MERANGKUL TEKNOLOGI BERSAMA KELUARGA


Bicara soal teknologi pasti ga akan pernah ada habisnya, karena setiap saat selalu saja ada hal yang baru untuk dieksplore. Dengan segala akses teknologi yang sedemikian dekat, di dalam genggaman tangan, kita sebagai orang tua harus bisa memanfaatkan gadget dan internet lebih jauh lagi.  Ya jadi orang tua jaman sekarang tidak boleh gaptek alias gagap teknologi karena anak-anak kita terlahir dalam era digital.

Awalnya Saya ragu dan mau menutup diri dari kehadiran gadget kepada Arsyad. Tapi semakin kesini kok ya rasanya tidak memungkinkan, karena saya suka sekali mengabadikan momen-momen perkembangan tingkah lucu Arsyad menggunakan gadget, membuat milestone perjalanannya dalam blog saya ini. Secara otomatis dengan begitu Arsyad sudah mengenal gadget. Daripada saya pusing dan parno akan kehadiran si gadget dalam keluarga kami, kenapa tidak saya merangkulnya saja, melihat dan memperkenalkan secara bijak dan fokus sama manfaat serta sisi positifnya.

Seperti apa yang makpuh Indah Julianti tulis disini.
Internet itu ibarat kali/sungai yang ada di belakang rumah kita. Daripada kita melarang anak-anak bermain dekat sungai, membuat berbagai macam penghalang, kenapa kita tidak mengajari anak-anak untuk berenang. Berenang yang baik tentunya. Belajar berenang agar tidak tenggelam. Agar tidak terhanyut.
Ya daripada melarangnya lebih baik kita merangkulnya karena jika dibiarkan tanpa aturan maka bisa menjerumuskan anak itu sendiri pada bahaya internet, seperti pergaulan yang tidak sehat di dunia maya, konten dewasa yang sangat mudah didapatkan, berlaku tidak pantas di social media, serta penggunaan internet yang secara berlebihan sehingga mengakibatkan kecanduan.

Merangkul teknologi bersama keluarga merupakan jalan pilihan yang saya ambil. Berdamai dengan perkembangan zaman, menebarkan konten positif, menghasilkan sesuatu yang  bermanfaat untuk orang lain melalui sharing di blog ini. Lalu bagaimana saya merangkul teknologi dalam keluarga?

Buat Kesepakatan

Sejak awal menikah saya dan suami sudah berdiskusi bagaimana penggunaan gadget dalam kehidupan kami terutama untuk anak-anak kami kelak. Seperti aturan tidak ada TV di dalam kamar baik itu untuk kamar orang tua ataupun kamar anak, lama durasi menggunakan gadget ketika sedang bersama keluarga, area mana saja yang harus bebas dari gadget. Dan nantinya ketika Arsyad tumbuh, sudah dapat mengutarakan pendapatnya maka kesepakatan ini tentunya akan melibatkan dirinya.

Menciptakan Ruangan Bebas Gadget

Kamar tidur adalah area bebas gadget SEHARUSNYA, iyaa saya juga masih suka kelepasan suka main gadget di dalam kamar :D. Seharusnya ketika masuk kamar sudah tidak menggunakan gadget lagi, karena apa? yang tadinya ngantuk ya jadi gak ngantuk karena dengan terpaparnya kita sama layar pada gadget akan membuat otak kita tetap bekerja dan waktu pillow talk sama suami juga jadi terganggu kan?

Area lainnya yaitu meja makan, menurut saya area ini harus bebas dari gadget karena saat kita sarapan, makan malam bersama keluarga jadi bonding time tersendiri untuk menanyakan pekerjaan suami, kondisi kantor, membicarakan tumbuh kembang Arsyad, sampai ke planning jangka panjang dalam keluarga juga terkadang dibicarakan disini.

Think Before You Post

Gadget atau sosial media yang kita miliki memang mencerminkan pribadi kita tapi tetap saja kita harus mempergunakannya dengan sehat,bijak, dan positif. Ajarkan pada anak bagaimana agar bijak menggunakannya, memilah, serta memilih mana yang perlu dipublish di sosmed mana yang harusnya di keep. Misalnya jangan sembarangan memberikan alamat rumah, alamat sekolah, sampai ke foto pribadi kepada orang yang tak dikenal di dunia maya. Anak-anak harus paham hal tersebut agar mereka dapat menjaga dirinya dengan baik di dunia maya.

Sebagai orang tua juga harus memberikan contoh yang baik termasuk dalam sosial media, update konten positif sebagai sarana untuk melatih anak menggunakan sosial media dengan baik. Always rethink before posting :)

Lepas Gadget Saat Bersama Anak, Jadikan Mereka Sahabat

Saat bersama Arsyad saya selalu mengusahakan untuk melepas gadget, karena meskipun Arsyad baru berusia 1 tahun 3 bulan dia sudah bisa protes loh. Misalnya ketika saya sedang bersama dia saya memegang handphone melirik sedikit apakah ada email, chat via WA yang masuk, Arsyad langsung cari-cari perhatian ke saya. Dia mulai sedikit tantrum, kalau sudah begitu ya saya melepas gadget yang saya gunakan dan kembali memberikan perhatian kepada Arsyad. Saya selalu ingat apa yang dikatakan ibu Najeela Shihab, hadirlah dengan sepenuh hati dan sepenuh tubuh. Kalau ada gadget ditengah-tengah kami pasti perhatiannya terbagi tapi saya juga tidak mau ketinggalan momen-momen tingkah lucunya Arsyad jadi deh saya menggunakan action camera, nah saat Arsyad tidur baru deh saya bisa posting kegiatan Arsyad.

Sejak dini saya selalu mengusahakan membangun pola komunikasi yang baik dengan Arsyad karena nantinya saya ingin saya menjadi sahabatnya. Saya ingin Arsyad terbuka dan mau bercerita, tidak menyembunyikan hal buruk yang ia jumpai di internet pada orang tuanya.

Mengaktifkan Parental Lock

Saya dan suami sebagai orang tua Arsyad tentunya yang memegang kendali dalam pengawasan berinternet yang sehat untuk Arsyad nantinya. Nah sebagai tahap awal kami berencana untuk memegang kendali password wifi di rumah hehehehe. Lebay ga sih? Jadi pada jam-jam tertentu sesuai kesepakatan yang sudah kami buat mereka tidak bisa menggunakan internet.
Saya juga akan mengaktifkan parental lock entah itu pada PC, tablet, handphone. Sekarang ini ada banyak software yang bisa dipasang oleh orang tua agar anak berinternet secara sehat mulai dari software yang gratis sampai yang berbayar.

Hadirnya teknologi gadget dan internet sudah menjadi bagian keluarga, itu artinya sebagai orang tua di era digital ini kita dituntut untuk lebih pintar, komunikatif, dan bekerja sama dengan baik bersama anak-anak agar nantinya anak-anak dapat mempertanggungjawabkan setiap kegiatan yang mereka lakukan di internet. Saya percaya penggunaan internet secara sehat dalam keluarga tentu akan berdampak positif bagi kehidupan anak kita. Jadi yuk kita cerdas dalam berinternet!


 terima kasih yaa sudah mampir di blog saya!

* tulisan ini merupakan tanggapan tulisan inspirasi collaborative blog KEB kelompok 2*
11 comments on "MERANGKUL TEKNOLOGI BERSAMA KELUARGA"
  1. Orang tua dan anak memang harus bekerja sama biar sama2 enak. Orang tua dapat mengawasi dan anak gak gaptek banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya sekarang jadi gaya pengasuhan tidak bisa seperti dulu kita bilang A anak harus A, anak jaman sekarang itu lebih sering ngajak orang tuanya berdiskusi dan negosiasi

      Delete
  2. Di rumah pakai surat kesepakatan bersama buat internetan, yang ditandatangani bapak/ibu, plus 3 anak :D
    Lumayan ada pengaruhnya.
    Setujuuuu, kamar tidur tuh kudu bebas dari gadget, kalau nggak kita nggak bisa istirahat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi makpuh udah main kesini, iyaa kalau di kamar main HP yang ada jadi ga ngantuk

      Delete
  3. Aduh gadget, nyawamu kini antara hidup dan mati.. Anakku sesekali aja main gadget, selebihnya dia lebih seneng nonton video kartun sih

    ReplyDelete
  4. Setuju..harus bijak :)

    ReplyDelete
  5. stuju bgt... di kamar khususnya kasur tak boleh main hape, main game... mata jadi ga ngantuk...

    ReplyDelete
  6. Emang penggunaan gadget di keluarga apalagi klau kumpul kudu dibatasi ya mbak? Akupun klo lg keluar ma keluarga suka gk bawa hp hehe

    ReplyDelete
  7. Penting banget yang lepas gadget saat bersama anak! Karena aku kerjaan online semua dan aku juga WAHM, jadi ini yang paling suka bikin aku bingung karena belum dapat jadwal yang pas biar kerjaan dan anak sama2 kepegang bener tiap harinya.

    ReplyDelete
  8. Soal area tidur yg bebas gadget itu sepakat tp susah bgt buat dilakuin sama saya >.<

    ReplyDelete
  9. Segala sesuatu yang berlebihan itu emang nggak baik yaaa, aku setuju banget kalo waktu penggunaan gadget memang perlu diperhatikan dan dibatasi. Nice sharing Maaaak

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature