BABY TALKS


Arsyad itu yang saya perhatikan mulai babbling saat umur 4 bulan. Ya pertama sih babbling “aaa, da,nyem..” itu yang saya inget. Hihihi lucuu banget kalo diinget. Seiring berjalannya waktu dan pertambahan usianya di umur 9 bulan dia sudah bisa menggabungkan kata “dadada” ,“aooo” dengan gayanya sambil meletakkan tangan dikuping. Di umur 10 bulan saya pikir kata yang pertama kali keluar dari mulutnya itu “bubu” atau “nda” tapi ternyata zonk, saya salah. Kata yang pertama kali keluar dari mulutnya yaitu “mbah”. Iya anak kita terus tumbuh dan berkembang, ocehannya yang semula hanya kata lama-lama dia bisa merangkai kalimat.

BACA JUGA : MILESTONEARSYAD 0 - 12 BULAN


Sekarang diusia Arsyad yang menginjak 1 tahun 6 bulan kosa katanya sudah semakin banyak ada ayah, unda (bunda), aa (kaka), Mbah , Mama (eyangnya), Mamam (makan), Num (minum), Acad (Arsyad), gak (tidak), iya, ayo, jajah (gajah), aulus (dinosaurus), nai (naik), tutut (kereta api), uda (kuda), tuwe (kue), iis (pipis). Saya terus menstimulasinya dengan berbagai cara. Rajin mengajaknya bercerita, membacakan buku, dan mengatakan kata yang sesungguhnya.

Saya gak pernah membiasakan ngomong dicadel-cadelin kayak semacam “mamam, mimi” emang sih kedengerannya kalau dia ngomong berasa banget lucunya tapi saya selalu menimpalinya dengan “kamu mau makan ya?” iya dengan kata sesungguhnya kalau mamam itu ya makan. Gak bermaksud membenarkan atau mengoreksi Arsyad sih tapi meresepon dengan kata yang sesungguhnya aja.

Saya juga selalu mengoreksi ayahnya Arsyad saat ngomong baby talks yang dicadel-cadelin. Dia pernah bilang “obin” untuk mobil. Fyuuuuuuh, karena apa? Kan bayi memang awalnya cadel, kalau kita mengikuti dia nantinya si bayi ini kan jadi gak belajar kata sesungguhnya. Iya gak sih? *udah iya-in aja*

Saya percaya anak-anak itu kemampuan menyerap bahasa ibu itu cepat banget nah akan lebih baik kan kalau anak paham bahasa sesungguhnya, karena aku percaya semakin banyak distimulasi maka perkembangannya semakin baik.

Kalau kalian gimana?

terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!
8 comments on "BABY TALKS"
  1. iya jangan juga membuat bingung anak mana kata yang benar hanya karena kita mengikuti mereka. Bukan hanya bapaknya sih, terkadang seorang mbah juga mengikuti kecadelan anak yang sekiranya cute (baca: kiyut) padahal justru karena itu lah mereka jadi bingung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya kadang PR-ku juga masih di eyangnya nih

      Delete
  2. setuju mbak...mengajari bicara anak seperti layaknya kita berbicara dengan orang dewasa...jangan dicadel2kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes, aku setuju banget. Kita harus mengajarkan bahasa yang sesungguhnya

      Delete
  3. arsyaaaaad... lucunyaa kamuuuh.
    Eiya, Mba. Aku juga dulu sering dicadel2in. Hehehee... sok imut yah kalu kita mah. Good poin nih, mba. Salam yah buat Arsyad.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai tante..sun sayang dr Arsyad :)

      Delete
  4. Aku juga berusaha untuk nggak ngomong cadel. Tapi kalau term tidur dan bobok masih suka kepake. hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. woooh iya sama mba sil, aku juga masih menggunakan kata bobo untuk tidur

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature