CIPTAKAN MENU MPASI YANG KREATIF BERSAMA CERELAC


Semua Ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Apalagi masalah asupan makanan anak. Gizi, nutrisi, vitamin pasti benar-benar diperhatikan. ASI merupakan asupan yang sangat penting di 180 hari pertama, setelah itu masuklah masa MPASI. Saya jadi inget betapa serunya mempersiapkan segala kebutuhan MPASI Arsyad saat itu. Mulai dari peralatan makannya, menyusun daftar menu harian, mempelajari tekstur makanan yang diberikan, dan memastikan segala yang masuk ke dalam tubuh Arsyad adalah yang terbaik untuk tumbuh kembangnya.

Meskipun bekerja alhamdulillah saya tetap mengusahakan yang terbaik untuk Arsyad, mengolah segala bahan makanan MPASInya dengan hasil dapur sendiri. Tapi saya juga gak bisa memungkiri karena ada satu dan lain hal saya tidak bisa menyiapkan makanannya dan jatuhlah kepada MPASI instan. Akhirnya saya lebih fleksibel. Toh gak semuanya yang instan itu gak baik kan?

Setelah menggali informasi lebih dalam lagi ternyata memang ada aturan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan serta Kodeks Internasional yang melarang penggunaan bahan pengawet pada MPASI instan. Makanan tersebut diolah dalam proses teknologi tinggi dengan teknik freeze dry, yaitu mengeringkan seluruh bahan-bahan sebelum diolah. Jadi pada saat kering, bakteri tidak akan bisa tumbuh dan hidup. Jika tidak ada bakteri otomatis proses pembusukan bisa ditunda. Bila ditemukan pengawet pada MPASI instan ini maka tidak akan mendapatkan ijin untuk dipasarkan.

LEGA RASANYA.

Jadi gak merasa bersalah ke anak karena saya tidak sempat masak untuk dia karena sedang ada event waktu itu selama 1 minggu. Sempat saya konsul ke dokter mengenai hal ini, DSA-nya Arsyad juga bilang jangan lupa zat besi di tiap makanan itu penting untuk anak, karena anak Indonesia rentan sekali kekurangan zat besi. Pemenuhan zat besi 11mg untuk bayi usia 6-8 bulan sangat dibutuhkan karena usia ini rentan sekali kehilangan zat besi. Pada MPASI instan zat besi dapat diperoleh juga, karena pengolahan MPASI instan sudah melewati proses fortifikasi untuk membantu ibu memenuhi kebutuhan zat gizi bayi, salah satu zat gizi yang difortifikasi ya si zat besi ini.

Masa pemberian MPASI memang agak tricky waktu itu, sempat saya ketemu juga sama balada GTM alias gerakan tutup mulut, disitu sebagai Ibu dituntut untuk lebih kreatif lagi. Nah kebetulan minggu , 13 November 2016 kemarin saya dapat undangan dari CERELAC NESTLE dalam acara “Kreasi MP-ASI bernutrisi bersama Chef Steby Rafael” di Main Atrium Kota Kasablanka dalam rangka 150 tahun CERELAC. Tentunya saya gak sendirian, disitu ada beberapa Emak Blogger lainnya yang sudah berkumpul dan ingin tahu menu MPASI apa saja yang bakal dibagikan sama Chef Steby.


Siapa sih yang gak tahu sama Cerelac, dulu saya makanannnya ini loh waktu kecil kata eyangnya Arsyad. Ternyata Cerelac ini sudah ada sejak 1860-an. Berarti umurnya sudah 150 tahun, jadi pastinya produk ini sudah tidak diragukan lagi, bukan? Dalam semangkuk Cerelac dapat memenuhi 50% kebutuhan zat besi harian anak usia 6-24 bulan. Di dalamnya juga terkandung formula iron+ yang tinggi zat besi, selain itu juga mengandung zink, vitamin A, dan vitamin C untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Chef Steby Rafael
Ada 3 menu kreasi MPASI yang didemokan oleh Chef Steby Rafael dengan menggunakan Cerelac. Ketiga menu varian Kreasi MPASI bernutrisi itu antara lain Crepes Cerelac apel pisang, puding Cerelac kurma madu, bubur sayuran ungu dengan Cerelac wortel bayam labu. Saya baru tahu ternyata dengan MPASI instan, kita juga bisa mengkombinasikan dengan bahan panganan lain agar anak mengenal banyak rasa.

Ini dia resepnya, jangan lupa dicoba ya maks!





Setelah cooking demo dari chef Steby Rafael, ada lomba seruu. Kita para emak blogger yang hadir ditantang untuk lomba masak menu kreasi MPASI yang tadi sudah didemokan oleh Chef Steby. “waah langsung praktek nih!” batin saya. Tim saya terdiri dari Mak Leni, Mak Helena. Oh ya 1 tim terdiri dari 3 orang dan terbagi dalam 4 kelompok. Waktu yang diberikan untuk memasak hanya 15 menit. Kemarin tim B, yaitu tim saya, mak Leni, dan mak Helena kebagian resep puding Cerelac kurma madu.

saya, mak Helena, mak Leni
Biasanya saya memasak sendiri di dapur dan gak ditonton banyak orang. Kali ini ditantang masak bertiga plus banyaaak banget yang nonton, termasuk suami dan anak kesayangan. Duuh grogi banget. Alhamdulillah tim kami menang juara 1 dan pulang bawa voucher MAP senilai 1,8 juta. Wooohoooooo! Happy banget!

Dari acara ini saya juga jadi tahu, dulu mungkin banyak yang salah kaprah ya dengan menyeduh Cerelac memakai air mendidih. Itu ternyata SALAH. Cerelac itu tidak boleh dimasak ataupun diseduh dengan air mendidih. Cukup diseduh dengan air hangat maksimal 60 derajat celsius agar bakteri baik dalam Cerelac tidak rusak/hilang. Tips dari chef Steby yang lainnya adalah jangan malas untuk mengolah makanan dengan cita rasa yang beraneka ragam, hal ini dilakukan untuk menghindari anak menjadi picky eater (pilih-pilih makanan), selain itu chef Steby juga mengingatkan tentang aturan porsi gula dan garam yang dalam sehari takarannya tidak lebih dari ½ sendok untuk anak diatas 1 tahun.

Senang sekali rasanya hadir di acara ini, saya jadi punya resep tambahan untuk berkreasi di dapur dan tentunya resep makanan yang bergizi bersama Cerelac. Besok saya mau mencoba Cerelac wortel bayam labu yang dicampur dengan ikan dori kesukaan Arsyad, dengan demikian Arsyad mendapat asupan zat gizi yang lengkap dan bisa mengenal aneka rasa dan tekstur yang berbeda.

Selamat mencoba resepnya ya maks!

terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
23 comments on "CIPTAKAN MENU MPASI YANG KREATIF BERSAMA CERELAC"
  1. Samaan kita Mba Ayu... Kata ibuku dulu aku juga dikasihnya bubur Cerelac.
    Waaa Arsyad mau makan dori....pasti Yummy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuaan cerelac daripada kita yaaak. Iya sekarang dia lebih suka dori daripada salmon

      Delete
  2. doh chefnya ganteng...
    g terasa tar lagi mau bikin mpasi lagi :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Echa, chefnya bening banget. Aku juga sempet salfok, untung ada suami. :p
      wwooohiyaaa adiknya Rafi juga gak sabar nyicipin masakan buatan ibunyaa

      Delete
  3. wah....aku juara 2. Tapi gpp lah yang penting, ilmu MP ASI nya bertambah nih maks. Ternyata cerelac seru juga kalau dikreasikan ya mak ayu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, sama aku juga br tau ternyata kita bisa kreasiin cerelac sama bahan-bahan segar yang ada di kulkas

      Delete
  4. haha chefnya gak nahan.. untung ttp fokus masak ya mbak,dan menang juga, selamat ya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha awas suami maraaah! iya alhamdulillah menaaang

      Delete
  5. waaah pasti seru banget ini acaranya, anakku belom nyicipin cerelac, baru tau ternyata bisa dimasak dengan bahan makanan lain yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama maak,akupun baru tauloh bisa dikombinasikan dgn bahan makanan segar yang ada di kulkas

      Delete
  6. Kayaknya semua bayi2 dari jaman jadul dikasihnya cerelac dah :D
    Samaan, saya juga dulu makan cerelac mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya yaaah, dr dulu sampai skrg masih hits si cerelac

      Delete
  7. Nah iya ya makin grogi karena masak pake dilihatin orang se-mol. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. grogiii bangeeet ampe kurma semuanya dicemplungin ya mbaak :p

      Delete
  8. Mak ayu sekarang sy sudah tidak ragu lagi menggunakan mpasi pabrikan seperti cerelac apalagi saat traveling lebih praktis ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga awalnya ragu dan nanya sm DSA-nya Arsyad ternyata ya memang ga bs dipungkiri ada fortifikasi zat besi yang memang dibutuhkan sama Arsyad

      Delete
  9. aku gagal fokus gara-gara wajah chefnya, mba. Tapi untung ada lomba, jadi paham lagi bagaimana buat mennu kreasinya. ^_^

    ReplyDelete
  10. Dulu juga ngiranya nyeduh bubur sama air mendidih ternyata justru salah ya? TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa berarti mamaku jaman dulu juga salah yaak. hehehehe

      Delete
  11. Ngakak sama komen mak echa...emang chefnya bening #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha mak Echa salah fokus sambil elus2 perut

      Delete
  12. Kayaknya menu ini buat diatas 6 bulan ya makk.. Bukan awal mpasi ny hhiikksss

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature