MELEK LISTRIK BERSAMA SCHNEIDER ELECTRIC


Jadi ibu itu memang benar-benar harus multitasking. Selain dituntut bisa ngangkat aqua galon #eeeh, kita juga harus aware sama yang namanya listrik. Kenapa? Karena sehari-hari ya kita kan bersentuhan dengan listrik. Apalagi saya punya toddler yang lagi seneng banget eksplore apapun yang ada disekitarnya. Mulai dari panci, sutil, sampai kabel pasti dia mainin. Kalau saya gak aware masalah kabel dan listrik bahaya banget kan. Penting banget untuk tahu bagaimana cara melindungi rumah dari bahaya listrik.

Nah Sabtu lalu saya berkesempatan hadir di event Kumpulan Emak Blogger (KEB) bersama Schneider Electric di Hongkong Cafe Jakarta. Event kali ini membahas tentang “Cara Jitu Lindungi Rumah dari Bahaya Listrik”, nah pas banget kan penting banget nih buat saya sebagai seorang ibu yang juga diharuskan untuk ngerti tentang perlistrikan rumah tangga. Duh takut banget deh sama yang namanya korslet listrik, liat percikan api di stop kontak aja saya sudah ngeri.


Schneider Electric adalah perusahaan asal Prancis yang sudah 45 tahun berada di Indonesia. Schneider Electric mengembangkan teknologi dan solusi yang terhubung untuk mengelola energi dan proses agar dapat menjadi aman, handal, efisien, dan berkelanjutan.  Pembicara yang hadir dalam event ini Bapak Francko Nasarino selaku product marketing retail business dan mak Mira sahid selaku moderator.

Sebelum tahu bagaimana caranya melindungi rumah dari bahaya listrik, kita juga perlu tau nih komponen-komponen apa saja yang biasanya dijumpai dalam dunia listrik di rumah tangga. Kenal gak buibu sama yang namanya MCB, ELCB, dan RCBO? Jujur saya mah gak tahu. Yang saya tahu Cuma sekring sama stop kontak aja. Hehehe

Apa itu MCB?

Biasanya pemasangan listrik di rumah memang sudah dilakukan oleh pengembang tapi sebagai konsumen kita juga harus pintar dan tahu seluk beluk listrik rumah kita sendiri. MCB itu merupakan kepanjangan dari miniatur circuit breaker atau sering kita mengenalnya dengan sekring/saklar.  Fungsi dari MCB itu sendiri adalah melindungi instalasi listrik di rumah jika terjadi pemakaian daya yang berlebih dan hubungan singkat arus listrik/korsleting. Jadi kalau tiba-tiba MCB ngejepret itu artinya terjadi korsleting atau kelebihan pemakaian daya.

Apa itu ELCB?

Lain halnya dengan ELCB, Earth Leakage Circuit Breaker (ELBC) ini merupakan komponen instalasi listrik yang bekerja memutus arus listrik saat terdeteksi adanya kebocoran arus listrik. Jadi arus bocor yang ternyata tidak dapat diatasi MCB karena pemasangan stop kontak yang tidak tepat, kabel yang terkelupas ini bisa ditangani oleh komponen ELCB. Fungsi ELCB ini juga melindungi kita dari bahaya sengatan listrik ketika tersetrum, melindungi rumah dari kebakaran, sampai kematian. Penting banget nih ELCB ini dipasang di instalasi listrik rumah tangga.

Arus bocor yang sampai ke tubuh kita ketika tersetrum sangat bahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Arus Listrik
Bahaya Arus Bocor Terhadap Manusia
0,5 mA
Kejutan listrik tidak terasa, seperti kesemutan
10 mA
Gangguan sistem pernafasan
30 – 50 mA
Kontraksi pada jantung
80 mA
Denyut jantung tergantung
1 A keatas
Jantung berhenti

Serem banget ya kalau sampai dampaknya pada kematian, itulah kenapa kita harus aware banget sama masalah listrik rumah tangga. Pemasangan MCB & ELCB penting banget dilakukan.

Apa itu RCBO?

RCBO adalah inovasi terbaru dari Schneider Electric yang menggabungkan fungsi MCB dan ELCB. Residual current Circuit Breaker with Over current Protection (RCBO) ini dirancang lebih ramping, hemat ruang, dan lebih ekonomis.

Dengan penggunaan RCBO ini melindungi keluarga dari kebakaran, korsleting dan kerusakan jaringan listrik lebih mudah dideteksi. Penggunaan RCBO juga disarankan untuk area lembab seperti area kamar mandi, dapur, kolam renang. Jadi harus beli banyak dong? Gak juga cukup dengan 1 RCBO bisa dioptimalkan untuk pemakaian area kamar mandi dan dapur misalnya. Intinya dioptimalkan pada area rumah yang lembab.

perbedaan RCBO (kanan) dan MCB (kiri)
SPESIFIKASI
MCB
ELCB
RCBO SLIM
Perlindungan beban lebih
Ya
Tidak
Ya
Perlindungan hubungan singkat
Ya
Tidak
Ya
Perlindungan arus bocor
Tidak
Ya
Ya
Lebar 1 pole
18mm
36mm
18mm
Sensitifitas arus bocor
-
30mA, 300mA
30mA

Harga yang ditawarkan Schneider electric untuk 1 buah RCBO sangat terjangkau Rp 250.000,-. Worth it banget menurut saya, karena 2 alat yang punya fungsi berbeda dijadikan 1 dengan bentuk yang slim dan hemat ruang. Pemasangan baik MCB, ELCB, dan RCBO harus dengan teknisi ahli yang bersertifikasi ya, karena kita tidak bisa dengan begitu saja mencopot/menggantinya sendiri. Tapi kita sebagai konsumen jadi paham dan dapat mengawasi kerja teknisi sesuai dengaan prosedurnya. Kebetulan schneider Electric lagi ada PROMO nih untuk pembelian RCBO Slim Domae GRATIS pemasangan dan instalasinya. Buat yang penasaran, gimana sih pemasangan RCBO yang sebenarnya, ini ada video lengkapnya.



Nah jadi tahu kan apa itu MCB, ELCB, dan RCBO. Gak sampai disitu aja nih pengetahuan yang kemarin saya dapat, ada tips juga nih agar rumah terlindungi dari bahaya listrik.
  • Pasang stop kontak di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Umumnya karena alasan estetika stop kontak dipasang dibawah agar kabel tidak menjuntai dan berantakan. Padahal banyak bahaya yang mengintai kita loh dengan pemasangan stop kontak seperti itu.
  • Jangan menggunakan colokan T atau terminal pada 1 stop kontak. Duh, ini kebiasaan jelek banget deh, satu colokan T dipakai untuk ngecas HP, kabel TV, kabel kipas angin, dan lainnya padahal kebiasaan seperti itu bisa memicu kebakaran karena colokan tidak tercolok dengan sempurna sehingga keluarlah si percikan api.
  • Pastikan menggunakan peralatan listrik yang aman, asli, dan bersertifikasi SNI.
  • Lakukan pengecekan dan penggantian secara berkala. Ini saya baru tahu loh ternyata setiap 10 tahun kabel listrik di rumah harus diganti, sayangnya banyak yang nggak aware sama masalah ini.
Dari event ini saya benar-benar melek banget sama permasalahan listrik rumah tangga, selain itu saya bisa bawa pulang voucher belanja karena menang games bareng mak Gesi dan lainnya. YAAAY!




Untuk informasi lebih lanjut tentang pemasangan RCBO slim Domae atau seputar Schneider Electric silahkan hubungi nomor di bawah ini ya.

Pusat Layanan Pelanggan (Jakarta)
Hotline. 1500055
Fax. (62) (21) 750 4415 – 16
www.schneider-electric.com
 terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
27 comments on "MELEK LISTRIK BERSAMA SCHNEIDER ELECTRIC"
  1. Harga RCBO ternyata ga terlalu mahal ya, aku pikir itu sampe jutaan apa gimana..(bener2 ketahuan deh awamnya aku tentang perlengkapan listrik ya) :s

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga baru tau mba, ada alat yang namanya RCBO dan harganya ternyata terjangkau

      Delete
  2. Iya nih, dr talk show kmren aku jd tau apa itu MCB, ELCB dan juga RCBO :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi melek perlistrikan ya mba..bermanfaat banget event kemarin

      Delete
  3. Seru sekali bisa ikut meniba ilmu bersama Schneider

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku happy banget tambah happy lagi pulang bawa voucher belanja. hehehe

      Delete
  4. Terus terang saya baru tahu soal RCBO dll itu.
    Penting juga ya, duh jadi mikir, rumahku blm aman nih listriknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba dicek lagi biar aman listrik rumahnya

      Delete
  5. Semula enggak paham listrik, sekarang jadi tambah pengetahuan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba.. jadi perempuan juga harus paham listrik

      Delete
  6. Haiiii juga mbaa.. dirimu yg jilbab sebelah kiri yaa di foto paling bawah ^^ aku kynya pernah mampir ksini.. lupa hihii
    Moga bisa ktmu lg yaa..
    Seru, jadi bisa lbih ngerti perangkat listrik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa aku yg pake jilbab kuning. Salam kenal ya mba, semoga next event bs ketemu lagi

      Delete
  7. Dapat ilmu, dapat hadiah juga ya, Mak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Afifah mayan vocernya buat beli pampers hehehehehe

      Delete
  8. yeaaaay voucher belanjanya sesuatu banget ya mak
    senang satu tim denganmu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mak Arni, aku juga senang satu tim denganmu, salam kenal yaaa

      Delete
  9. Dan lewat acara ini, kita jadi beneran melek soal listrik ya mak. Senang banget kalau tiap kali ikut event ada ilmu yang bermanfaat banget di kehidupan sehari-hari. Salam kenal mak ayu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mak Suci..salam kenal juga yaaa, semoga next event bs ketemu lagii

      Delete
  10. ...Hoaa..ini mah meleknya dobel, melek listrik sama melek mata juga...

    ReplyDelete
  11. Suka judulnya: Melek Listrik. Emang penting banget ya melek listrik buat emak-emak ^^

    ReplyDelete
  12. Selamat kak ayu menang gamesnya:D

    Btw kayanya kita pas acara belum kenalan dan nggak ngobrol banyak yah. Salam kenal kak:D

    Bener banget deh zaman sekarang perempuan pun kudu aware yah masalah listrik:D

    ReplyDelete
  13. seru banget acara keamren, jadi paham deh urusan korslet

    ReplyDelete
  14. Acara seru dan edukatif banget yaa

    ReplyDelete
  15. Acaranya fun yaa, nambah ilmu, nambah temen, sekaligus nambah rezeki menang main games :p

    ReplyDelete
  16. Harus cepat ganti ke RCBO nih ya biar terhindar dari bahaya listrik.

    ReplyDelete
  17. Emak harus tahu semua termasuk bahaya listrik ya mak, padahal dulu memiliki pengetahuan tentang listrik bagi emak termasuk langka alias jarang banget

    ReplyDelete
  18. Yeayyy udah banyak belajar ttg listrik dari Schneider, dapet voucher belanja juga :D

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature