi direnov jadi agak kurang nyaman. Kami berangkat ke Taman Safari pas tanggal  2 Mei, ayah Aik sengaja ambil cuti untuk anak kesayangannya ini. Kenapa memilih hari kerja, karena ya seperti yang kita ketahui sendiri kondisi jalanan Puncak sama sekali gak bersahabat waktu weekend bahkan long weekend. Alhamdulillah kemarin keputusan yang sangat tepat, berangkat jam setengah 7 dari Rawamangun sampai Puncak jam 8. Jalanannya gak padat sama sekali, akhirnya kami memutuskan untuk naik keatas sebentar sembari menunggu Taman Safari dibuka dan pemberhentian kami apalagi kalau bukan di kaefci, setelah itu gak lupa beli wortel untuk memberi makan binatang disana. :))


Jam setengah 9 kami memasuki area Taman Safari. Untuk harga tiket masuknya untuk Safari Day Dewasa Rp 150.000,- dan anak-anak 1-5 tahun Rp 140.000,-. Untuk mobil dikenakan biaya Rp 25.000,-. Bayi dibawah 1 tahun masih gratis. Untuk harga Safari Night sama kok tapi adanya hanya tiap malam minggu. Kemarin tapi Arsyad ga dihitung biaya masuk, saya juga bingung. Berkali-kali nanya ke mas-mas ticketingnya yang dihitung hanya dewasa sama mobilnnya. :P (mungkin gara-gara dia duduk dipangku kali yaaa)

Di pintu masuk ticketing, kami dibekali maps area Taman Safari. Area pertama yang kami kunjungi yaitu Free range wildlife, safari trek dengan mobil yang waktu tempuh sekitar 45 menitan. Kalau kita gak mau nyetir sendiri, Taman Safari menyediakan shuttle bus untuk berkeliling.
Setelah menyusuri area wildlife, kami mengunjungi amusement park dan animal show. Penting banget untuk tahu jadwal pertunjukan hewan-hewan yang ada.







JADWAL PERTUNJUKAN TAMAN SAFARI (SETIAP HARI)
ELEPHANT                                          11.30 & 16.30
VARIOUS ANIMAL                            11.30 & 15.00
TIGER SHOW                                      13.30 & 16.00
SEA LION                                            11.30 & 15.00
BIRD OF PREY                                    14.00 & 15.30
DOLPHIN                                            13.00 & 16.30
SAFARI THEATER                              14.30 (HARI BIASA)
                                                             13.30 & 15.30 (HARI LIBUR)
COWBOY SHOW                               13.30 & 15.30
GLOBE OF DEATH                             14.30 & 16.00

Alhamdulillah kemarin kami bisa menyaksikan tiger show, dolphin, sea lion. Kalau bird of pey, various animal karena kemarin pas jam pertunjukan turun hujan jadi pertunjukannya ditiadakan. Kami juga sengaja melewati cowboy show dan globe of death karena kurang rekomen menurut saya buat anak seumuran Arsyad. Selain ada banyak berbagai pertunjukan, di area amusement park ini ada baby zoo, area wahana permainan, area kereta gantung, area water park, area food court. Sayang kemarin pas kami kesana hujan, jadi gak sempat nyobain kereta gantung dan wahana permainan. Cuma ke baby zoo, lihat pertunjukan, lihat pinguin, dan foto-foto sama binatangnya. Untuk foto sama binatangnya dikenakan charge Rp 25.000,-. Kemarin saya dan Arsyad berfoto bersama singa laut.



Senang banget lihat ekspresi Arsyad seharian, dia happy banget akhirnya bisa mengunjungi tempat impiannya, karena sebelum mengunjungi Taman Safari ini, saya selalu bercerita banyak binatang disana seperti di buku-buku cerita yang sering saya bacakan. Selain itu juga saya mulai mengajarkan dia untuk menyisihkan uang sunatannya kemarin supaya bisa jalan-jalan kesini.




Tips jika berkunjung ke Taman Safari dari saya

  • Kalau mau berkunjung di akhir pekan, perhatikan jam buka-tutup area Puncak. Saran saya sih kalau mau kesini mending dihari kerja aja karena lebih kondusif.
  • Sedia payung dan jas hujan, namanya juga kawasan Bogor gak bisa ditebak kapan hujan akan datang. Tapi kalau tidak sempat membawa jas hujan atau payung, souvenir corner Taman Safari menjualnya kok harganya mulai dari Rp 30.000,- untuk jas hujannya.
  • Jangan lupa bawa jaket karena udaranya pas sore lumayan dingin.
  • Berangkat pagi, biar puas mengelilingi area Taman safari dan melihat berbagai pertunjukan binatangnya.
  • Sedia bekal makanan, karena rate makanan disana lumayan juga menurut saya. Untuk ukuran Safari fried chicken agak mahal dibandingkan kaefci.

Ohya ritual birthday trip ini ternyata sangat menyenangkan loh buat kami ketimbang buat perayaan ulang tahun di restoran fast food (aaah ini sih emang sayanya aja yang lagi bokek).

Sekali lagi ayah bunda ucapkan selamat ulang tahun ya nak.. tumbuh menjadi pribadi yang tangguh, bermanfaat buat sesama, sehat terus, bahagia selalu. Yang paling penting nak.. jangan lupa untuk selalu mencintai Allah SWT dan jadikan Al qur’an dan hadits sebagai pedoman hidup, jadilah manusia yang bermanfaat untuk sesama, dan bahagia dunia akhirat. Amin.


terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
1 comment on "#ARSYADBIRTHDAYTRIP TAMAN SAFARI INDONESIA"
  1. Udah berapa kali kesini tapi ga pernah sempet liat pertunjukan lumba-lumbanyaaa. Huhuuu. Selamat ulang tahun ya Arsyad, semoga kelak menjadi anak yang sholeh dan membanggakan mama papa ya ganteng.. Aaamiiinnn <3

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature