PENGALAMAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA BALITA

Sepulang dari salat Iedul Adha kemarin Arsyad (1 tahun 5 bulan) masih menunjukkan keceriaanya, ia masih minta dibelikan balon saat solat, tertawa, dan ngoceh sepanjang perjalanan sampai pada sore hari ketika bangun tidur siang saya kaget kok anak ini tiba-tiba demam. Ya demam tinggi saya ukur suhunya sampai 39 derajat. Langkah yang pertama saya lakukan apalagi kalau bukan skin to skin, memberikan air putih yang banyak, dan saya minumkan sanmol agar suhu tubuhnya segera membaik.

Malamnya saya cek lagi suhunya sudah 38 dan itu mengurangi kepanikan saya. Nah besoknya saat saya mau berangkat kerja tiba-tiba panas tinggi lagi sampai 40 dan tiba-tiba Arsyad gak mau makan sama sekali, padahal biasanya bangun tidur dia sudah minta roti atu biskuit. Tanpa babibu langsung aja deh biar hati tenang saya bawa ke dokter. Sampai di RS dokter juga gak kasih banyak saran selain minum yang banyak, dan belum disuruh cek lab karena panasnya baru 1 hari.

Setelah ke dokter saya agak sedikit tenang sih, walaupun saran dari dokter gak beda jauh sama apa yang sudah saya lakukan. Yang bikin panik adalah tiba-tiba anak ini mual dan gak mau makan sama sekali. Duuuh patah hati banget rasanya gak kayak biasanya. Saya kira awalnya karena mau tumbuh gigi lagi tapi kok demamnya gak kayak seperti biasa, kayak roller coaster naik turun panasnya. “Hari ketiga kalau masih panas harus cek darah deh” kata suami saya, nah pas dihari ketiga demamnya berangsur turun sudah berada diangka 38 dan hari keempat turun lagi ke angka 37. Saya khawatir banget karena panasnya naik turun sampai 40 derajat celcius, biasanya Arsyad panas disekitar angka 38-39. Terus yang bikin khawatir lagi saya takuuut banget kalau Arsyad sampai step, karena kata eyangnya biasanya anak laki-laki itu rentan kena step kalau panasnya tinggi. Ya saya tahu sih kondisi dan ketahanan tubuh tiap anak kan berbeda dan terus berdoa jangan sampai Arsyad mengalaminya
.
Hari kelima akhirnya Arsyad kembali ceria walaupun makan masih ogah-ogahan, nah karena dirasa kondisi arsyad sudah kembali fit saya membawa dia ke Klaten dalam rangka acara 100 hari meninggalnya almarhum papa saya. Di perjalanan Arsyad happy banget, nyanyi-nyayi, dan sama sekali gak panas. Saya cek suhu tubuhnya sudah diangka 36 derajat celcius. Bener-bener lega banget hati saya ditambah lagi dia sudah mulai mau makan dan ngemil. Hari kedua di Klaten eyangnya Arsyad kaget kok tiba-tiba telapak kakinya merah bangeeet. Bukan bintik tapi merah gitu kayak anak kena campak. Dicek punggung dan bagian tubuh lainnya kok ga ada yang merah lagi, saya cek sekitar area mulutnya lah kok malah sariawan. Nah dari situ malah saya mengira arsyad kena HFMD atau flu singapur.

Rasanya hati gak tenang deh kalau belum dapat jawaban langsung dari dokter kenapa kakinya bisa merah gini akhirnya saya memutuskan membawanya ke UGD di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Delanggu. Sampai di UGD dan menjelaskan sedetail-detailnya apa yang terjadi sama Arsyad tanpa babibu dokter langsung mengarahkan saya untuk cek laboratorium. Saat hasilnya keluar, ternyata trombosit Arsyad di angka 78.000 (lebih rendah dari normalnya 150.000-450.000) dan harus segera dapat penanganan. Duh lemes selemes lemesnya dan nangis! Gak pernah ngebayangin anak sekecil ini harus diinfus, setiap pagi harus cek darah. Ternyata merah di telapak kakinya adalah ruam demam berdarah. Jadi ini salah satu gejala demam berdarah yaitu adanya ruam yang berwarna merah terang.

kasian diinfus :(
Awalnya saya ragu, saya bilang ke dokter agar Arsyad dirawat di rumah sakit di Jakarta aja, tapi ya dokter tidak menyarankan karena takut terjadi pendarahan lewat hidung atau lainnya karena kondisi trombositnya. Arsyad dirawat selama 5 hari, masuk RS hari minggu malam dengan kondisi trombosit 78.000, besoknya dicek kondisi trombositnya 84.000, dan dihari ketiga tiba-tiba kondisi trombositnya kembali drop di angka 48.000. Duuuh lemes banget deh rasanya, pengen nangis sekenceng-kencengnya tapi yaa harus tetap ceria juga di depan Arsyad. Mengajak dia bermain, membacakan cerita, ajak jalan-jalan. Iya dia bosen di tempat tidur dan susternya juga memperbolehkan Arsyad untuk jalan-jalan ke taman depan kamar.

Pas dokter visit saya tanya kenapa dari yang kondisi trombositnya mulai naik lalu hari berikutnya bisa drop seperti itu. Kebetulan dokter yang menangani Arsyad salah satu dokter senior di sana, Arsyad ditangani oleh dr.Sriyono. Kata beliau kondisi tersebut wajar dan biasanya di hari berikutnya trombosit akan kembali naik. Yang harus diperhatikan adalah asupan makanan dan perbanyak minum air putih.

Selain obat yang diberikan, saya booster Arsyad dengan sari kurma angkak yang katanya bisa untuk booster trombosit. Dan iya sih setelah kondisi trombositnya 48.000 hari berikutnya kondisi trombosit Arsyad menjadi 200.000, lalu lusanya kondisi trombositnya di angka 343.000 dan bercak merah mulai menghilang, akhirnya dokter mengijinkan Arsyad pulang.

Alhamdulillah setelah pulang dari rumah sakit, Arsyad sudah kembali aktif dan ceria. Nafsu makannya juga sudah kembali seperti biasa. Selama Arsyad dirawat di rumah sakit, ayahnya bekerja keras membersihkan seluruh area rumah. Semoga kita semua selalu diberikan nikmat sehat ya sama Allah. Amin

 terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
4 comments on "PENGALAMAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA BALITA"
  1. Alhamdulillah Arsyad udah baikan ya mba. Kalau anak sakit, jadi was-was ya mba. Smoga nggak sakit ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kalau anak sakit duuh was was banget deh. Mau ngapa2in juga hati gak tenang. semoga kita semua selalu diberikan nikmat sehat yang tiada henti sm Allah ya

      Delete
  2. Alhamdulillah arsyad sudah sembuuuh. Kmrn aku jg agak deg2an waktu Alghi ada bintik2 merah agak banyak, tp alhamdulillah ga pake panas. Smpet keinget Arsyad dan pengen tahu ceritanya gimana. Eh mama ayu udh nulis. Tfs ayuuu :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih tam, cuacanya lagi ekstrim gini jadi virus ada dimana-mana. Alghi sehat-sehat terus yaaaa

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature