SABTU PAGI DI KEBUN BINATANG RAGUNAN


Jadi Sabtu pagi kemarin kami sekeluarga memutuskan untuk mengunjungi kebun binatang yang paling hits di Jakarta, yaitu kebun binatang Ragunan. Dalam sejarah hidup selama 28 tahun di Jakarta, ini pertama kalinya saya kesana. Dulu semasa taman kanak-kanak saya seringnya mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah dan berbagai museum di Jakarta, alm. Papa saya setiap saya minta untuk mengunjungi Ragunan ada saja alasannya. Mulai dari yang katanya tempatnya kotor, bau, dan ramai.

Mungkin itu kondisi dulu ketika saya masih kecil, namun seiringnya berjalan waktu tentunya tempat ini mengalami perubahan yang pesat bukan? Awalnya sih saya maju mundur mau kesana, takut banget ramai, penuh, seperti yang sering diberitakan di TV. Berbekal modal nekat dan berangkat lebih pagi akhirnya kami tiba di lokasi pada pukul 9.00 pagi.

Suasananya begitu asri, areanya luas, dan yang paling penting bersih. Banyak pengunjung yang memanfaatkan area kebun binatang ini untuk sekedar berolahraga, ada juga yang memanfaatkan untuk piknik bersama keluarga tercinta, dan ada beberapa anak sekolah mulai dari taman kanak-kanak yang sedang melakukan kunjungan.

Harga tiket masuk kebun binatang Ragunan murah meriah bikin happy. Cukup Rp 7.500/ orang, karena Arsyad belum 3 tahun jadi gak bayar deh. Oh ya kalau yang sudah punya kartu Jackcard keluaran Bank DKI cukup top up saldo saja, karena bonbin ini pembayarannya sudah tersistem dan bekerja sama dengan Bank DKI.


Binatang yang pertama kali saya cari adalah gajah, beruntungnya kami karena memarkir mobil di dekat pintu utara yang dekat dengan area burung pelikan dan gajah. Masih kebayang wajah Arsyad yang super happy melihat langsung sosok gajah yang biasanya ia lihat di buku-buku bacaanya.

“Jaah..Jajaah..saaar..” (Gajah..gajah..besaaar) hihihi

burung pelikan
Lanjut kita ke area burung pelikan. Burung pelikan di danau cukup banyak sayangnya saat kami berkunjung bukan jam makannya si burung pelikan. Berkeliling area kebun binatang ini lumayan buat betis saya cenat cenut. Yaiyalah secara luas area ini 100 hektar lebih, tapi gak perlu khawatir karena di bonbin ini ada kereta mobil yang bisa membawa kita mengeliling area ini, lagi-lagi cukup hanya merogoh kocek Rp 7.500,-/orang.

horeee, naik tuuut tuuuut

Arsyad happy banget keliling naik kereta mobil ini. Kita diajak berkeliling melihat tempat karantina hewan yang sakit, melihat area jerapah, gajah, area primata Schmutzer. Kami ternyata bisa turun di area primata SCHMUTZER ini tanpa harus berjalan kaki. Lumayaaan sisss betis gempooor kalo jalan. Nah untuk masuk ke area ini, kita harus mengeluarkan tambahan biaya sekitar Rp 7.500,-/ orang dan lagi-lagi Arsyad nggak bayar. MAMAK HEPIIII! :D

kita top up saldo dulu yaa di pintu masuk Schmutzer


Di area primata SCHMUTZER ini yang jadi idola adalah gorila, orang utan, monyet, umang. Nah buat yang mau berkunjung ke area ini dan ingin melihat saat gorila makan, berkunjunglah di jam 9 pagi, jam 12, dan jam 3 sore. Oh ya memasuki area primata ini dilarang membawa makanan, nanti tas makanannya dititipkan di loker penitipan.





Di dekat area primata ini ada area sentral dan tempat main anak-anak. Ada seperti roller coaster mini, mobil-mobilan, dan permainan yang lain. Harga tiketnya masih murah meriah banget kok, mulai dari Rp 5.000/ permainan. Kayak bukan piknik di Jakarta yaa? Murah meriah bangeeet.


Setelah muterin area primata ini kami memutuskan untuk mengunjungi area gajah dan jerapah. Walaupun kebun binatang ini luas, sayangnya binatang yang ada tidak banyak. Primadona bonbin ini hanya gajah, jerapah, gorila. Entah saya yang kurang lama mengitari area ini atau hanya memang itu saja. Saya gak nemuin yang namanya zebra, harimau, singa, atau lainnya.

Ohya ada area children zoo, untuk masuk ke area ini hanya perlu mengeluarkan uang Rp 2.500,-/orang. Area ini isinya semacam playground gitu, sayang kami gak mampir kesana Cuma lewat saja.

Lelah mengelilingi Ragunan akhirnya kami memutuskan untuk gelar tiker di area piknik yang letaknya dekat dengan area jerapah. Biar arsyad makannya lahap ditemani jerapah. Hihihihihi. Yaaak bener aja makannya jadi lahap banget dan gak berapa lama dia bilang “ndaaa...pup..” tetooooot saya takut banget area kamar mandinya gak bersih dan ternyata saya salah. Kamar mandinya cukup bersih dan yang paling penting airnya mengucur deras.

area Jerapah
Ohya kami membawa bekal dari rumah demi semboyan “hemat pangkal kaya” buahahahahaha. Sebenernya ada juga sih area food court tapi rasanya yaa biasa aja, saya juga takut banget kalau “digetok” harganya pas makan jadi ambil yang ringkes aja dengan bawa bekal dari rumah. Kita ga perlu repot bawa tiker karena di dalam Ragunan banyak sekali jasa penyewaan tiker harganya sekitar Rp 15.000 sepuasnya. Kalau kita mau mengitari area ini dengan sepeda juga bisa. Untuk harga sewa sepeda single Rp 10.000,-/jam dan sepeda tandem Rp 15.000,-/jam.

Over all menghabiskan weekend tanpa ke mall dengan mengunjungi Kebun Binatang Ragunan menyenangkan sekali. Lagi-lagi kegiatan outdoor itu memang seru yaaa. Apalagi lihat ekspresi muka Arsyad yang super happy banget karena bisa lihat gajah dan jerapah idolanya. Saya juga bersyukur nasib bonbin ini tidak seperti di Surabaya. Kebun binatang Ragunan lebih jauuh terawat dan bersih. Rasanya kalau harga tiket masuk dinaikkan sedikit saja dan menambah lagi jumlah binatang yang bisa dilihat anak-anak masih reasonable.

Buat yang mau mengunjungi kebun binatang Ragunan saya punya tips nih

  1. Datang di pagi hari supaya cuacanya masih enak.
  2. Bawa stroller. Area ini cukup stroller friendly kok, yakin mau gendong anak sepanjang jalan mengitari Ragunan? Kalau aku sih NO. Hihihihi :p
  3. Jaga kebersihan yaa kalau bukan kita siapa lagi
  4. Jangan memberi makan kepada binatang di area ini yaa, ingat makanan binatang beda dengan makanan yang kita bawa. Masa gajah dikasih biskuit marie? Hehehe J
  5. Kalau mau bawa sepeda ke area ini bisa kok, cukup dengan tambahan biaya Rp 1.000/ sepeda.


Ini dia total biaya yang kami keluarkan saat mengunjungi Kebun Binatang Ragunan

Kartu Jackcard beserta saldo                        Rp 30.000,-
( sudah termasuk dengan mobil dan 2 orang dewasa @ Rp 7.500,-)
Area Primata Schmutzer Rp 7.500,- X 2     : Rp 15.000,-
Naik kereta mobil Rp 7.500,- X 2                : Rp 15.000,-
Sewa tiker                                                     : Rp 15.000,-
Total biaya yang dikeluarkan Rp             Rp 75.000,-

Selamat piknik ke Ragunan!terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
8 comments on "SABTU PAGI DI KEBUN BINATANG RAGUNAN"
  1. Aku belum pernah ke Ragunan, padahal ngetop banget ini ya. Dulu aku nggak suka ke bonbin krn bau, terpaksa saja krn anak2 pengin. Tapi skrg bonbin bagus2 & bersih2 ya, kyk di Malang & Jogja itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba sekarang sudah bersih, cuma binatangnya itu2 aja belum ditambah lagi

      Delete
  2. Ternyata kebun binatangnya bersih dan cantik ya mbak. Terlihat asyik buat sekedar wisata bareng keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayan bersih dan asik juga gelaran tiker dan makan bersama di bonbin ini

      Delete
  3. Wisata ke Ragunan emang murah meriah. Aku sama suami paling suka makan pecel lesehan disana kalau udah capek jalan-jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwwoh iya mba banyak banget tukang pecel, sayang kemarin aku nggak nyobain

      Delete
  4. bener, kalo sanggup bawa makanan dari rumah, mending bawa sendiri aja. Harga makanan di dalam mahal sekali dan rasanya biasa aja. Aku pernah beli es krim cup gitu, masa satu cup kecil harganya 15 ribu? Hiks hiks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin mau beli eskrim ini juga eh pas tau harganya terus gak jadi :D

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature