RASANYA JADI ORANGTUA ITU...


Rasanya jadi orangtua itu... BERAT BANGET.

Sudah hampir dua tahun menyandang predikat sebagai orangtua. Rasanya ya nggak semudah yang dibayangkan. Banyak sekali ketakutan-ketakutan yang mampir dalam benak saya. Mulai dari takut gagal jadi orangtua yang baik sampai takut menjadi orangtua yang plin-plan pada anak.

TAKUT dan GAGAL, dua hal yang membuat diri ini kadang menjadi tidak yakin pada kemampuan diri sendiri. Ya saya takut sekali menjadi orang tua yang plin-plan pada anak.  Takut banget saya tidak komitmen terhadap aturan-aturan yang saya berikan ke Arsyad dan adik-adiknya nanti, karena kalau suatu saat dibolehkan, pada saat lain dilarang akan berdampak pada perkembangan anak itu sendiri. Saya takut nantinya ia merasa tidak mampu, tidak berharga, dan mudah dipengaruhi oleh orang lain.

Disisi lain saya takut sama diri saya sendiri yang tanpa sadar terlalu memberikan kenyamanan luar biasa untuk anak dan mengesampingkan apa itu artinya berjuang dan berusaha. Karena dalih “waktu kecil bunda hidup susah, jadi anak-anak bunda jangan sampai mengalami seperti yang bunda alami”. Tanpa saya sadar disaat susah itulah saya mendapatkan banyak sekali pelajaran hidup yang menguatkan saya.

Menjadi orangtua memang hal yang paling sulit. Proses belajarnya tiada henti sepanjang hidup, trial and eror. Terus belajar adalah cara terbaik untuk menjadi orangtua, karena orangtua harus satu langkah lebih maju untuk mengantisipasi suatu hal. Semoga saya dan suami selalu bisa mengambil keputusan yang terbaik untuk anak-anak.

Karena yang anak-anak butuhkan bukanlah sosok orangtua yang sempurna, tapi orangtua yang mau terus belajar bersama-sama.

terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
6 comments on "RASANYA JADI ORANGTUA ITU..."
  1. Jalani saja mbak dengan perasaan santai n full hepi.Bikin enjoy aja meski nantinya bertemu juga.dengan namanya kerikil2 kecil dan riak gelombang kehidupan☺
    Salam.kenal ya IG n twitter @cputriarty

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ya mba dibikin enjoy aja, semuanya pasti bisa terlewati dengan baik. Aku sudah follow yaa ig dan twitternya, nanti aku BW ke blognya ya

      Delete
  2. Jadi orang tua sampai kapanpun tetepa ya kudu belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyees, bahkan sampai anak kita udah punya cucu juga kita terus belajar

      Delete
  3. pasti pengalaman yang tiada duanya ya

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature