PENTINGNYA MENCIPTAKAN PREMIUM BONDING MOMENT BERSAMA BUAH HATI


Menjadi seorang ibu sekaligus wanita pekerja bukan hal yang mudah. Harus pintar membagi  waktu dan mengelola energi. Saya memilih bekerja karena dengan bekerja itu sudah menjadi bagian dari “me time” saya dan sekaligus membantu suami agar roda ekonomi keluarga terus berputar. Tak bisa dipungkiri rasa bersalah dan ketakutan pasti ada, ingin sekali resign dari pekerjaan tapi sampai detik ini saya belum siap.

Biasanya saya memulai aktifitas pada pukul setengah lima pagi. Menyiapkan bekal sarapan, makan siang untuk suami, lalu masak untuk kebutuhan makan arsyad, anak saya. Selepas itu lalu saya mandi, solat subuh, memandikan Arsyad. Tak lupa mengajaknya bermain sebelum saya pergi ke kantor. Saya harus pintar-pintar memanfaatkan waktu yang sedikit tapi juga berkualitas untuk anak saya. Disela-sela jam kerja tak lupa juga saya menanyakan kabarnya via telpon dan demi untuk tiba di rumah dengan cepat saya memanfaatkan fasilitas transportasi ojek online.

Saat akhir pekan apa lantas saya bisa beristirahat? tentu tidak. Demi menebus momen-momen yang tidak saya lewati bersama Arsyad, saya dituntut untuk menjadi Ibu yang kreatif. Menciptakan momen kedekatan bersama dia melalui berbagai aktifitas.  Kami punya ritual #weekendtanpakemall, biasanya kami isi dengan mengunjungi tempat wisata. Lain cerita ketika kami ingin menghabiskan akhir pekan di rumah saja, disini saya dituntut untuk menciptakan ide kreatif mulai dari permainan, masak bersama, dan berbagai kegiatan lainnya yang bisa dijalankan di rumah. Sempat saya kehabisan ide dan memutar otak kegiatan apalagi yang bisa saya hadirkan di rumah saat akhir pekan.

Beruntung saya hadir memenuhi undangan dari Lotte Choco Pie Indonesia bersama emak Blogger lainnya, di The Hermitage Menteng Jakarta, tanggal 21 desember 2016 kemarin dalam rangka memperingati Mother’s day yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2016. Hadir dalam acara tersebut Mr. Yusuke Kawabata, selaku Brand Manager LOTTE Indonesia. Ibu Oci C.Maharani sebagai Brand Manager LOTTE Indonesia, serta public figure yang sudah sangat terkenal yaitu Mona Ratuliu dan Maudy Koesnaedi.

Mr Yusuke Kawabata, Mona Ratuliu, Ibu Oci, dan Maudy Koesnaedi

Dalam acara tersebut, Lotte choco Pie mengajak para ibu di Indonesia untuk merayakan indahnya kebersamaan dengan anak melalui momen-momen keterikatan yang begitu spesial (premium bonding moment). Kenapa sih premium bonding moment itu sangat penting?

  • Ikatan (bonding) antara orangtua dan anak sangat berperan dalam menentukan masa depan anak. Anak lebih terbuka mengenai kesehariannya, dia dapat menjadikan orangtuanya sebagai sahabat untuk berbagi cerita.
  • Ikatan (bonding) dengan anak juga mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Dengan ikatan yang kuat, anak akan berkembang secara optimal dalam berbagai aspek mulai dari aspek sosial, bakat, dan kognitifnya.
  • Memiliki ikatan (bonding) yang kuat dengan anak akan membangun perasaan aman (secure) dalam diri anak. Anak yang secure terbukti mampu memecahkan masalah dengan lebih baik, lebih kreatif, dan menunjukkan lebih banyak emosi positif.
Terkadang kita berpikir bahwa dengan hadir disetiap harinya kita sudah membangun bonding atau keterikatan dengan anak. Tapi pada kenyataannya tak jarang dari kita memang hadir secara fisik, namun terkadang jiwa kita memikirkan hal yang lain. Seperti sesekali mengecek email yang masuk, cek grup whatsapp, dan tak jarang kita belum memahami emosi, karakter, serta kebutuhan anak. Saya pernah baca artikel penelitian yang menyatakan bahwa sebenarnya dalam 24 jam sehari, orangtua hanya butuh 20 menit untuk mempunyai hubungan berkualitas bersama anak tanpa intervensi atau gangguan dari hal-hal diluar aktifitas yang sedang dijalankan bersama.

Dalam acara tersebut saya jadi tahu, ditengah kesibukan seorang Mona Ratuliu dan Maudy Koesnaedi mereka juga tetap berusaha menciptakan premium bonding moment bersama buah hati mereka.

Mona Ratuliu dengan kesibukannya mengurus tiga buah hatinya menjelaskan bahwa terkadang ia merasa sulit untuk mencari cara mewujudkan premium bonding moment secara mudah dan praktis di sela-sela kesibukannya. Menurutnya, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dan mewujudkan premium bonding moment harus selalu diusahakan demi memberikan kenyamanan serta memperkuat momen kebersamaan bersama anak-anaknya.

Ada tiga aktifitas yang sering ia lakukan diantaranya membacakan cerita, bermain tebakan seru, dan membuat makanan atau camilan favorit untuk dinikmati bersama. Camilan favorit yang menjadi andalan keluarga mereka apalagi kalau bukan LOTTE CHOCO PIE.


Kek vanilla dengan isi marshmallow lembut berlapis coklat premium lezat produksi PT LOTTE Indonesia ini bisa dikreasikan dengan berbagai toping pilihan. Mba Mona biasanya mengajak anak-anaknya untuk memilih bahan seperti buah, keju, marshmallow dan menghiasnya bersama-sama. Dengan berkreasi bersama-sama, premium bonding moment bersama anak dapat terwujud melalui obrolan yang seru dan asyik selama berkreasi bersama Lotte Choco Pie.

Sedangkan menurut mba Maudy Koesnaedi sebagai sosok ibu modern masa kini, momen kebersamaan dengan Eddy buah hatinya merupakan saat yang sangat spesial. Ia selalu berupaya untuk menghadirkan kegiatan yang seru bersama Eddy salah satunya dengan menyantap Lotte Choco Pie camilan fovoritnya bersama-sama.  Dengan begitu Eddy menjadi lebih terbuka dalam mengungkapkan hal-hal yang ia sukai dan ia juga lebih terbuka tentang pengalaman atau masalah yang dihadapi sehari-hari.

Saya jadi penasaran bagaimana mengkreasikan Lotte Choco Pie dengan berbagai pilihan toping, beruntungnya dalam acara tersebut saya bisa langsung mempraktekkan dan menjadikan hasil kreasi saya sebagai buah tangan untuk Arsyad di rumah.

Hasil kreasi bunda untuk Arsyad di rumah
Premium bonding moment sangat penting untuk diupayakan ditengah kesibukan kita sebagai ibu dan menciptakan premium bonding moment ternyata bisa para ibu lakukan dengan cara yang praktis. Memilih bahan-bahan untuk kreasi toping Lotte Choco Pie dan menghiasnya bersama-sama sudah menjadi kegiatan yang seru dan asyik. Bonding atau keterikatan antara ibu dan anak dapat terbangun dengan baik karena suasana yang santai dapat mendorong anak-anak menjadi lebih terbuka untuk berinteraksi dan pada akhirnya memperkuat hubungan ibu dan anak.


Terima kasih Lotte Choco Pie dan Kumpulan Emak Blogger (KEB) untuk inspirasinya.

 terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
4 comments on "PENTINGNYA MENCIPTAKAN PREMIUM BONDING MOMENT BERSAMA BUAH HATI"
  1. Ah acara Lotte Choco Pie emang keren, makin memahami betapa pentingnya menciptakan bonding dengan anak ya. Selain itu juga bonding dengan emak2 Blogger heheh
    Mak Ayuu, seneng bisa jumpa langsung yaa!! Kapan2 kopdar lagi yaa kalo pas ke Bandung

    Ahh kalo inget aktivitas sebagai Emak2 Pekerja tuh emang melelahkan ya, tapi pas ngeliat anak langsung ilang deh capenya. Arsyad bangga niy punya Emak yang tangguh!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaaap teteh cantik, nanti kalau aku main ke Bandung kita ketemu yaaa.

      iya teh capeeek tapi kalau sudah ketemu anak capeknya hilang

      Delete
  2. ternyata, kehadiran ibu secara fisik saja tidak cukup untuk membabgun bonding ya mba..anak saya juga suka Lotte chocopie ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka sama lotte choco pie, iya mba gak cuma hadir secara fisik tapi juga hadir dengan hati

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature