5 TIPS HEMAT BELANJA BULANAN


Kalau tiba waktunya untuk belanja bulanan, duuh rasanya seneeeeng banget. ME TIME! ME TIME! Tapi tetep aja sih walaupun me time yang dibeli yaa kebutuhan domestik rumah tangga dan gak lupa disisipin jajanan micin. :p

Sebagai mentri keuangan dalam keluarga yang masih amatir, saya punya tips belanja hemat kebutuhan rumah tangga nih!


1) Buat list belanjaan
Biasanya saya catat tuh di handphone, kebutuhan apa saja yang habis dan itu harus jadi prioritas barang yang dicari saat sampai minimarket. Hal ini untuk mengantisipasi pemborosan yang sering terjadi pada saya ;p . Selain itu, hal ini juga agar nantinya barang yang dibeli gak melenceng dari daftar belanjaan dan juga untuk menahan godaan dari berbagai cemilan yang memanggil-manggil di sepanjang lorong cemilan di luar daftar belanjaan.

2) Bandingkan harga yuk!
Biasanya saya sering compare harga dulu nih dari supermarket yang satu dengan yang lain, sampai bandingin harga minimarket depan rumah. Ternyata kadang-kadang minimarket dekat rumah harganya jauh lebih murah dari supermarket besar.Dengan ini kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan tentunya hemat kan?

3) Sering Update dengan promo
Siapa sih yang gak suka sama promo? Semua orang pasti suka kan, dan dengan promo yang ditawarkan kita jadi bisa lebih menghemat pengeluaran belanja rumah tangga. Banyak promo yang ditawarkan oleh supermarket atau minimarket. Mulai dari diskon member, tebus murah, promo katalog, sampai promo harga jumat-sabtu-minggu.

4) Punya kartu member
Di semua ritel baik supermarket maupun minimarket di dekat rumah kita pasti menyediakan kartu member untuk pelanggannya.  Tujuan kartu member ini selain untuk menciptakan loyalitas berbelanja di tempat tersebut,juga untuk mengumpulkan poin yang nantinya bisa ditukarkan oleh cashback atau item tertentu. Ini salah satu kartu member saya, kartu PONTA dari Alfamart, untuk informasi lengkap Alfamart sering ada promo kartu member yang diberikan loh.

5) Pintar pilih waktu belanja
Ini salah satu strategi penghematan yang gak kalah penting. Biasanya saya memilih belanja saat weekend, karena promo yang ditawarkan biasanya lebih banyak. Ada promo harga khusus Jumat-Sabtu-Minggu sampai promo tebus murah. Selain itu biasanya kalau weekend entah kenapa perasaan jauh lebih rileks jadi bisa lebih konsentrasi dalam memilih barang-barang yang dibutuhkan. Alfamart dekat rumah sering banget ada promo JSM alhasil sebelum weekend nyari informasi lengkap Alfamart untuk berburu diskonan diapers, nyetok diapers kala diskon itu adalah syuuurgaaaah.


Jadi buibu, kebutuhan rumah tangga itu nggak sedikit, maka dari itu kita sebagai ibu mentri keuangan harus pintar dalam mengelolanya. Tips tadi semoga bermanfaat yaaa!

terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
9 comments on "5 TIPS HEMAT BELANJA BULANAN"
  1. Saya jarang bikin daftar belanjaan sebelum ke supermarket mbak. Jadi pas sampai disana asal ambil aja tapi tetep mikir kira kira butuh nggak ya, paling kalau bareng suami nambah cemilan aja. Tau-tau pas bayar di kasir habis banyak, :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang paling enak kalau belanja tinggal cemplang-cemplung, yang gak enak pas nyampe kasir yaak..hihihihihi

      Delete
  2. semua tipsnya bener, yang no 1 itu malahan kalau gak pake list jadi belanja yang gak perlu2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, kalau ga dibuat list malah jadi belanja yang gak perlu. Kadang udah ada list aja msh suka bandel. hehehe

      Delete
  3. Iyaaa, buat list belanjaaan itu penting bangeeet. Seringnya kalo nggak buat list, yang mau dibeli malah kelupaan dibeli dan yang ngak perlu dibeli malah kebeli yaaaa. Weheheheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehe..betul mama Dian, yang gak perlu jadi dibeli pas sampe rumah kadang baru sadar

      Delete
  4. berguna bgt ni mb, nice info

    ReplyDelete
  5. Asem emang yang namanya camilan ini, selalu berhasil menggoda saya. Suamiku loh kalo lewat lorong cemilan suka ketar ketir wkwk.. masak sudah segede gini masih suka ngemil ciki2an katanya. :D tipsnya semua saya jalanin mba, tp suka kebablasan ya gegara lewat lorong camilan td :D

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature