Corporate Social ResponSibility ( 3 Kata yang penuh makna bagi kelangsungan Sebuah Perusahaan)


Corporate Social Responsibility atau orang lebih mudah menyebutnya dengan CSR.
Mudah menyebutnya namun terkadang sulit menjalankannya bagi sebuah perusahaan.
Perusahaan tidaklah hanya melulu mencari keuntungan namun harus menjalani kewajibannya menjalankan program CSR tersebut.

Csr sendiri mempunyai pengertian Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.

CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.(sumber : wikipedia)

CSR (Program Corporate Social Reponsibility) merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan sesuai dengan isi pasal 74 Undang-undang Perseroan Terbatas (UUPT) yang baru. Undang-undang ini disyahkan dalam sidang paripurna DPR.
Dengan adanya Undang-undang ini, industri atau korporasi-korporasi wajib untuk melaksanakannya, tetapi kewajiban ini bukan merupakan suatu beban yang memberatkan.

CSR tidak hanya merupakan kegiatan kreatif perusahaan dan tidak terbatas hanya pada pemenuhan aturan hukum semata.
Masih banyak perusahaan tidak mau menjalankan program-program CSR karena melihat hal tersebut hanya sebagai pengeluaran biaya (Cost Center). CSR tidak memberikan hasil

secara keuangan dalam jangka pndek. Namun CSR akan memberikan hasil baik langsung maupun tidak langsung pada keuangan perusahaan di masa mendatang. Investor juga ingin investasinya dan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaannya memiliki citra yang baik di mata masyarakat umum. Dengan demikian, apabila perusahaan melakukan program-program CSR diharapkan keberlanjutan, sehingga perusahaan akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, program CSR lebih tepat apabila digolongkan sebagai investasi dan harus menjadi strategi bisnis dari suatu perusahaan.

CSR merupakan kunci kelangsungan bisnis, karena CSr tak hanya sekedar memberikan bantuan namun turut mendukungt kelangsungan bisnis secara jangka panjang dan berkelanjutan. Dengan menjalankan CSR berarti sebuah perusahaan melakukan upaya untuk menjaga serta memperluas bisnisnya ke depan. Jika perusahaan tersebut makmur namun masyarakat disekitarnya miskin, secara otomatis dapat dipastikan masyarakat disekitar perusahaan tersebut akan memprotes keberadaan perusahaan tsb.

Dengan menjalankan kebaikan tentunya akan mendatangkan kebaikan. Begitu juga dengan adanya perusahaan menjalankan CSR maka masyarakat sekitar akan merasa memiliki perusahaan dengan begitu akan menjaga & memeliharanya dengan baik.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature