MENGENAL LEBIH DEKAT FRISIAN FLAG SUSU KENTAL MANIS

Pic from Frisian Flag

Kebiasaan saya waktu kecil ketika mau berangkat sekolah itu minum susu. Buat saya ini semacam ritual wajib juga sih karena rasanya kalo nggak minum susu badan jadi lemes gitu ke sekolah. Sama halnya dengan suami saya, dia terbiasa minum susu untuk memulai segala aktifitasnya, jadi sebelum berangkat kerja segelas susu wajib ada di meja makan bahkan kalau weekendpun juga saya siapkan.

Memang sih belakangan ini susu itu menjadi pro dan kontra, sampai ada yang berpendapat bahwa proses produksi dan pengemasan susu tidak higienis. Menjawab keraguan akan pendapat tersebut, akhirnya saya berkesempatan untuk mengunjungi pabrik Frisian Flag susu kental manis pada Rabu kemarin. Dari kunjungan tersebut saya jadi tahu lebih banyak tentang produksi dan pengemasan susu kental manis seperti apa.

Dulu saya mengenal Frisian Flag dengan susu bendera, bahkan sampai sekarangpun saya masih menyebutnya dengan susu Bendera. Memori-memori masa kecil memang kadang sulit sekali terlupakan begitupun kenangan manis dengan Frisian Flag susu kental manis. Senang sekali rasanya saya bisa mempunyai kesempatan mengunjungi salah satu pabrik Frisian Flag yang berada di Ciracas.

Flashback sedikit yuk untuk tahu lebih dalam tentang Frisian Flag.

pic from Frisian Flag
Frisian Flag Indonesia merupakan bagian dari FrieslandCampina, sebuah perusahaan besar asal Belanda yang merupakan salah satu produsen susu terbesar di dunia. FrieslandCampina ini memiliki koperasi peternak sapi perah terbesar di dunia yang berpusat di Belanda. Nah mengacu pada hal tersebut Frisian Flag Indonesia juga melakukan hal yang sama yaitu bermitra dengan para peternak sapi perah lokal agar dapat menghadirkan sumber gizi terbaik yang terkandung dalam susu.

Frisian Flag Indonesia sendiri telah menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia sejak tahun 1922. Selama hampir 95 tahun di Indonesia, Frisian Flag selalu menjaga komitmennya untuk terus berkontribusi membantu anak-anak Indonesia meraih potensinya melalui produk-produk kaya gizi. Frisian Flag Indonesia mengoperasikan fasilitas produksi di Psar Rebo dan Ciracas, Jakarta Timur, dengan berbagai produk seperti susu cair, susu bubuk, susu kental manis dengan merk Frisian Flag, Friso, dan Omela.

Kemarin beruntungnya saya bisa mendapatkan kesempatan melihat bagaimana proses pengolahan susu kental manis, susu UHT langsung di pabrik Ciracas yang sudah berdiri sejak tahun 1977. Pabrik di Ciracas memproduksi susu kental manis, susu cair, dan UHT. Sedangkan fokus pabrik Pasar Rebo pada produk susu bubuk.  Ketika memasuki plant Ciracas saya sudah terkagum-kagum, saat memasuki area plant benar-benar dijaga kebersihannya. Saya harus memakai pakaian khusus sampai sepatu, penutup kepala, ear plug, dan melepas segala aksesoris agar area produksi benar-benar dalam keadaan steril.
wefie dulu sebelum masuk area pabrik (Foto : Mak Amel)
Deretan kaleng sudah tersusun rapi menyambut saya dan kaleng tersebut siap diolah untuk menghasilkan produk yang akan memenuhi gizi anak bangsa, yaitu susu kental manis Frisian Flag. Proses produksi dilakukan selama 24 jam nonstop. Pertama sejumlah mesin mempersiapkan bahan baku kaleng lalu kaleng tersebut distreilisasi agar tetap terjaga kehigienisan produk, lalu proses pengisian susu, sterilisasi kembali, labeling, dan packing. Semua dilakukan oleh bantuan mesin canggih yang dapat menghasilkan 600 kaleng dalam 1 menit. Walaupun demikian proses quality control tetap dilaksanakan dengan baik. Produk yang gagal produksi akibat kaleng penyok, pengisian susu tidak sesuai langsung masuk dengan cepat terdeteksi oleh alarm mesin dan petugas segera memisahkan produk tersebut agar tidak masuk dalam tahap produksi selanjutnya. Mesin-mesin yang ada di area plant Ciracas ini rutin dibersihkan untuk menjaga kualitas produk dan kebersihannya. Sedangkan limbah produksi susu diolah menjadi makanan ternak oleh pihak lain.

Pabrik Frisian Flag Indonesia sendiri telah mengantongi standar kualitas produk sesuai standar Internasional ISO 9001 untuk quality management, DHSAS 1 8001 untuk health and safety, ISO 22000 untuk food safety system, ISO 14001 untuk environment, serta sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Dengan melihat langsung proses produksinya dan mengetahui telah mengantongi standar Internasional tersebut mematahkan keraguan kabar bahwa proses produksi dan pengemasan susu tidak higienis karena setiap produk yang akan dikonsumsi keluarga Indonesia sudah dijamin kualitas higienis melalui proses sterilisasi tadi dan jaminan kualitas nutrisi kandungan susu kental manis tersebut.

Mudahnya penyajian Frisian Flag Susu Kental Manis menjadi salah satu alasan mengapa produk ini tetap dicintai oleh keluarga Indonesia. Varian yang beredar di pasaran saat ini yaitu Frisian Flag kental manisGold, Frisian Flag kental manis putih, dan Frisian Flag kental manis cokelat. Kelezatannya dapat dinikmati sebagai minuman atau dengan makanan favorit. Kalau saya sampai sekarang masih favorit banget nyocol Frisian Flag Kental Manis Coklat bersama roti tawar. Manisnya pas dan jadi mood booster sendiri buat ngejalanin aktifitas.

Dari kunjungan pabrik Ciracas kemarin saya juga baru tahu kalau dari Frisian Flag susu kental manis dapat dibuat jadi olahan minuman segar yang pastinya disukain sama anggota keluarga. Ada Frisian Gold Chocorock, Frisian chillhood crumbs, dan Frisian Chocomint Mojito.






Selain rasanya yang lezat Frisian Flag Susu Kental Manis juga membantu memenuhi kebutuhan gizi keluarga karena mengandung gizi makro (karbohidrat, protein, dan lemak) dan mikro (9 vitamin dan 5 mineral). Satu kaleng Frisian Flag susu kental manis dapat dibuat menjadi 9 gelas minuman susu yang lezat dan bergizi.
Member KEB Foto lagi (Foto : Mak Andiyani)

Suasana sebelum acara dimulai

Kenang-kenangan dari Frisian Flag Indonesia untuk KEB

Benar-benar pengalaman baru buat saya berkunjung ke pabrik Frisian Flag Indonesia, saya jadi tahu mulai dari sejarah, orang-orang dibalik layar Frisian Flag seperti pak Wibisono selaku public affair, pak Aryono selaku R&D, mba Ayu Ratri selaku brand manager #SusuKentalManis #FrisianFlag semua menyambut kedatangan saya dan Emak Blogger lainnya dengan hangat dan penuh tawa. Jadi benar-benar kemarin seharian di pabrik gak bosen sama sekali. Terima kasih Frisian Flag!

terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!

2) Factory Visit Frisian Flag Indonesia dengan KEB
14 comments on "MENGENAL LEBIH DEKAT FRISIAN FLAG SUSU KENTAL MANIS"
  1. asiikkk, cantik nih infografis resepnya ,hehe :)

    ReplyDelete
  2. reviewnya lengkap banget mak :) kadar kebahagiaanku pun meningkat 1000x saat berkunjung ke pabrik ciracas mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tambah bahagia kalau kecipratan voucher belanja kamu maak :p

      Delete
  3. Senangnya bisa berkesempan b erkunjung ke Frisian Flag Plant Ciracas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seneng banget, seharian gak berasa deh.. Fun banget

      Delete
  4. Mbak, aku kasih backlink tuh ke tulisanmu ini, soalnya infografis resepnya kece :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiiih mba Pritaa makasih banyaaak

      Delete
  5. lengkap banget mba tulisannya. Berkunjung kesini jadi bannyak tau ya tentang proses pembuatan susu kental manis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa jadi tahu banget gimana proses pembuatannya dan mesinnya ituloh canggih banget yaaa

      Delete
  6. Beruntung bisa berkunjung ke pabrik ini jadi tahu ya mak seperti apa Frisian Flag susu kental manis diproduksi dan ternyata benar2 steril serta berstandar internasional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba mutiaaa, pembuatannya steril banget

      Delete
  7. seru banget kayaknya...bertabur hadiah juga yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa seru maak, fun banget acaranya

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature