4 HAL YANG HARUS DIPERSIAPKAN IBU PEKERJA SETELAH CUTI MELAHIRKAN



Momen yang paling menyedihkan buat saya setelah melahirkan adalah masa cuti yang sudah habis. Rasanya kok kurang banget ya waktu cuti melahirkan yang diberikan perusahaan kepada saya, apalagi saya banyak mengalami rentetan kejadian yang kurang menyenangkan pasca melahirkan mulai dari baby blues sampai saya terkena mastitis. Stok perahan ASI saya juga  tidak sebanyak ibu-ibu yang lain, yang memenuhi satu kulkas. Sungguh seperti striping sinetron kejar tayang untuk mengumpulkan ASI saya agar saat nanti kembali bekerja, Arsyad masih mendapatkan ASI dari saya.

Saat Arsyad umur 6 bulan tiba-tiba produksi ASI saya menurun drastis begitu saja, semula sekali perah bisa mendapatkan 200ml saat itu hanya bisa mengumpulkan 100ml bahkan pernah di angka 50 ml. Betapa uring-uringannya saya waktu itu, karena saya ingin sekali Arsyad mendapatkan ASI eksklusif sampai dia berumur 2 tahun. Banyak saran dari teman untuk melakukan donor ASI saja, tapi dari pihak keluarga tidak ada yang mengijinkan.

Ternyata persiapan saya masih kurang maksimal, masih banyak ketidak tahuan saya tentang manajemen ASI/ASIP yang baik. Saat hadir di acara Mom’s Talk Gathering Tupperware dengan tema Menyusui sambil bekerja? Aku bisa! tanggal 27 Oktober 2016 di Showroom Tupperware Mall Taman Anggrek kemarin, pengetahuan saya bertambah. “Wah ilmu baru untuk anak kedua nanti!” batin saya. Dr. Ariani Dewi Widodo, spA(K) sebagai narasumber menjelaskan tentang persiapan apa saja yang harus dilakukan seorang ibu ketika kembali bekerja, mitos seputar ASI, dan manajemen ASIP.


Saat kembali bekerja memang kondisi Ibu pasti mengalami kendala seperti stress, sibuk, pulang malam yang mengakibatkan produksi ASI yang menurun kalau tidak diperah saat jam kerja dengan baik. Maka sebelum masa cuti habis Ibu perlu melakukan beberapa persiapan sebelum kembali bekerja agar ASI bisa memenuhi kebutuhan anak.

Belajar Memerah ASI
Sebelum kembali bekerja, pastikan kita sudah terbiasa dengan memerah ASI. Belajar bagaimana teknik memompa ASI yang tepat sebulan sebelum kembali bekerja. Tidak hanya memerah menggunakan pompa, Ibu juga harus menguasai dengan memerah menggunakan tangan (marmet). Dengan begitu diharapkan ASI yang dihasilkan akan cukup dan Ibu juga akan terhindar dari stress karena tidak bisa menyediakan stok ASIP.

Belajar Manajemen ASIP
ASI akan bertahan selama 3-4 jam di suhu ruang 27-32c, kalau di dalam coolerbox dengan suhu 0-4c akan bertahan selama 24 jam, dalam lemari pendingin atau kulkas di suhu < 4c akan bertahan selama 3- 5 hari, dan bertahan di freezer lemari es 2 pintu dengan suhu -18c selama 3-6 bulan. Kita juga harus tahu prinsip pemberian ASI yaitu dengan metode LIFO (last in first out), jadi Asi yang diperah hari ini untuk besoknya dan kalau kurang kita bisa mengambil stok ASI yang pertama. Kita juga perlu mempersiapkan alat tempur memerah ASI saat nanti mulai bekerja seperti cooler bag, pompa ASI, Blue ice, Botol kaca ASI.

Persiapkan anak dan SDM yang mengasuhnya
Ajak anak untuk belajar menyusui melalui media perantara seperti cup feeder, spoon feeder, pipet, spuit feeder, dan botol. Selain anak, kita juga harus melatih dan menginformasikan kepada pengasuh tentang media pemberian ASI perah ini. Jika memilih media botol,  pilihlah botol yang aman, yaitu bebas BPA, anti colic, dan nyaman digunakan.

Membicarakan hak menyusui dengan atasan
Hak menyusui seorang karyawan ternyata diatur dalam undang-undang loh. UU RI No. 13 tahun 2003, tentang ketenagakerjaan dan tertuang dalam pasal 83 bahwa pekerja yang anaknya masih menyusu harus diberi kesempatan sepatutnya untuk menyusui anak jika hal itu harus dilakukan selama waktu kerja.
Maka perlu kita diskusikan kapan waktu memerah ASI, idealnya sih ketika sampai kantor sekitar pukul 09.00, waktu makan siang (12.00), dan sebelum pulang 15.00.

Pada kesempatan itu selain banyak ilmu yang disampaikan oleh Dr.Ariani dewi Widodo, SpA(K), pihak Tupperware juga mengenalkan produk terbarunya Cutie Twee Bottle Baby . Sebagai wujud dukungan Tupperware Indonesia dalam pemberian ASI eksklusif, Tupperware meluncurkan produk ini. Tupperware Cutie twee baby bottle ini merupakan inovasi terbaru dengan tiga variasi aliran yang menyerupai aliran alami ASI dalam satu nipple, “the sense of natural milk flow”.

Cutie Twee Penguin


Pengguna produk ini bisa menyesuaikan kecepatan aliran dengan kebutuhan dan kemampuan menghisap bayi. Selain itu Cutie twee ini sudah didesain dengan bahan food grade dan BPA Free yang aman digunakan oleh bayi. Sistem anti colic pada botol ini juga jadi keunggulan produk, di belakang nipple terdapat 3 lubang untuk keluar masuk udara, udara tidak akan masuk dari aliran susu sehingga bayi tidak tersedak. Satu set #cutietwee terdiri dariCutie Twee Frog dengan ukuran 270ml seharga Rp 146.000,- dan Cutie Twee Penguin dengan ukuran 150ml seharga Rp 138.000,-. Cukup terjangkau bukan, dengan kualitas produk dan inovasi yang ditawarkan oleh Tupperware.


Selain produk Cutie Twee, Tupperware juga memperkenalkan produk media pemberian MPASI-nya. Ada Tiwi Todz yang terdiri dari feeding bowl, hang on spoon, snack cup, sippy cup. Produk Tiwi Todz ini dikhususkan untuk anak usia 6-18 bulan. Selain itu ada produk yang dapat membantu para orang tua melatih kemandirian anak saat makan, Tiwi Kidz. Terdiri dari cutlery (sendok dan garpu), feeding plate, dan straw tumblr.


Yang paling ditunggu dan menjadi ciri khas tiap gathering Tupperware adalah cooking demo, kali ini chef Pasha memberikan resep MPASI untuk anak 6 bulan sampai 1 tahun keatas. Ada 3 resep MPASI diantaranya Beef Bolognese, Mashed Potato, dan jus semangka. Semua peralatan masaknya menggunakan Tupperware mulai dari choper untuk menggiling sampai dengan pembuatan jus. Saya jadi punya bekal resep tambahan lagi deh untuk Arsyad. Terima kasih Tupperware!

cooking demo : Beef Bolognese

terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!

Materials
Moms talk gathering, Menyusui sambil bekerja? Aku bisa!
Buku Happy Tummy for My Baby” Tupperware Indonesia
http://tupperware.co.id/babyandkids
4 comments on "4 HAL YANG HARUS DIPERSIAPKAN IBU PEKERJA SETELAH CUTI MELAHIRKAN"
  1. Makasih sharingnya Mbak, bisa untuk persiapan nih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lagi siap-siap mau punya debay ya? sehat-sehat terus yaaa

      Delete
  2. Aku dukung ASI eksklusif terutama dari para working mom! Hehe. Acaranya seru banget. Oleh-olehnya juga banyak ya maaaak. hihihihiiii. Dan aku naksir sam botol-botol minum anaknya, coba kemarin kesana pas tanggal muda. Bisa khilaf kayanya aku. Heheheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa akupun naksir si tiwi todz-nya, sayang blm gajian kmrn.hihihihi

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature