TENTANG MEMBATASI MAINAN ANAK


Tiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, apalagi kalau anaknya baru satu. Ada yang jor-joran banget kasih segala mainan ke anak, ditambah embel-embel “mainan edukasi” pasti segala rupa dibeli *eeeh apa itu saya aja yaak :D

Tapi makin kesini saya semakin sadar, bahwa yang Arsyad butuhkan bukanlah mainan yang seabrek. Lagipula arsyad belum genap 2 tahun jadi masih suka bosenan sama mainan, dia belum punya semacam mainan kesayangan. Yang Arsyad butuhkan dari orangtuanya adalah kehadiran yang sepenuh hati dan sepenuh tubuh ketika bermain bersama. *cieeeh uhuuuy

BACA PUNYA SILVA

Yaa memang sih dari dia bermain dengan mainannya disitu dia jadi belajar, melatih motoriknya baik itu motorik halus atau kasar. Mainan yang pertama kali saya beli untuk Arsyad adalah boneka sheahorse dari fisher price dan sukses sampai sekarang masih suka nemenin dia tidur. Masa anak cowok dikasih boneka? Yaa emangnya gak boleh? Boneka itu sukses menjadi teman tidurnya hingga detik ini walaupun sudah bau iler. :p

Jadi ada berapa mainan yang Arsyad punya? Serius ini bisa dihitung dengan jari karena pada akhirnya saya mensortir beberapa mainannya karena saya gak mau dia gak punya connection atau rasa memiliki sama mainannya. Saya gak mau dia tumbuh seperti saya yang punya keturunan agak-agak hoarder sama barang. Saya pengen dia seperti ayahnya yang sangat sayang dengan mainan-mainan masa kecilnya.

Saya agak surprise waktu mertua memberikan mainan robot-robotan suami saya waktu kecil. Mainan itu masih tersimpan dengan apik dan akhirnya bisa diturunkan ke Arsyad. Gak hanya mainan bahkan buku-buku ensiklopedia masa kecil milik suami saya masih ia simpan dengan baik.

Sebelum saya memutuskan untuk mensortir mainan Arsyad, saya sering memperhatikan ketika ia bermain dan dihadapkan pada container mainannya, dia akan terbalikin container mainannya lalu dia awur-awurin semua mainannya *bunda lelah naak

Jadi dia mainnya ya asal gitu, ga ada bondingnya ke mainan. Beda cerita kalau dia hanya dihadapkan dengan beberapa mainan, misalnya truk pasir, remote fisher price, dan sekop dia akan lebih meresapi permainannya.

Coba deh perhatiin meskipun anak kita punya mainan 1 container pasti yang kita liat kan anak kita bosen nih padahal aslinya mah kita orangtuanya yang bosen lihat dia mainannya itu lagi-itu lagi. Jadi yaa kita terus-terus- dan terus beliin mainan yang baru buat anak kita padahal si anak lagi mencoba attach sama si mainan tersebut.

Saya sih sekarang lebih kearah yang membatasi mainannya. Setiap dia mau bermain yaa dikeluarin aja beberapa mainannya, nah sisa mainan yang lain ya disimpan dengan rapi. Yang saya rasain Arsyad jadi lebih fokus ke mainan yang akan dimainkan satu persatu. Lagian udah banyak mainan saya juga masih heran karena dia lebih tertarik sama kabel chargeran, panci, dompet kartu, dan obeng di rumah. Jadi yaa kadang-kadang itu yang dimainin sama dia di rumah. :D

Nah intinya apa? Ya kalau saya sih intinya lebih ingin membatasi mainan yang Arsyad punya. Beli mainan sah-sah aja kok tapi yang paling penting adalah kehadiran kita sebagai orangtua saat ia bermain.

Kalau kalian gimana?

*lain lagi kalau soal buku anak sih soalnya saya masih agak-agak hoarder, mari bertaubat!

 terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
3 comments on "TENTANG MEMBATASI MAINAN ANAK"
  1. Kalau saya berpendapat, percuma membelikan anak mainan kalau orangtuanya nggak mau ikutan main. Itu aja, jd saya tetep belikan anak mainan dan saya ikutan main nemenin seolah2 saya teman sebayanya

    ReplyDelete
  2. Saya termasuk anak yang dulu pas kecil ga punya banyak mainan mbak.
    Kayanya banyak yang berakhir di tempat sampah karena saya preteli. Hehehe...
    Buku juga, sampai lecek dan sering diguntingi gambarnya. Jangankan diwariskan ke anak, ke adek aja uda ga berbekas. Jadi salut banget kalau suami mbak masih punya mainan jaman kecil...

    ReplyDelete
  3. Iya mba yang terpenting ortunya menyempatkan ikut main. Ponakan saya cowok juga punya boneka 😁 binatang dan tokoh kartun sih.

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature