MPASI 7 BULAN

Waaaa mau cerita lagi tentang MPASI, ternyata nyusun menu makan anak piyik 7 bulan itu gampang-gampang susah yaa, karena memang ada beberapa aturan yang boleh dan tidaknya.
Apa aja sih aturannya? Ini nih saya buat point-pointnya

  • No GULGAR & ARTIFICIAL SEASONING. Kenapa? Karena dapat merusak sensivitas bayi, kerja fungsi ginjal anak kita belum sempurna. Apa aja sih artificial seasoning? Kayak lada, kemiri, ketumbar atau bumbu dapur yang rasanya kuat. Nah kalau buat kaldu kan pake digeprek bawang merahtuh, itu gimana ya? Tenang bawang mengandung senyawa prebiotik yang merupakan makanan bagi kuman baik atau prebiotik di saluran pencernaan. Jadi bawang merah ini baik untuk saluran cerna.
  • NO MADU. Madu itu mengandung bakteri botulinum dan bayi di bawah 1 tahun belum cukup kuat untuk mentoleransi bakteri tersebut. Bakteri tersebut akan memproduksi zat beracun yang bisa menyebabkan penyakit botulisme pada bayi.
  • NO BUAH STROBERI. Stroberi ini bersifat allergenic yang potensial dan dapat menyebabkan ruam atau reaksi lain, stroberi juga aseeem jadi sebaiknya diberikan saat dia berusia 1 tahun keatas.
  • NO PUTIH TELUR. Putih telur ini juga allergenic dan dapat menghambat penyerapan zat besi.

Frekwensi makan Arsyad-pun bertambah.  Kenapa? Karena ASI sudah sedikit berkurang mengakomodir nutrisi Arsyad. Sekarang di usia 7 bulan ini, saya sudah menerapkan 2x makanan utama dan 1x camilan buah. Nah masuk ke 7 bulan ini bumbu aromatik jadi makanan sehari-harinya. Mulai dari kaldu Ayam kampung, kaldu iga sapi, kaldu ceker pelan-pelan saya perkenalkan ke Arsyad. Hasilnya gimana? Alhamdulillah ga ada reaksi alergi apapun.

Tekstur makanannya pun saya naikan sedikit, yang semula di usia 6 bulan encer sekarang agak mengental. Dan di 7 Bulan ini alhamdulillah ga ketemu sama yang namanya GTM, apa aja yang bunda masak habis dilahap sama Arsyad. Ini dia daftar menu makannya Arsyad, cekidooot!

Kalau ada keterangan sayur PELANGI itu artinya saya nge-mix 2 sayur misalnya bayam-wortel, buncis -tomat pokoknya yang menghasilkan warna warni deh dalam makanan yang disajikan ke Arsyad. Untuk apa? biar selera makannya tergugah aja sih dan memanfaatkan bahan sayuran apa saja yang ada di kulkas :D

Semangaat ya buibuuu masak MPASI-nya dan saya bersyukur hidup di era digital yang banyak menghadirkan milis dan artikel-artikel mengenai MPASI ini.


Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature